135

21 3 0
                                    

Keheningan itu segera diikuti oleh kecanggungan yang hebat. Philomel menggunakan nada yang lebih ceria untuk menghilangkan suasana aneh yang telah terjadi di antara mereka.

"Wah! Jadi di sinilah pasar dimulai! Ayo!"

Philomel dan Nasar berjalan melalui pasar Angelium dan mulai berbelanja.

"Itu akan menjadi sepuluh bell."

"Sepuluh bell..."

"Tunggu sebentar."

Philomel menghentikan Nasar saat ia meraih dompetnya.

"Itu cuma satu bungkus dendeng sapi. Kenapa harganya mahal sekali?" tanyanya.

Pemilik toko bergumam.

"Ini harganya sepuluh bell. Kalau lebih rendah, saya tidak akan mendapat untung."

Philomel membuka kantong berisi dendeng dan mengerutkan kening.

"Itu terlalu mahal."

"Tunggu, sepertinya kau tidak mengerti. Sepuluh bell adalah harga yang tepat untuk"

"Kita pergi saja, Nasar. Kita bisa belanja di tempat lain,"

kata Philomel, pura-pura berbisik, tetapi tetap memastikan pria itu bisa mendengarnya.

"Kita jangan ke sini lagi. Harganya terlalu"

"T-tunggu!" kata pemiliknya dengan mendesak.

Philomel berbalik dan bertanya dengan datar, "Ada apa?"

"Aku akan memberimu diskon. Sembilan bell"

"Saya akan membayar empat bell."

"Empat bell!"

Pemiliknya tampak siap menangis mendengar usulan agar dia memberikan diskon sebesar itu.

"Saya tidak bisa melakukan itu. Bagaimana kalau delapan?"

"Saya tidak akan membeli kecuali harganya empat bell."

"Enam, kalau begitu! Aku bermurah hati!"

"Empat bell."

"Sial, kau menang, oke? Lima bell!"

"Empat bell."

"Tidak kurang dari lima."

"Empat."

Philomel menolak untuk menyerah, dan tak lama kemudian, pemilik toko terpaksa mengakui kekalahannya. Mereka pergi setelah membeli dendeng sapi hanya seharga empat bell.

"Empat bell adalah harga yang sempurna. Pria itu benar-benar keterlaluan,"

gerutu Philomel pada dirinya sendiri. Kemudian dia menyadari Nasar sedang menatapnya. Oh tidak. Apakah aku tampak terlalu keras kepala?

Namun, tatapan Nasar penuh rasa hormat.

"Bagaimana kamu tahu empat bell adalah jumlah yang tepat?"

"Saya pernah membeli produk yang sama sebelumnya, lho."

"Kamu sudah punya?"

"Belum lama ini, saat aku melarikan diri dari istana."

Philomel menggunakan kereta kuda sebagai moda transportasinya, dan perjalanan panjang dengan kereta kuda memaksanya makan sambil jalan.

"Dendeng sapi sangat cocok sebagai santapan dadakan."

Dia bisa makan dendeng dengan nyaman sambil duduk di dalam kereta, dan dendeng mudah disimpan. Awalnya dia bermaksud membeli dendeng dengan harga berapa pun yang diminta, sama seperti Nasar, tetapi seseorang menghentikannya-seorang wanita yang duduk di sebelahnya di kereta.

Tidak Ada Tempat untuk Putri PalsuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang