52

629 21 0
                                    

Bab 52: Kebenaran

Dua hari berlalu dengan sangat cepat, waktu terus berlalu namun keraguan dan kebingunganku masih ada. Atau hari ini Phum sudah mulai kembali ke rutinitas kesehariannya yang dulu, ia tidak lagi pulang larut malam, keduanya masih berangkat sekolah bersama di pagi hari, dan sore harinya setelah latihan sepak bola, mereka berdua pulang bersama.

Sepertinya semuanya baik-baik saja lagi, tapi ternyata tidak. Orang-orang mungkin terlihat normal di luar, tetapi di dalam mereka sangat bergejolak, tidak ada yang bisa memahami aku. Dan yang paling membuatku jengkel adalah Phum bersikap seolah tidak pernah terjadi apa-apa.

Pada malam ibu Phum menelepon, aku tidak menanyakan alasan Phum menelepon karena itu adalah urusan pribadi antara Phum dan keluarganya. Kalau dia mau cerita, dia akan berinisiatif untuk memberitahuku. Kedengarannya masuk akal sekali ya, hmm, padahal sebenarnya dalam hati aku sangat ingin tahu

Ketika aku memberitahu Phum bahwa ada seorang gadis yang menelepon untuk memberitahunya bahwa dia lupa seragamnya, Phum tidak bereaksi aneh, dia hanya menjawab,

"Begitukah."

Daripada menambahkan beberapa kalimat pendek penjelasan seolah-olah bukan apa-apa, gadis itu hanyalah seorang teman, senior atau junior atau apalah, aku bersedia mendengarkan, bukannya tidak masuk akal. Tapi tidak, dia masih terlihat sangat normal, tidak tahu apa-apa panas atau dingin, hanya saja aku gila dengan pikiran-pikiran di kepalaku.

Padahal dia jelas tahu kalau akhir-akhir ini aku sangat tidak puas dengan tingkah lakunya yang selalu berpaling setiap kali ditanya, tapi kalau dia tetap menolak menjelaskan semuanya dengan jelas, apa yang bisa kulakukan. Tidak peduli seberapa besar Kamu mengasihani diri sendiri, Kamu tidak memperhatikan. Tidak peduli seberapa diamnya Kamu, Kamu tidak peduli. Aku ingin buru-buru mengangkat bajuku dan berteriak padanya untuk bertanya apakah dia masih menganggapku kekasihnya atau tidak, kenapa dia bertingkah seolah aku bukan siapa-siapa, wanita jalang Phum ini.

Hari sudah Sabtu pagi, aku berencana pulang, aku tidak ingin bersamanya lagi, bahkan kembali untuk membantu Paman Pui mengurus toko. Sebenarnya aku ingin melarikan diri dan menyendiri sehingga jika aku bisa menjernihkan pikiranku, segalanya akan menjadi lebih baik. Tapi Phum tidak mengizinkanku pulang, dia bilang dia akan mengajakku membeli tanaman, aku tidak tahu apa yang dia pikirkan.

Jadi saat ini aku sedang berjalan-jalan di sekitar toko tanaman, kedua sisi lorong dipenuhi tanaman pot, tanaman impor, dan dekorasi taman yang terbentang sejauh mata memandang. Ini adalah salah satu tempat di mana aku bisa berkeliaran sepanjang hari dan Phum mengetahuinya dengan baik. Melihat tanaman pot yang hijau dan bunga-bunga yang indah akan membantu aku merasa lebih rileks dan segar. Sepertinya Phum membawaku ke tempat yang tepat.

"Peem, apakah kamu menyukainya?" - Phum mengangkat pot mawar putih dan menunjukkannya padaku. Setiap kali dia melihat tanaman berbunga putih, dia selalu bertanya apakah aku menyukainya, apakah itu indah, apakah aku ingin membelinya.

"Cantiknya." - Mohon diperhatikan jawaban aku, singkat, blak-blakan, tanpa emosi, acuh tak acuh. Kamu pikir mencabut beberapa pohon akan membuatku pergi, ya, tidak sesederhana itu.

"Jadi bagaimana dengan pohon ini?"

"Um, indah sekali, tapi pohon itu lebih indah. Apa nama pohon itu?" - Aku berbicara dengan keras untuk bertanya kepada karyawan yang memindahkan pohon ke sana.

"Pohon yang mana?" - Karyawan yang baik hati datang untuk melihat.

"Tanaman itu, dekat pot anggrek." - Tanaman yang aku tunjuk adalah tanaman merambat yang daunnya berbentuk hati. Biasanya orang hanya menjualnya dalam pot dan di dalam pot hanya ada satu daun berbentuk hati. Hari ini aku menemukan bahwa keseluruhan tanaman terlihat seperti itu.

We are SeriesTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang