Bab 4: Mulai Bekerja
Area serba guna di depan Fakultas Seni Rupa tak pernah sepi, bahkan di pagi hari. Faktanya, jam berapapun, Fakultas kita tidak pernah sepi. Bisa dibilang buka hampir 24 jam bersaing dengan convenience store. Bahkan jika kamu masuk ke sini pada pukul 02.00, kamu akan melihat orang-orang duduk dan memahat tanah liat, menggambar, membuat perhiasan kawat, berlatih untuk pertunjukan. Ada beberapa orang yang berlari atau berolahraga. Mereka membentuk kelompok untuk bermain Ouija, bermain lompat jubah karet gelang, mengepang rambut, membakar dupa, mengikis kulit kayu meminta nomor undian, melempar jaring untuk menangkap ikan di kolam, membakar arang, dll. Apapun yang tidak kamu harapkan lihat, kamu akan melihatnya di sini. Kami mengumpulkan semuanya di sini di satu tempat sebagai layanan terpadu. Ada aktivitas aneh yang bisa dilihat kapan saja. Silakan datang untuk menonton sesuka kamu.
*Ouija Ouija gaya Thailand
** Masyarakat Thailand memuja pohon Takhian karena kemampuan roh Lady Deva di dalamnya yang mampu mengungkapkan nomor lotere. Ciri khas pohon ini adalah adanya resin di dalam kayunya. Ketika seseorang mengikis kulit kayunya, resin di dalamnya mungkin akan luntur dan bereaksi dengan udara sehingga menimbulkan bekas-bekas gelap. Selain itu, menggaruk terkadang secara tidak sengaja menimbulkan angka. Hal ini menyebabkan seseorang melihat jejak tersebut dengan harapan dan menciptakan imajinasi angka.Saya meninggalkan rumah sejak subuh, membawa gulungan pisang kelapa, daging babi panggang tradisional, dan suwiran daging babi yang diminta oleh teman-teman untuk aku beli. Kedua tanganku penuh. Kadang-kadang mereka membayar aku lebih rendah dan pada hari-hari lain aku mendapat uang kembalian. Ini seperti bermain Game Wat Duang. Adapun hari ini, aku mendapat kembalian empat baht, yang dianggap pertanda baik.
*Permainan ramalan Game Wat Duang (Game of Luck) merupakan acara permainan yang awalnya diproduksi oleh GMM TV.
Saya membiarkan mereka menikmati sarapan dan mungkin satu-satunya makanan mereka hari itu. Sedangkan aku, aku segera memikirkan pekerjaanku sendiri karena pada jam 9 pagi, aku harus menyerahkan pekerjaan rumah Gambar Kelas Sketsaku kepada Profesor Na, juga dikenal sebagai Profesor Po, tetapi nama yang melekat pada semua orang adalah Napoleon.
Profesor Na adalah pria yang sangat baik dan salah satu seniman terkenal di Thailand. Dia adalah seorang senior dan dicintai oleh para siswa. Terkadang dia adalah teman minum yang bergabung dengan lingkaran minum kami. Dia bahkan bermain sepak bola dengan kami. Mungkin karena perbedaan usia yang tidak jauh, kami bisa saling memahami dengan baik. Jika aku ingat dengan benar, dia baru saja merayakan ulang tahunnya yang ketiga puluh enam dua bulan lalu. Faktanya, sebagian besar profesor Seni Rupa seperti ini, lebih memilih berteman dengan mahasiswa daripada profesor lain. Kadang-kadang mereka hampir menjadi pelanggan lotere Q.
Untuk sketsanya, aku masih belum selesai memikirkannya. Sederhananya, ini seperti mengirimkan contoh pekerjaan rumah. Ketika kamu selesai kelas, guru akan memberi kamu pekerjaan rumah. Terkadang topik diberikan kepada kamu, terkadang kamu bebas memilih. Lalu mereka membiarkan kami memikirkan apa yang akan kami lakukan dan kemudian mengambil ide itu dan membagikannya kepada profesor tentang format apa yang akan kami buat, teknik apa yang akan digunakan, mengapa kamu ingin melakukannya? Jelaskan secara singkat konsep tersebut seolah-olah merupakan kumpulan ide.
Guru akan memberikan saran dan nasehat jika ada sesuatu yang mungkin tidak terpikirkan atau kita abaikan, namun kita tidak terpaksa mengambilnya. Pada akhirnya, terserah pada kita untuk memilih bagaimana melakukannya. Ini adalah percakapan satu lawan satu selama sepuluh hingga lima belas menit. Saat aku sedang berbicara dengan guru kami, teman-teman lain yang sudah selesai berbicara atau belum mendapat giliran mengerjakan tugasnya masing-masing. Ada yang sedang tidur, ada pula yang memasak mie instan di belakang kamar. Tentu saja, Profesor kami tidak mengatakan apa pun. Tadi Q baru datang minta uang buat beli telur ayam buat nambahin Mama (mie instan).