Bab 12: Loy Krathong
[Loy Krathong (Festival Loy Kratong)adalah festival yang diadakan setiap tahun pada bulan purnama di bulan kedua belas dalam Kalender Lunar Thailand. Namanya bisa diterjemahkan sebagai "mengambang (loy) bejana ritual atau lampu (krathong)". Banyak orang Thailand menggunakan krathong untuk berterima kasih kepada Dewi Air dan Sungai - Mae Kong Ka atau untuk memuja pagoda Rambut Suci di surga dalam kepercayaan Buddha. Krathong adalah persembahan mengambang kecil, secara tradisional dibuat dari daun dan kayu pohon pisang, dan dihiasi dengan bunga, lilin, dan dupa. Pada malam bulan purnama, orang-orang menyalakan lilin dan dupa, berdoa, dan menghanyutkan krathong mereka ke sungai. Ribuan di antaranya akan mengapung di sungai sehingga menjadi tontonan yang indah dan mengharukan.]
***
Setiap kali kita merasa tidak nyaman, waktu seakan melambat. Padahal sebenarnya kunjunganku ke kondominium Phum seminggu yang lalu, hanya tujuh hari, tapi rasanya seperti tujuh tahun. Untung aku punya banyak pekerjaan yang belum selesai. Jadi sepertinya perhatianku teralihkan pada pekerjaan daripada memikirkan Phum. Kalau tidak, aku akan sangat bergantung pada obat penghilang rasa sakit.
Tapi aku tidak tahu apakah itu bisa dianggap sebagai hal yang baik atau tidak. Ketika pekerjaan sudah selesai, aku tidak punya waktu untuk tidur. aku bekerja sepanjang malam hingga pagi hari. Kemudian aku bangun pagi-pagi dan bekerja sampai keesokan harinya. Meskipun aku tahu bahwa aku tidak seharusnya mempertahankan rutinitas seperti ini yang berbahaya bagi kesehatanku, mau bagaimana lagi. aku sudah terbiasa dengan kehidupan seperti ini. Kehidupan yang Dikhususkan untuk Seni... Dari mana asalnya? Kedengarannya bagus sekali. Alasan aku terburu-buru mengerjakan pekerjaanku hingga pusing adalah karena tenggat waktu yang semakin dekat. Siapa yang akan mendedikasikan hidupnya untuk seni? Mereka semua mendedikasikan hidup mereka pada tenggat waktu.
* Merujuk pada Vincent van Gogh: A Life Devoted to Art (2009) Film dokumenter ini menyelidiki kisah lengkap Van Gogh
Sekarang aku merasa seolah-olah aku adalah keturunan Leonardo da Vinci, salah satu seniman paling terkenal dan terhebat dalam sejarah. Da Vinci adalah seorang jenius kelas dunia, berpengetahuan luas dan berbakat dalam berbagai bidang. Dia adalah seorang insinyur, pelukis, arsitek, ilmuwan. Ia adalah seorang seniman yang karyanya melegenda. Namun dia tidak menyelesaikan banyak pekerjaan karena dia suka memfermentasi pekerjaan dan memecat majikannya. Dia idola saya.
Tapi profesor yang memberi tugas mungkin tidak setuju jika aku meniru idola saya. Yang penting, siapakah aku sehingga berani membandingkan diri aku dengan Da Vinci? Ketika aku memikirkannya, aku harus bergegas bekerja untuk menyelesaikan pekerjaan aku tepat waktu. Meskipun aku mungkin bukan seniman hebat, aku adalah seniman yang bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.
Setelah berhari-hari harus bekerja hingga lupa makan dan tidur, akhirnya hari yang ditunggu-tunggu pun tiba. Hari dimana aku akan bebas. Pekerjaanku sudah selesai semua, saudara-saudara. Ya ampun, mereka akhirnya selesai. Aku mau tidur sekarang. Ketika aku selesai dengan sentuhan terakhir, aku membuang kuasnya sembarangan, lalu mundur dari bingkai untuk mengagumi karya aku sendiri selama tiga detik. Kerja bagus atau kerja buruk? Aku tidak tahu. Aku akan tidur sekarang. Aku melepas kausku yang terkena noda, melemparkan celana pendekku ke lantai, hanya menyisakan celana boxer, lalu mematikan lampu, menutup tirai, dan merangkak ke tempat tidur.
Rrrrrrrrr
Brengsek! Siapa yang menelepon saat ini? Sepanjang tahun, hampir tidak ada orang yang menelepon saya. Lalu ketika aku tidur... mereka seolah-olah mempunyai mata ketiga. Aku menghela nafas tajam, mencari ponselku di seluruh tempat tidur. Melihat nama yang terpampang di layar, amarahku bertambah seratus kali lipat. aku menekan tombol jawab dan membanting pertanyaan itu karena emosi.