119

27 3 0
                                    


Waktu berlalu, dan hari ulang tahun kaisar akhirnya tiba. Ellensia menerima kabar baik dari pembantunya-Philomel akan menghadiri perayaan itu! Itu mengejutkan karena Philomel biasanya menolak semua undangan seperti itu.

Dasar bodoh. Kau tidak tahu penghinaan yang menantimu. Philomel telah lengah, mengira dia sudah menang. Bahwa dia akan ada di sana membuat Ellensia gembira.

Sang putri bergumam dengan muram, "Aku punya kemampuan untuk membuat ini sangat dramatis."

***

"Mengumumkan tamu terhormat dari keluarga kekaisaran, Lady Philomel dan Lord Nasar!"

teriak seorang pelayan saat mereka memasuki ruang dansa kekaisaran. Philomel dan Nasar muncul bersamaan, menyebabkan mereka yang hadir bergumam pelan di antara mereka sendiri.

"Kupikir mereka sudah membatalkan pertunangan mereka?"

"Benarkah rumor yang mengatakan mereka bersama lagi?"

"Kudengar Lord Nasar mengunjungi wisma tamu negara setiap hari."

Merasa sedikit malu, Philomel berbisik kepada Nasar, yang sedang menemaninya,

"Maaf. Mungkin aku seharusnya tidak terburu-buru membatalkan pertunangan kita..."

Dia merasa seakan-akan telah menyakitinya dengan sangat dalam dan tidak perlu.

Dia menggelengkan kepalanya dengan mudah.

"Sulit pada saat itu, tetapi jika dipikir-pikir lagi, saya rasa Anda telah melakukan hal yang benar."

"Mengapa kamu berkata seperti itu?"

"Itu membuatku merasa seperti kita memulai awal yang baru."

Nasar melirik ke arah para tamu.

"Dan satu-satunya hal yang penting bagiku adalah keluargamu, bukan apa yang dipikirkan orang-orang yang menatap kita. Aku harus segera mengunjungi Menara Sihir, juga istana. Aku ingin tahu apakah Yang Mulia menyukaiku?"

Philomel menyeringai.

"Dia menganggap hubungan kita baik."

"Itu... mengejutkan bagiku."

Philomel sendiri cukup terkejut mendengar hal itu. Ketika ia memberi tahu Eustis bahwa ia sekarang bersama Nasar, ia mengira Nasar akan bertanya mengapa ia membatalkan pertunangan itu. Mereka telah membicarakannya ketika ia mengunjungi istananya untuk membawakan buku harian Ellensia.

Eustis telah membaca buku harian itu beberapa lama, lalu berbicara dengan nada penuh nostalgia,

"Isabella sendiri adalah pemakan yang sangat banyak."

Philomel sempat berpikir bahwa menunjukkan buku harian itu pada akhirnya adalah ide yang bagus. Setelah membahas beberapa hal lain, ia pun menceritakan dengan lembut tentang hubungannya dengan Nasar sebelum pergi. Bagaimanapun, hanya masalah waktu sebelum Nasar mengetahuinya. Kaisar tampak tidak senang pada awalnya, tetapi segera mengubah pendiriannya dan bertanya,

"Jika kau menikah dengannya, apakah kau akan tinggal di ibu kota?"

"Hmm... Aku belum berpikir sejauh itu, tapi jika aku menjadi seorang bangsawan, kurasa aku harus tinggal di sini setidaknya setengah tahun."

Enam bulan di ibu kota dan enam bulan lainnya di daerah pedesaan begitulah biasanya cara para bangsawan yang memiliki rumah di ibu kota memilih untuk tinggal.

Eustis tampak seperti campuran antara tidak senang dan puas.

"Jika itu yang benar-benar kau inginkan, aku akan menerimanya dengan tangan terbuka. Namun, jika kau berubah pikiran kapan pun, tinggalkan dia tanpa ragu-ragu."

Tidak Ada Tempat untuk Putri PalsuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang