Kuliah Double Degree di Polandia dan Portugal

4 0 0
                                    

Sebelumnya saya izin kepada teman2 dan senior2 disini untuk membagi pengalaman yang saya alami selama mengikuti proses perkuliahan double degree saya, dan saya mohon maaf jika di dalam penyampaian materi, nantinya ada yg kurang tepat atau kata2 yang salah ketik.

Perkenalkan semuanya, Nama saya Imam Wierawansyah Eltara, Asal Sumbawa. Saya adalah Alumni Sumbawa University of Technology jurusan Teknik Metalurgi. Saat ini saya sedang melanjutkan studi di Polandia dengan beasiswa NTB jurusan Master Energy managemet di Vistula Universiy dan di Portugal dan Rusia dengan beasiswa Double degree Erasmus+ EMJMD program Erasmus Curricular Development: Development and implementation of Joint Programme in International Business Management, jurusan Master Teknology Management di Instituto Politechnica de Braganca dan Jurusan Master Bisnis management di Omsk State Technical University , adapun saat ini saya sedang berada di Portugal dalam rangka menjalani study saya di IPB baraganca tahun pertama.
[12/4 19.36] +62 821-9919-2491: Heheh mau nanya ni kak.

Beasiswa apa saja yang sudah kak imam dapatkan? Mungkin boleh dikenalkan sekilas beasiswa-beasiswa tersebut kepada kami?

Beasiswa S2
- Beasiswa NTB Government
- Beasiswa Erasmus
- Brunai Darussalam Goverment Scholarship
- Italia Youth Talent Scholarship

Beasiswa S1
- Beasiswa Peningkatan Prestasi Kemenpora
- Beasiswa Pemuda Pelopor NTB
- Beasiswa UTS
- Beasiswa PT. AMNT
- Beasiswa Data Print
- Beasiswa Bank BRI
- Beasiswa Bank BNI

- Beasiswa NTB merupakan beasiswa yang di adakan oleh pemerintah Provinsi NTB dengan berbagai tujuan negara seperti Polandia, Rusia Ceko, Malaysia Cina, Taiwan dan ada beberapa kategori, jenjang lvl pendidikan. Yang saya ikuti adalah kategori A tujuan Polandia, merupakan beasiswa NTB yang dibiayai secara penuh ( Fully Funded ) more info lppntb.com
Komponen yang dibayai pada kategori ini adalah :
- Tuition Fee
- Living Allowance (LA)
- Application Fee
- Visa Application Fee
- Health Insurance
- Flight ( Round Trip)

Beasiswa Erasmus. Program Erasmus Mundus oleh European Union adalah program beasiswa fully funded  di bidang pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Eropa melalui program beasiswa dan kolaborasi akademik antara Negara-negara di EU dan non-EU. selain itu tujuan program ini adalah untuk memperkuat pemahaman lintas budaya, utamanya Negara-negara EU dan non EU, yang tujuan akhirnya adalah untuk menciptakan bibit perdamaian. Beasiswa untuk program ini, pada umumnya bersumber dari dana European Commission.

Program Erasmus Mundus ini, secara garis besar, di bagi menjadi tiga,
1. Erasmus Mundus Joint Programmes (Action 1)
2. Erasmus Mundus Partnership (Action 2)
3. Erasmus Mundus Attractiveness projects (Action 3)

Saya sendiri, mengambil program  Erasmus Mundus Action 1 (fully funded), untuk program Erasmus Mundus Joint Masters Degree base on project (EMJMD) dan project yang saya ambil bernama Erasmus Curricular Development: Development and implementation of Joint Programme in International Business Management.

Ada beberapa program yang di tawarkan dlm skema beasiswa ini, dimana masing2 program memiliki kriteria tersendiri baik alur dan proses seleksinya. Dan masing2 negara di dunia mendapat kuota penerimaan berbeda setiap tahun.
Untuk info lebih lanjut bisa cek di website nya
https://eacea.ec.europa.eu/erasmus-plus/library/scholarships-catalogue_en

- Italian Youth Talent Scholarship
Invest Your Talent in Italy (IYT) adalah sebuah program yang disponsori oleh Kementerian Luar Negeri, dan bekerjasama dengan Italian Trade Agency  dan Uni-Italia, didukung oleh UNIONECAMERE (Kamar Dagang Italia), CONFINDUSTRIA (Konfederasi  Perusahan-perusahaan Italia), Universitas-universitas di Italia dan Perusahaan-perusahaan Italia. Di beasiswa ini saya di terima di Politecnico de Torino Jurusan Master Management Engineering.
https://investyourtalentapplication.esteri.it/SitoInvestYourTalentApplication/corsi.asp

Celengan Pengetahuan 2Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang