Bab 2:
"Hei! Ada apa, Peem, Phum?"
Aku mencoba menolehkan kepalaku untuk melihat pemilik suara itu namun hanya bisa sedikit memutar leherku karena sebuah tangan sebesar daun lontar sedang mencengkram erat leherku. Kekuatan lengan dan pergelangan tangan kamu sangat kuat. aku mengagumi kamu . Jika kamu menambahkan sedikit kekuatan lagi, jakunku pasti akan pecah.
Aku melihat dari sudut mataku bahwa teman Tan, yang merupakan seorang pangeran yang menunggangi kuda putih, sedang berlari, terlihat waspada, menuju ke arah ini. Di sisi lain, ada sekelompok hampir seratus pemuda juga mendekati aku. Jika tebakanku benar, mereka pastilah teman dari bajingan bertenaga bayam Popeye ini. Dengan banyaknya orang yang berkumpul, aku yakin jenazah aku akan berantakan. Mulai sekarang, aku mengajak semua orang untuk ikut serta dalam pengalaman lemah lutut ini. Di pinggir lapangan sepak bola Fakultas Teknik saat ini, untuk pertama kali dalam hidupku kakiku lemas.
"Kamu kenal Si Pendek ini, Tan?" sebuah suara yang dalam dan kasar bertanya. Itu pertanyaan yang sama yang juga membuatku bertanya-tanya. Apakah Tan mengenal bajingan ini? Dan kapan bajingan ini berhenti memanggilku Shorty?
Orang yang ditanyai jelas-jelas menunjukkan ekspresi malu di wajahnya. Dia perlahan berjalan ke arahku dengan kedua tangan terangkat setinggi bahu. aku pikir perilaku ini tampak familier, seperti yang pernah aku lihat di berita kriminal. Saat polisi sedang membujuk seorang pemabuk yang lepas kendali dan menyandera istri dan anak-anaknya.
"Kalian berdua, eh, santai saja." Meskipun dia mengatakan itu, matanya sepertinya hanya memberitahu orang yang memegang kerah bajuku. "Ini Peem, Phum, temanku Peem, yang pernah kuceritakan padamu, sahabatku sejak SMP."
Brengsek, aku sangat tersentuh! Setidaknya sebelum aku meninggal, aku mendengar Tan berkata bahwa aku adalah sahabatnya. Karena sebelumnya aku selalu mengira Tan adalah tumbuhan parasit kehidupan. Mohon maafkan aku, teman aku. Jika kehidupan selanjutnya itu nyata, kemungkinan besar kita akan terlahir untuk memasak Mama (mie instan) dan membaginya lagi satu sama lain.
"Apa kalian salah paham? Menurutku sebaiknya kalian lepaskan Peem dulu. Tenang saja, Phum. Lepaskan Peem dulu. Kalau begitu, kita bicara baik-baik."
Jelas sekali, pembicaraan seperti ini, perilaku seperti ini, bujukan seperti ini. aku pasti seorang sandera. Adapun bajingan ini, dia tidak diragukan lagi memainkan peran sebagai penjahat. aku diam-diam khawatir tentang satu hal. Orang seperti Tan tidak pernah memohon kepada siapa pun. Dia adalah seorang gangster tua. Dia bertengkar dan berkelahi tiga kali setelah makan siang di sekolah sehingga guru administrasi harus menghukumnya. Tapi sekarang dia memohon pada orang ini. Dia juga sangat berhati-hati. aku mengagumi sampah ini dengan cara yang aneh. Apa yang sebenarnya terjadi pada temanku? Kelenjar usilku ingin keluar dan menggeliat lagi. Tapi aku dicekik sehingga tidak bisa keluar. Dan kapan kamu akan melepaskan kerah bajuku, brengsek? aku tidak bisa bernapas.
"Dia melemparkan sandal jepitnya ke arahku!!!"
"Oh, dia memanggilku Kerdil!!!" Ayolah, apakah kamu pikir kamu satu-satunya yang tahu? Sekarang kamu mengenalku. Semua orang pasti tahu ini, Potter*!! Di atas segalanya, menurutku aku sekuat sepatu bot tua. Sekalipun aku setengah mati, aku masih bermulut anjing tanpa rasa takut sampai-sampai aku masih bertanya-tanya mengapa aku tidak menghindari konflik ini seperti yang biasa kulakukan di masa lalu.
"Kamu pendek. Aku hanya mengatakan yang sebenarnya."
"Ayahmu pendek. Tidak peduli benar atau tidak, kamu tidak berhak mengkritik tubuhku, brengsek."
"Bajingan? Kamu memanggilku bajingan? Hah???!!!"
"Oh, iya aku menyebutmu bajingan. Lalu apa? Hah! Apa yang akan kamu lakukan? Wah, kamu benar-benar bajingan."