121

35 5 0
                                    


Terdengar gumaman keras di seluruh ruang dansa.

"Ya ampun, penguasa Menara Sihir?"

"Kudengar dia tidak pernah meninggalkan menara!"

"Apakah dia yang membawa monster-monster itu?"

Para hadirin yang tadinya terkejut dengan kemunculan wyvern di luar jendela, kini makin bingung dengan kedatangannya.

Philomel juga terkejut. Kau tidak memberitahuku bahwa wyvern itu akan sebesar itu! Dan dia juga tidak diberi tahu bahwa ada golem yang akan datang. Golem itu, setelah mengikuti Leguin melalui pintu masuk, meletakkan bungkusannya sebelum berjalan terhuyung-huyung keluar. Semua orang yang tegang saat melihat makhluk raksasa itu tampak lega.

Pangeran Polan melangkah maju untuk menyambut tamu tak terduga itu.

"Selamat datang, Tuan Menara Sihir. Yang Mulia senang dengan kunjungan Anda."

Eustis, yang duduk di singgasananya, menatap tajam ke arah Leguin. la telah memberikan izin bagi wyvern untuk memasuki halaman istana, tetapi itu tidak berarti ia menyambutnya. Ketika Philomel memberikan buku harian itu kepada kaisar, ia juga telah menceritakan kebenaran tentang ayah kandungnya. Melakukan apa yang diminta Leguin darinya berarti ia harus mendapatkan izin dari kaisar.

"Benarkah... Aku mengerti..."

Dia tidak bereaksi seperti yang diharapkannya. Dia tampak bingung, tetapi ada sesuatu dalam perilakunya yang menunjukkan bahwa dia sudah menduganya.

Ketika Philomel bertanya apakah dia sudah mengetahuinya, dia mengatakan,

"Aku rasa itu sangat tidak mungkin."

Dengan kata lain, dia sudah menebaknya, setidaknya sampai taraf tertentu. Pertama, dia mengintip Kitab Suci, dan sekarang kebenaran tentang ayahnya Philomel yakin dia telah membodohi semua orang di sekitarnya dengan sempurna, tetapi sebenarnya kaisar lah yang menutup mata.

Dia minta diri, dan mengatakan akan memberitahunya rinciannya nanti. Dia ingin menceritakan semuanya, termasuk kebenaran tentang novel itu, tetapi dia menolak.

Dia mungkin sudah kewalahan dengan Ellensia. Ellensia tidak ingin mengganggunya lebih jauh. Selain itu, untuk menceritakan tentang novel itu, Ellensia juga harus memberi tahu Eustis bahwa Philomel telah membunuhnya di dalam buku. Ellensia belum siap untuk itu. Philomel tersadar kembali oleh suara Leguin yang merobek bungkusan itu dengan pisau. Banyak hadiah yang dibungkus kertas warna-warni berjatuhan keluar.

Leguin mengambil sebuah kotak seukuran telapak tangannya dari tanah. Kotak itu adalah yang terkecil, dan dibungkus dengan sangat buruk. la melemparkannya ke Count Polan dan berkata,

"Ucapkan selamat ulang tahun kepada Yang Mulia. Itu hadiah dariku."

"Aku akan memastikan dia mendapatkannya. Tapi kotak-kotak di belakangmu..."

Count Polan mengambil kotak itu dan melirik ke belakang Leguin. Dia tampaknya mengira semuanya adalah hadiah untuk kaisar dan bingung karena hanya ditawari satu.

"Oh, ini?"

Leguin menepuk bungkusan itu dengan santai dan tertawa.

"Ini hadiah untuk putriku."

Philomel terkejut. Tidak, ini hari ulang tahun kaisar, bukan ulang tahunku.

Tamu-tamu lainnya tampak sama bingungnya.

"Putrinya?"

"Saya tidak tahu dia punya anak."

"Sepertinya aku ingat pernah mendengar dia punya anak laki-laki."

Tidak Ada Tempat untuk Putri PalsuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang