Bab 1: Nasib kita saling terkait pada pandangan pertama
"Apa yang kamu lihat? Apakah aku terlihat seperti orang tuamu?
Sungguh SALAM YANG MENGEJUTKAN yang aku berikan sebagai hal pertama di hari yang baru. aku dengan tulus meminta maaf dan dengan tulus berharap kamu tidak keberatan. Aku tidak bermaksud tersinggung, aku bersumpah. Aku hanya tidak bisa tutup mulut karena rasa maluku baru saja muncul. Gejala ini biasanya terjadi ketika aku berjalan sendirian di tengah kerumunan wajah asing di tempat asing, apalagi jika aku menjadi sasaran lebih dari lima pasang mata. Kapan pun hal itu terjadi, aku akan mengoceh secara vulgar atau menggunakan kata-kata yang tidak pantas, yang cukup sering dan mudah terjadi seperti yang kamu lihat di sini. Parahnya lagi, saat ini tidak hanya ada lima pasang mata, tapi mungkin ratusan!
aku sedang berjalan melewati halaman depan gedung Fakultas Teknik sekitar tengah hari. Itu mengingatkanku pada hari ketika seribu dua ratus lima puluh biksu berkumpul* untuk... apa? Eh, ya. Untuk apa mereka berkumpul? aku tidak ingat, tapi biarkan saja masalah itu untuk saat ini. Yang ingin aku ketahui sekarang adalah mengapa Thailand harus menghasilkan begitu banyak insinyur. Siapa bilang ini negara agraris? Mengapa kita tidak menghasilkan lebih banyak petani?
* Merujuk pada Hari Makha Bucha, umat Buddha merayakannya pada hari bulan purnama di bulan ketiga lunar di Kamboja, Laos, Thailand, Sri Lanka, dan pada hari bulan purnama Tabaung di Myanmar. Ini merayakan pertemuan yang diadakan antara Sang Buddha dan 1.250 murid pertamanya.
aku orang yang penuh rasa ingin tahu, cukup imajinatif dan jeli (lebih dari yang diperlukan). Makanya, aku selalu waspada dengan keadaan sekitarku, apalagi saat aku merasa menjadi objek perhatian orang lain. Jadi, menurutku orang lain juga seperti itu, tapi kenyataannya... adakah orang yang benar-benar peduli kalau aku lewat? Semua orang terlihat murung, stres karena makanan dan buku pelajaran. Tapi menurutku, jika memang ada seseorang yang tertarik padaku, mereka mungkin seharusnya ada di sana.
Sudah kubilang padamu bahwa aku sangat imajinatif.
aku mengumpulkan keberanian untuk melirik ke arah itu. Saat itulah, aku melihat sekelompok siswa sedang menatap saya. Mereka bahkan berbisik, tersenyum dan tertawa. Apa yang harus aku lakukan? Tersenyumlah kembali atau berpura-pura mati? Jalan manakah yang terbaik, Tuhan? Tolong beritahu bayi gajah*. aku tidak tahu apa yang mereka tertawakan. Mungkin mereka sedang menertawakan soal-soal ujian fisika. (Ketika aku masih di sekolah menengah, aku suka tertawa sambil memecahkan masalah fisika karena aku tidak bisa melakukan apa pun lebih dari itu.) Tapi tidak peduli apa yang ditertawakan orang-orang ini, orang dengan kemampuan obsesi yang sangat baik sepertiku ingin tertawa. asumsikan dulu itu
Mereka pasti sedang bergosip tentangku.
Menjadi gugup tidak pernah menyenangkan. Meskipun aku ingin mengangkat kepalaku dan melihat sepenuhnya pemandangan di sekitarku, aku tidak berani. Aku hanya bisa menundukkan kepalaku dan menggerutu seperti beruang yang sedang memakan lebah sambil mempercepat langkahku hingga hampir tersandung, agar bisa pergi dari sini secepat mungkin.
"Nong krap! Siapa namamu? Kamu manis sekali. Temanku menyukaimu."
Itu dia! Peramal itu benar ketika mereka memberitahuku bahwa aku mempunyai pemahaman yang kuat dan akurat tentang hal-hal semacam ini. Begitu suara menyeramkan dari bajingan yang berani menggodaku itu semakin nyaring, terdengar beberapa suara seperti hantu yang berteriak dan meratap mengejarnya. aku percaya bahwa karma itu nyata. aku dan teman-teman aku dulu berperilaku sama jahatnya dengan dia ketika ada gadis-gadis yang berjalan melewati Fakultas kami. Dan sekarang aku bisa memahami mereka yang diejek. Gadis-gadis itu mungkin merasakan hal yang sama sepertiku saat ini. Perasaan terancam yang membuatmu ingin berhenti berjalan, melepas sepatu dan menampar mulut mereka semua sambil bersumpah balas dendam dalam hati. Jangan lewati Fakultasku sendirian, bajingan.