aku menyukai sejarah rempah-rempah. petualangan. para naga. laut yang berbisik dan berkabut. perompak yang menaklukan kapal-kapal besar nan kuat. para pemimpi yang mempertaruhkan nyawa demi cengkih dan pala. duyung-duyung dan segala monster bawah laut yang selalu mengancam.
peperangan yang bergemuruh, dan peta-peta yang terhampar seperti dongeng yang begitu aneh dan memesona. kadang, aku terbuai dengan kisah-kisah yang bagai tak mungkin. di mana orang-orang datang mencari daratan yang ditumbuhi pohon-pohon berharga bak mitos dan segala yang di luar akal.
saat membaca dan membayangkan rempah-rempah, aku menjadi anak kecil. melayang-layang di atas kepala. tersenyum simpul dan mendengus: aku juga ingin seperti dia! aku ingin menjadi penemu terhebat sepanjang masa!
Run: ujung kecil yang menyesatkan dan menggiurkan. sebuah tanah surga yang membuat seluruh Eropa berlomba-lomba mencarinya. apa kau tahu, cerita tentang Run adalah keindahan!
apa kau juga tahu, Banda, Ambon dan Maluku? jika iya, mengangguklah! apa kau juga tahu Ternate dan Tidore? ah, aku senang kau juga mengangguk!
dan mungkin, membayangkan sebagai Marco Polo dan Colombus, akan sangat mengasyikkan. apa kau membenci Coen? tidakkah dia luar biasa? aku tahu, kau pasti akan berkata, dia kan yang menghancurkan Jayakarta!
lalu dunia berpusat pada Jawa bukan? Java, begitulah. lalu abad-abad raja pun berakhir. naga-naga pun lenyap. dan kisah dongeng harus kita kembalikan lagi ke awal. bahwa, pada zaman dahulu kala, surga berawal dari ujung timur bumi. tempat di mana segala sesuatunya serba misterius. dan pohon-pohon firdaus membaui lautan dari jarak bermil-mil. ombak-ombak masih melahap apa pun yang coba lewat di atas tubuhnya. pada masa itu, burung-burung mengangkasa, bermain, tidur dan berkicau riang, segala makhluk hidup berkejaran, saling memangsa lalu kemudian tumbuh dan berkembang. apa kau masih ingat bau surga itu?
di antara halaman-halaman yang menguning, ada rahasia yang tak bisa kamu dapatkan hari ini. apa kau tahu? kebahagiaan akan segala yang misteri dan tak terpetakan. di mana rempah-rempah mampu menidurkan kita dalam tubuh seorang anak kecil.