Bab 5: Menunggu
Tempat dia membawaku (Mungkin lebih tepat dikatakan dia memaksaku) adalah pusat perbelanjaan dekat kampus. Walaupun biasa-biasa saja, tapi nyaman dan paling dekat. Saat aku dan teman bertemu di akhir pekan, biasanya kami datang ke sini, cocok sekali jika kamu tidak punya pilihan yang lebih baik. Tapi sebelumnya kami sudah pernah ke MBK Center, jalan-jalan kesana, lalu dia berubah pikiran dan datang ke sini. Ke mana pun dia dan aku pergi, kami selalu menjadi sasaran perhatian orang-orang. Tepatnya, Phum-lah yang mendapat perhatian lebih. Bagi aku, aku hanyalah gambar buram, latar belakang transparan baginya. Tapi aku sudah terbiasa. Berjalan bersama kelompok Tan, situasinya tidak jauh berbeda, hanya saja tidak terlalu menarik perhatian seperti ini. Yang terpenting, teman-teman aku sepertinya menyukai perhatian yang mereka terima. Mereka menanganinya dengan baik. Mereka sama sekali tidak merasa risih, berbeda dengan Phum yang tidak peduli dengan lingkungan sekitar dan seberapa besar perhatian yang didapatnya. Dia masih memasang wajah datar seperti biasa.
Aku sangat iri pada orang-orang yang menjalani hidupnya dengan percaya diri dan tidak gugup di mata orang lain.
Phum mengajakku jalan-jalan keliling mal lebih dari sepuluh kali karena dia tidak tahu harus makan apa. Jadi kami berjalan-jalan sampai kakiku sakit. Pada akhirnya, dia sampai di restoran pertama yang kami lewati. Aku segera memanggil kembali semua hewan yang hampir keluar dari mulutku ke tempatnya semula*. Yang dia pilih adalah restoran Italia yang sering aku lewati saat berjalan-jalan di mall ini. Tapi aku belum pernah memasukinya karena terlalu mewah. aku khawatir aku tidak bisa berbicara bahasa Thailand dengan jelas ketika aku makan di sana. Haha hanya bercanda. Itu tidak terlalu mewah. Aku hanya tidak terlalu suka makanan Italia. Mendengar namanya saja membuatku merasa tidak enak. Dari yang pernah aku makan, makanan dari suku ini sepertinya kurang cocok di lidah aku. Jadi tidak mungkin aku memesan pizza, pasta, lasagna, dan spageti hampir setiap minggu, haha.
*Ungkapan tersebut menyiratkan upaya untuk menahan diri untuk tidak mengucapkan kata-kata yang menyinggung atau kata-kata makian yang melibatkan istilah-istilah yang berhubungan dengan binatang yang hampir diucapkan, seperti "(Bajingan)kerbau"(Hei telur kerbau!), "(mulut)anjing" (mulut anjing ), "(Bajingan)berengsek" (ai hia biawak) dll.
"Halo, berapa orang yang akan makan hari ini?" Nyonya rumah menyambut kami dengan sopan dan tersenyum manis dengan sepuluh dari sepuluh layanan.
"Dua omong kosong."
Oh, Tuhan memberkati telingaku! Aku mendengar Phum berkata "krap". Dengan orang lain, dia nampaknya mempunyai sopan santun. Bagiku, dia seperti kesurupan. Tapi serius, aku cukup terkejut dia bahkan membelikanku makanan. aku tidak mengerti apa yang dia pikirkan. Dan aku muak mencoba memahami sistem berpikir orang seperti dia. Namun apakah hamba berhak makan semeja dengan tuannya? Siapa yang berperan sebagai pelayan? Ini aku.
"Silakan masuk." Kakak perempuan cantik itu mengantar kami ke meja di dalam dan memberikan kami menu, dengan matanya yang selalu beralih dari wajah Phum. Phi, makanlah dia, maka aku akan bebas. "Aku akan berada di sini untuk mengambil pesananmu sebentar lagi." Tapi dia cukup profesional. Setelah mengatakan itu, dia berjalan kembali ke depan seperti biasa.
Jadi aku mulai mengamati sekeliling. Interior restoran dihiasi dengan marmer hitam dan emas yang elegan. Bunga anggrek yang sangat besar bermekaran di mana-mana. Setiap kali aku melewati restoran ini, aku bertanya-tanya apakah bunga itu asli atau buatan. Jika itu asli, mengapa terlihat palsu? Tetapi jika itu buatan, menurut aku bunga itu terlihat lebih realistis daripada bunga asli. Kemudian aku kehilangan minat pada anggrek dan mulai memperhatikan pelanggan. Hanya ada beberapa meja yang diambil, satu meja untuk orang asing, tiga lainnya mungkin orang Thailand. Mereka mengobrol saat musik lembut diputar sebagai latar belakang. Lagunya mungkin dalam bahasa Italia, kalau menurut aku benar, atau mungkin Prancis, atau Jerman? Brengsek! Aku tidak bisa membedakannya. Semuanya serupa. Tapi karena ini restoran Italia, secara teknis itu pasti lagu Italia, bukan? Profesor Corrado Feroci, mohon jangan mencekik murid kamu. aku minta maaf. Aku bodoh. Bahkan bahasa asli idolaku pun aku tidak tahu. aku jahat. aku tidak berterima kasih. aku pantas mati.