Babak 72: Sekali...Aku jatuhcinta
Hari ini aku bangun lebih awal dari biasanya, tidak, tepatnya aku bangun pagi karena tadi malam aku tidak bisa tidur sama sekali. Bayangan ibuku menangis, bayangan dia memohon padaku dengan air mata berlinang, gambaran ayahku yang mengatakan dia akan memutuskan semua hubungan dengan Phum terus berputar-putar di kepalaku, tapi tidak ada gambaran yang sejelas gambaran dari Phum mengatakannya. Dia akan menungguku kembali.
Meski ingin terus berjuang dan terus keras kepala, apa maksudnya semua itu membuat Phum tak lagi berkeluarga? Bisakah kita tetap bergandengan tangan dengan gembira dan dengan lantang mengatakan kita saling mencintai ketika masih ada orang yang menangis dan patah hati seperti ini? Jika Phum harus kesakitan, maka kuharap Phum akan terluka karena kekecewaan daripada hidup dalam rasa bersalah seumur hidupnya.
Sebelum keluar rumah, aku meninggalkan pesan di secarik kertas dan menempelkannya di pintu rumah Paman Pui agar ketika dia bangun dia tidak kaget karena tidak bisa melihatnya dimanapun. Aku berjalan pergi dan menghela nafas lagi dengan harapan hal itu akan meringankan batu di hatiku. Aku menatap ke langit, langit hari ini tidak biru, suram, mendung dan gelap seolah akan segera turun hujan.
Bahkan langit turut bersedih dan berbagi kesedihanku.
Aku menyeret kakiku menuju halte bus, melewati kios-kios yang menjual jus kacang, daging panggang, dan ketan. Terminal bus hari ini cukup sepi, mungkin hari ini hari Sabtu jadi hanya ada sedikit orang disana. Aku jarang merasakan suasana pagi hari di Bangkok. Sejak tinggal bersama Phum, matahari sudah tinggi saat kami berangkat ke sekolah di pagi hari, jadi pemandangan hari ini terasa agak aneh bagiku.
Aku menunggu bus dalam keadaan kelelahan, rasanya hatiku sangat lelah hingga badanku juga lemas. Aku naik bus dan menemukan tempat duduk. Masih banyak kursi yang tersisa pagi ini, jadi tidak perlu bersaing dengan siapa pun. Aku memilih duduk di satu kursi dan kemudian menyiapkan uang untuk diberikan kepada pengemudi. Duduk di bus seperti ini mengingatkanku pada hari ketika Phum dan aku naik bus ke rumah Chen. Ha, itu saja, tidak membiarkan siapa pun berada di dekatku, apalagi membuatku merasa malu berada di dekat semua orang. Kau tahu, Phum sangat mencintaiku, dia mengkhawatirkanku dalam segala hal, dia selalu cemburu dan khawatir.
Phum memiliki kepribadian yang agak kekanak-kanakan dan cemberut, tapi meski begitu aku tetap menyukai segala sesuatu tentang Phum. Sebenarnya Phum adalah orang yang lembut, tangan Phum sangat hangat, pelukannya juga hangat dan senyuman Phum selalu membuatku tersenyum. Rasa cinta Phum padaku adalah hal terbaik yang kumiliki dalam hidup ini, memikirkan Phum saja sudah cukup membuatku tersenyum dan meski senyum itu terasa sepi dan hilang saat ini, aku masih bisa tersenyum karena Phum.
Phum akan selalu menjadi senyumanku.
Aku mengangkat kepalaku dan melihat ke langit melalui jendela mobil ketika tetesan air hujan kecil mulai menepuk kaca. Tanpa sadar aku memeluk diriku sendiri karena dingin padahal tidak setetes air hujan pun bisa menyentuhku saat ini. Itu adalah akibat dari ketakutan, stres, dan rasa sakit yang memenuhi hati aku. Orang yang kucintai sedang menungguku, orang yang kucintai sedang tidak sehat, dia rela menyerahkan keluarganya, menyerahkan segalanya karena cintanya padaku dan karena dia ingin bersamaku.
Tapi aku sedang dalam perjalanan untuk mengembalikan Phum ke keluarganya. Aku akan mengembalikan Phum kepada ayahku, aku tidak akan membiarkan ibuku menangis lagi. Meskipun apa yang akan kulakukan bisa membunuh kami berdua, aku benar-benar tidak punya pilihan lagi. Memikirkan fakta bahwa Phum dan aku akan berteman lagi dalam beberapa jam sudah cukup membuatku sulit bernapas karena batu tersangkut di dadaku, aku meletakkan tanganku di dada. Rasa sakit seperti ada yang menginjak hatiku.
Aku mengerjap, kelopak mataku sakit karena aku mencoba memaksakan sesuatu untuk turun. Aku berdiri karena aku hampir sampai pada titik di mana aku harus turun. Lucu sekali, ketika orang ingin waktu berlalu dengan cepat, ia tetap diam namun berjalan sangat lambat, dan ketika kita ingin berhenti dan melambat, ia berlalu dengan sangat cepat. Meski aku sangat ingin memperpanjang waktu hingga momen berikutnya, aku tetap harus menerima kenyataan bahwa waktu tidak memperdulikan perasaan siapa pun.