74

40 4 0
                                    

Setelah meninggalkan kantor, Philomel berjalan keluar istana kekaisaran dengan langkah yang relatif ringan.

'Ada beberapa insiden yang tidak terduga, tapi…'

Segalanya tampak berjalan jauh lebih baik dari yang diharapkan. Reputasinya pulih sedikit dan dia menjadi kaya. Sulit untuk mengatakan bahwa keduanya tidak memiliki sifat-sifat yang dimiliki Kaisar. Mungkin Eustis lebih menyukainya daripada yang dia kira.

“Apakah usahanya sepadan?”

Namun, dia tidak tahu apa 'pengakuan' yang Eustis bicarakan sebelumnya. Pada saat itu, teriakan yang memilukan membangunkan Philomel dari kekhawatirannya.

“Mengapa kau tidak mengizinkanku masuk! Aku bilang aku ingin bertemu dengan Yang Mulia!”

Dia merasa telah melihat Roseanne bahkan sebelum masuk. Dia masih berteriak pada kapten penjaga dengan semangat penuh. Kapten penjaga itu bingung dan berkata.

“Jadi… Wah. Sudah berapa kali aku menjelaskannya padamu? Kaisar bukanlah seseorang yang bisa kau temui hanya karena dia pernah mengajakmu berdansa.”

“Beritahu Yang Mulia bahwa Roseanne telah tiba! Maka dia akan menemuiku!”

Philomel menatap Roseanne dengan mata lelah.

“Kamu masih bertahan di sini…”
Itu adalah kegigihan yang luar biasa.
"Anda!"

Roseanne, yang tiba-tiba melihat Philomel, melotot ke arahnya.

“Apa kau menggodaku? Kenapa kau terus keluar masuk sini?”

“Lalu ke mana kamu pergi bolak-balik setelah meninggalkan pintu depan?”

“Kamu boleh meremehkan ku sekarang, tapi…”

“Kamu lebih tinggi dariku. Bagaimana aku bisa melihatmu dari bawah? Aku akan melihat ke atas.”

Saat Philomel tidak mengatakan sepatah kata pun, Roseanne mendesah keras.

“Meskipun kepribadianmu tidak baik, kau pasti mengalami banyak kesulitan berpura-pura menjadi seorang Putri yang baik hati. Apakah Yang Mulia tahu sifat aslimu?”

Sebenarnya... itulah yang dirasakan Philomel sendiri. Sifatnya yang selama ini terpendam karena berpura-pura menjadi anak baik, akhir-akhir ini mulai bangkit. Entah karena ia sudah tidak lagi menjadi Putri, atau karena ia bergaul dengan empat orang kaya yang setiap hari saling mengejek.

'Baiklah kalau begitu.'

Philomel mengangkat jarinya dan menepuk dahinya dengan ekspresi tidak peduli.

“Hei, Lady Manon, kalau kamu punya otak, bagaimana kalau kamu coba menggunakannya?”

"Apa?"

“Mengapa Yang Mulia menemuimu? Mengapa dia tidak berdansa denganmu saat itu? Mengapa dia tidak menghubungimu lagi sejak saat itu?”

Itu adalah penjelasan yang bahkan seorang anak kecil pun dapat mengerti, tetapi Roseanne menggelengkan kepalanya.

“Itu karena Yang Mulia adalah orang yang pemalu!”

"Malu?"

“Alasan mengapa dia pergi tanpa berdansa di ruang dansa pasti memalukan karena perhatian semua orang tiba-tiba tertuju padanya!”

Kisah siapakah yang sedang dibicarakannya? Philomel bahkan bertanya-tanya apakah ada Kaisar lain di negeri ini selain Eustis. Ekspresi wajah para Pengawal Kekaisaran di samping Philomel juga tak bisa berkata apa-apa. Ia menggelengkan kepala saat menyadari bahwa ilusi yang dialami Roseanne tidak dapat dipatahkan oleh sepatah atau dua patah kata pun.

Tidak Ada Tempat untuk Putri PalsuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang