141

20 2 0
                                    


Philomel ragu sejenak, lalu menyingkirkan kerudungnya.

"Jeremia, apa yang kamu lakukan di sini?"

"Kita bicara di jalan."

Dia mencengkeram lengan Philomel, menyeretnya ke batu yang mengapung. Begitu mereka menginjaknya, batu itu mulai bergerak. Philomel merasa lega karena bisa menggunakannya. Aku berencana untuk menuruni tangga saja. Para penjaga pasti curiga jika lift ajaib itu bergerak tanpa ada orang di dalamnya.

"Seseorang mungkin melihatmu,"

kata Jeremiah, mengambil Tabir Ketidaktahuan dan melilitkannya di sekujur tubuhnya.

"Bisakah kau berbicara sambil mengenakannya?"

"Saya belum mengujinya," katanya.

"Aku bisa mendengar mu, jadi tampaknya kau bisa."

Dia tidak menyadari hal itu. Kerudung Ketidaktahuan dikatakan meredam suara langkah kaki pemakainya, tetapi tampaknya, suara mereka adalah hal yang berbeda.

Dia melirik pria di sampingnya dengan hati- hati, lalu berkata,

"Tahukah kamu kalau aku akan melarikan diri hari ini?"

"Tentu saja tidak. Aku bukan dewa. Aku tidak tahu persis kapan."

Jadi dia tahu dia akan melakukannya, meski dia tidak tahu kapan.

"Bagaimana?" tanyanya.

Dia tidak mengerti. Jeremiah dan Cadin telah mengetahui sedikit tentang apa yang terjadi antara Philomel dan Leguin setelah mereka juga dilarang meninggalkan menara, tetapi dia belum memberi tahu mereka tentang rencananya.

Jeremiah berkata dengan tenang.

"Hanya dengan melihat raut wajahmu saja aku tahu kau tidak sanggup berada di sini lebih lama lagi, sama sepertiku."

"Benar-benar?"

"Ya. Leguin mungkin mengira kau sudah menyerah, tapi aku tahu itu tidak benar."

"Yeremia... Apakah kamu selalu benci tinggal di menara?"

"Sangat."

"Bolehkah aku bertanya kenapa?"

"Keadaan sudah jauh lebih baik akhir-akhir ini, tetapi orang-orang di sini dulu memperlakukan kami seperti tikus percobaan."

Dia mengerutkan kening.

"Lexion dan Cadin tidak terlalu peduli, tetapi aku membencinya dengan penuh amarah."

Philomel tiba-tiba teringat pada deskripsi Yeremia yang ditulis Leguin. Dia memiliki temperamen yang lembut. Jika Philomel harus menebak, Yeremia mungkin teringat pada ibunya setiap kali orang-orang memandangnya seperti dia hanyalah sebuah eksperimen-ibu yang meninggalkannya, tidak dapat menerima bahwa dia adalah putranya.

"Leguin bermaksud mengurung mu untuk melindungi mu, tetapi menurutku itu bukan hal yang benar untuk dilakukan,"

katanya kepada saudarinya yang tak kasatmata.

"Kau mungkin bisa mengurung seseorang secara fisik, tetapi kau tidak bisa memerangkap rohnya."

"Terima kasih telah membantuku."

"Bukan kamu yang sebenarnya ingin aku bantu. Aku hanya tidak suka dengan apa yang dilakukan Leguin dan Lexion."

"Kamu sangat tidak jujur."

"Apakah kamu ingin aku mengantarmu kembali ke kamarmu?"

"Kamu sama sekali tidak menakutkan. Sungguh menakjubkan, apa yang kamu lakukan di sana. Kamu melumpuhkan dua orang sekaligus."

Tidak Ada Tempat untuk Putri PalsuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang