Bab 61: Perencana
Setelah perjalanan ke Krabi, kami semua berangkat sendiri-sendiri. Siapapun yang ingin tahu tentang pernikahannya >//////< harus bertanya pada Phum. Aku tidak tahu, aku tidak mengerti, itu tidak ada hubungannya dengan aku. Itu sebabnya dilarang bertanya padaku, mengerti? >//////<
Selama liburan singkat ini, Matt mengunjungi ayahnya di Italia; Toey berperan sebagai anak yang baik dan tinggal di rumah sebagai anak penjual emas. Di sore hari, dia akan berlatih skateboard atau datang ke rumah aku untuk bermain dengan aku. Oh, aku lupa memberitahumu kalau liburan kali ini aku pulang untuk menjaga toko Pui.
Chen tidak mendapat istirahat seperti orang lain karena dia masih harus bersekolah seperti belum pernah ada semester akhir. Ketika Chen berkonsentrasi belajar dan berlatih, dia menjadi orang yang benar-benar berlawanan dengan gambaran biasanya tentang bunga persik. Hampir sebulan penuh tidak ada seorang pun yang melihat wajahnya, sampai-sampai terkadang aku malah merasa lelah karenanya. Memang benar, belajar kedokteran pasti berat.
Namun semua aktivitas kami terhenti karena banjir yang melanda Bangkok. Situasinya sangat parah sehingga sekolah harus menunda semester baru. Matt sedih karena dia hanya mengunjungi ayahnya selama seminggu dan bergegas kembali tepat waktu untuk semester baru, namun sekolahnya dijadwal ulang.
Itu semua karena banjir, hanya banjir. Paman Pui juga memesan karung pasir yang memuat 18 mobil dan segera membawa nenek aku ke Chiang Mai untuk tinggal bersama ayah aku demi keselamatan meskipun saat itu air hanya banjir di Ayutthaya. Melihat pamanku mengeluh, ayahku memarahiku sepanjang hari.
"Kamu khawatir sekali dengan gigi putihnya Pui, ibuku sudah tua dan lemah, jadi bagaimana dia bisa duduk di pesawat, tahukah kamu? Kamu harus menjaga tubuhmu dulu." - Haha, bahkan adikku??? Usus kesayangan sang kolonel pun mengutuknya semua. Saat banjir melanda Bangkok, paman aku semakin panik. Aku tidak khawatir tentang rumahnya yang jauh, aku lebih khawatir tentang pohon-pohon dan bunga-bunga aku. Paman berkata:
"Peem, ingatlah untuk memperhatikan, jika perempuan jalang itu masuk ke rumahku dan membunuh satu tanamanku pun, aku akan hidup dan mati bersamanya." - Hahahahahaha.
Namun menurut aku kita tidak boleh menyalahkan pemerintah, pihak oposisi, atau meminta pertanggungjawaban siapa pun karena air adalah masalah alam, tidak ada yang bisa mengendalikan ke arah mana air akan mengalir dan tidak ada yang mengharapkan hal ini terjadi. Hal terbaik yang bisa kita lakukan saat ini adalah saling membantu dan bergandengan tangan membantu masyarakat mengatasi kesulitan ini. Orang Thailand tidak pernah meninggalkan satu sama lain, bukan?
Aku bilang, orang baik tidak boleh berpolitik, karena kalaupun berpolitik tidak akan bertahan lama atau APBN akan kehilangan pendapatan (menghindari peluru) hahaha.
Paman Pui dan aku berusaha membantu semua orang, mulai dari bentuk barang hingga uang. Kami berusaha melakukan yang terbaik yang kami bisa. Kolonel dan istrinya juga mentransfer uang agar kami dapat menyumbang untuk amal. Aku juga tidak mengerti kenapa Kolonel tidak mentransfer uang ke rekening lembaga amal, kenapa dia harus mentransfernya ke rekeningku. Ayah sangat suka mengolok-olok melakukan sesuatu yang salah, dia benar-benar gila.
Ketika situasi menjadi serius, kami harus turun membantu, menjadi sukarelawan dan mengemas beberapa barang, serta membantu mengevakuasi korban bencana ke tempat penampungan. Semua orang berpencar, masing-masing membantu pekerjaan.
Suatu hari, kami pergi membantu mengevakuasi korban bencana di dekat universitas dekat Rangsit hingga Stadion Rajamangala. Kali ini menjadi sukarelawan, selain membantu saudara-saudari kami di Thailand dan memenuhi tanggung jawab kami sebagai warga negara, kami juga bertemu teman-teman baru dari departemen lain.