Bab 111 / 196
Tiada tanggapan dari ujung telepon.
Ren Yi juga tidak berbicara, dia menunggu tanggapan Gong Yingxian dengan sabar.
Setelah waktu yang lama, Gong Yingxian bertanya dengan suara yang sangat rendah, seperti takut mengganggu orang lain disekitarnya, "Lanjutkan."
"Apakah kamu ingat baju pelindung yang kamu kenakan ketika kamu membantuku memeriksa truk pengangkut bahan kimia waktu itu."
"Ingat."
"Jenis masker gas yang kamu pakai hari itu, desain kacamatanya seperti pada kacamata ski dan kacamata selam, lubang pernafasannya pendek dan silindris, dan setiap pipi memiliki kotak filter besar."
Gong Yingxian samar-samar menyadari sesuatu.
"Itu masker gas gaya baru, meskipun tidak bisa dianggap sangat baru. Desainnya sudah seperti ini ketika aku pergi ke Universitas Kepolisian Bersenjata. Tapi masker gas jadul* tidak terlihat seperti itu." Ren Yi menarik napas dalam-dalam dan melanjutkan, "Masker gas di zaman ayahku, pada posisi untuk kacamata, ditempati dua kaca bundar besar. Lalu, tidak ada kotak filter yang tersemat di pipi, karena elemen filter dan lubang pernafasan di-integrasi-kan ke dalam filter. Hal ini menyebabkan bagian mulutnya sangat tebal, terlihat relatif panjang."
*TN : jadul = jaman dulu; untuk memudahkan penulisan dan pendekatan kepada para pembaca, "jaman dulu" akan ditulis menjadi "jadul"
"Maksudmu... topeng burung yang kulihat sebenarnya adalah masker gas jadul." Suara Gong Yingxian bergetar.
"Kupikir, itu mungkin saja." Ren Yi berkata, "Pertama, seperti yang kukatakan terakhir kali, aku menduga si arsonis mungkin mengenakan peralatan pelindung api. Dan kedua, kamu masih muda dan sudah larut malam."
"Aku memang tidak terlalu besar saat itu, tetapi seorang anak berusia enam tahun bahkan tidak bisa membedakan topeng burung dari masker gas?" Setelah Gong Yingxian selesai berbicara, hatinya mulai merasa tidak yakin, tetapi kesannya jelas......
Apanya yang jelas? Dia yakin bahwa itu adalah topeng burung, tetapi apa yang tampak seperti itu ternyata ada kemungkinan hanyalah bayangan samar di benaknya.
"Usia enam tahun, sudah masuk sekolah dasar, seharusnya sudah dapat membedakannya." Ren Yi mengerutkan kening, "Semua ini hanyalah tebakanku. Aku melihat desain masker gas baru dari luar negeri di kelas hari ini, dan tiba-tiba aku merasa itu terlihat seperti yang dikenakan Ziyan. Setidaknya, kamu bisa gunakan info ini sebagai referensi."
"Aku, aku juga tidak tahu." Gong Yingxian selalu tegas dan yakin saat menangani kasus, dan jarang ada saat dimana dia kurang percaya diri dengan penilaiannya sendiri. Bahkan dalam sepuluh menit berpacu dengan waktu di konser sebelumnya, dimana kesalahan apa pun akan memiliki konsekuensi fatal, dia tidak pernah meragukan keputusannya, dan terbukti semua keputusannya benar adanya.
Tapi sekarang Gong Yingxian benar-benar bingung, karena ingatan manusia ternyata bisa menipu diri sendiri.
"Aku akan mengirimimu beberapa gambar masker gas jadul." Ren Yi berkata dengan lembut, "Yingxian, jangan panik, kebenaran akan selalu terungkap. Dan pada saat itu, semua trik para penjahat akan terungkap."
"Oke." Gong Yingxian berkata, "Ini adalah petunjuk yang sangat penting. Jika dapat dikonfirmasi, akan sangat membantu penyelidikan kasus ini."
"Ya, saluran belanja pada saat itu relatif sedikit, terutama untuk hal-hal yang tidak umum digunakan khalayak ramai seperti masker gas ini, mungkin bisa dilacak dari cara mendapatkannya."
"Ren Yi, apakah kamu pernah memikirkannya?" Gong Yingxian ragu-ragu sejenak, "Si arsonis ini mungkin seseorang yang berhubungan dengan..... institusi pemadam kebakaran, atau sejenisnya..." Pada akhirnya, Gong Yingxian masih tidak bisa mengucapkan kata 'petugas pemadam kebakaran'.
KAMU SEDANG MEMBACA
Tameng Berapi
ActionPeringatan : mengandung konten dewasa, penjelasan lengkap di bab Pendahuluan. Ini kisah mengenai dua orang yang saling membenci, sampai menjadi soul-mate, setelah bekerja sama menghadapi berbagai macam bencana dalam profesi masing-masing yang saling...