Bab 28 : Kisah masa lalu
Kami telah memindahkan lokasinya dari luar restoran ke ruang tamu di dalam, jadi tidak apa-apa jika membicarakan hal seperti ini di tengah restoran. Toey masih duduk diam di antara saudara-saudaranya, semua orang duduk di sofa kecuali Pun yang duduk di lantai sambil menatap Toey. Ada apa denganmu Pun, apa kamu mau menunggu terlalu lama?
"Pun, kamu mau popcorn dan Pepsi juga?" - Fang bertanya untuk bersenang-senang, tapi Pun mengangguk.
"Tidak apa-apa kalau tidak disebutkan, Toey, kita hanya perlu mengetahuinya." - Thaen memeluk bahu Toey, dia mengangkat kepalanya untuk melihat saudara-saudaranya dan tersenyum. Senyuman yang agak dipaksakan.
"Tidak apa-apa, toh semua orang sudah mengetahuinya, tidak apa-apa untuk mengetahui lebih banyak. Toey lelah harus menyembunyikannya begitu lama."
Kami balas tersenyum karenanya. Toey menghela nafas panjang sebelum memulai cerita, Pun dan Mick pun menirukan adiknya. Ada apa dengan kalian berdua?
"Saat aku kelas 10, bisakah kalian berhenti menunjukkan wajah tegang seperti itu? Bersikaplah normal saja." - Dia tersenyum pada kami. Mendengar Toey mengingatkan kami, kami menyadari bahwa wajah kami masing-masing tegang seperti tali.
"Itu karena kamu membuat kami stres." - aku menggerutu.
"Apa yang telah aku lakukan, kalian berpikir sendiri."
"Berhentilah bercanda, terus beritahu aku Toey." - Mick, menurutmu ceritanya hanya lelucon? Tapi setidaknya perkataan Mick membuat suasana lebih mudah untuk bernafas dibandingkan sebelumnya karena Toey terlihat lebih lega.
Aku perhatikan Matt menganggukkan kepalanya untuk menyemangati Toey. Orang ini mungkin mengetahui cerita tersebut secara mendalam dan mungkin satu-satunya orang yang dapat diajak berbagi cerita dan dimintai nasihat oleh Toey.
"Saat aku kelas 10, sepulang sekolah aku harus pergi ke kedai kopi untuk menunggu pacarku. Nah, saat itu aku berkencan dengan teman sekolah St.Francis." - Aku mendengar Phum dan Chen tertawa histeris di tenggorokanku dan segera menoleh untuk melihat. Hmm, mungkin kalian juga pernah seperti itu kan?
***
cerita Toey.
Saat aku kelas 10, setiap hari sepulang sekolah aku pergi ke kedai kopi di daerah Siam untuk menunggu kekasihku karena kedai itu dekat dengan tempat les kami. Dia suka makan kue dan aku suka milkshake. Kami mengambil kelas tambahan yang sama, dan setelah kelas kami bisa jalan-jalan lebih lama sebelum aku mengantarnya pulang.
Toko itu setengah studio dan setengah kedai kopi karena pemiliknya seorang pelukis. Aku sering memperhatikan orang-orang yang lalu lalang melalui kaca transparan toko itu dan setiap hari aku melihat seorang pelajar lewat di kafe tempatku duduk, dengan sebuah kuda-kuda di tangannya, tas berisi alat-alat melukis, wajahnya selalu tersenyum dan ceria. Teman itu terlihat sangat bahagia, mungkin karena dia melakukan sesuatu yang dia sukai.
Aku melihat pria itu setiap hari tetapi aku tidak tahu kemana dia pergi, mungkin dia akan pulang atau mencari tempat untuk duduk dan menggambar? Suatu hari, ketika aku sedang berjalan dengan kekasihku, aku melihatnya duduk dan menggambar.
Meski seumuran, ada sesuatu yang liberal, santai, dan membahagiakan pada diri teman itu, berbeda denganku - seorang anak laki-laki yang masih asyik mencari apa yang diinginkannya. Setiap hari dalam hidupku berlalu dengan sia-sia. Aku tertawa saat melihatnya memegang dahan pohon untuk mengusir dua ekor anjing yang saling menggigit dan menghalangi pemandangan yang dilukisnya.
Pada hari yang sama, setelah kembali ke rumah, aku menjatuhkan diri ke tempat tidur dan mulai bertanya pada diri sendiri: apa yang ingin aku lakukan di masa depan dan aku mulai ingin memiliki mimpi. Mungkin siswa itu mengilhami semua pemikiran aku ini.