Babak 75: Cobalah bukahatimu... maka kamu akan mengerti
Dari Kaofang
Phum dan aku sudah berada di rumah selama sebulan, yang juga merupakan bulan di mana aku harus jauh dari kekasihku dan Thaen untuk memenuhi tanggung jawabku sebagai kakak laki-laki. Kakak laki-laki yang jahat hanya bisa berdiam diri dan melihat adiknya mati perlahan. Sejak hari Peem meninggalkan Phum, sejak hari mereka berpisah, adikku menjadi mayat tak berjiwa, hanya hidup hari demi hari. Phum ibarat orang cacat yang untung tubuhnya masih lengkap tapi hatinya busuk.
Phum tidak menjadi gila, tidak mabuk, dan tidak merusak barang. Lebih baik Phum bersikap seperti itu, lebih baik daripada tidak mengatakan apa pun kepada siapa pun. Ayah dan Ibu sering datang menemui Phum. Phum tidak menolak, dia hanya menjawab apapun pertanyaan yang dia ajukan. Phum tidak makan atau minum apa pun dan itu membuatnya keluar masuk rumah sakit setiap hari. Suatu hari, penyakit perut Phum kambuh lagi. Dia muntah-muntah hingga pingsan tepat di depan mataku.
Entah berapa kali aku menangis dalam diam karena aku mencintaimu, entah berapa kali aku duduk menatap Phum dan air mata pun otomatis jatuh. Aku tidak tahu harus berbuat apa, otakku kosong dan aku tidak bisa menemukan jalan keluarnya. Berada jauh dari Thaen sudah cukup membuatku sengsara, tapi tetap harus memandangnya seperti ini. Aku ingin membantu Phum tetapi tidak ada yang bisa aku lakukan. Aku mencoba menghubungi Oat tetapi manajer di sana mengatakan Tuan Oat akan memeriksa hutan di Khao Yai dan tidak akan kembali untuk sementara waktu.
Bukan hanya aku yang terkejut dengan fotonya ini, semua anggota keluarga pun tidak sedih. Setiap malam ketika aku melewati kamar orang tuaku, aku bisa mendengar ibuku menangis. Kadang-kadang dia berdiri di depan kamar Phum dan diam-diam menitikkan air mata dan meminta maaf. Dan hal yang paling membuatku tercekik adalah mengetahui bahwa ayahku telah meminum obat tidur selama ini. Tidak peduli seberapa besar tekanan yang dia alami di tempat kerja, dia tidak pernah harus meminum obat untuk tidur seperti saat ini.
Ayah tidak pernah linglung, tetapi dalam beberapa hari terakhir, dia sepertinya kehilangan semangat, dia jauh lebih kuyu. Aku masih ingat hari ketika ayahku mengetahui tentang Phum, dia meneleponku untuk berbicara.
"Mengapa Fang tidak menjagamu?"
"..." - Aku tidak tahu harus menjawab apa, aku hanya bisa menundukkan kepala dan memegang tanganku erat-erat.
"Ayah bertanya, jawab Kaofang, kenapa kamu membiarkan aku melakukan hal seperti ini."
"Aku minta maaf." - Aku minta maaf karena kamu dan Phum mengecewakan ayah, maaf karena membuat ibu menangis setiap malam, maaf. Aku minta maaf kepada Phum karena tidak bisa melindungimu, kakakku meminta maaf karena egois dan pengecut sampai-sampai tidak berani bersuara dan menyatakan bahwa dia tidak ada bedanya dengan Phum.
"Aku melakukan segalanya demi kalian, kalian tahu itu kan?"
"Ya."
"Mulai sekarang, kamu harus menjagaku dengan baik, agar aku bisa menjadi anak yang baik. Fang, jangan kecewakan ayah lagi."
"... ya ayah." - Lengan ayah memelukku. Aku mencoba menggunakan seluruh sisa kekuatanku untuk memeluknya. Aku meletakkan kepalaku di bahu ayahku. Aku tidak pernah marah ketika dia tidak punya waktu untuk kami.
Aku tidak pernah merasa marah ketika ayahku menghabiskan seluruh waktunya untuk bekerja, bahkan pesta ulang tahun ketiga saudara laki-lakinya mengubahnya menjadi pertemuan bisnis karena aku tahu dia melakukan segalanya untuk keluarga, dia lelah juga untuk kami. Aku hanya merasa marah pada diriku sendiri ketika aku tidak merasakan kehangatan apapun. Aku marah pada diriku sendiri ketika melihat pelukan ayahku yang begitu dingin hingga membuatku takut.