15 Agustus. hari kelahiranku. ternyata aku pernah lahir juga. keadaan terlahirkan itu membuatku sekarang ini sedang marah dan menggila. kepalaku berdenyut bagai diserang godam. seandainya aku bisa membakar manusia!
tadi siang, ingin sekali aku membakar buku-buku. aku belum pernah membakar buku. aku ingin mencobanya. setidaknya aku akan memiliki pengalaman dan perasaan bagaimana membakar dan melihat buku terbakar itu. tidakkah melakukan hal semacam itu, tugas para ilmuwan?
kepalaku tak henti-hentinya sakit. cemas menguasai diriku. dan aku tak bersemangat melakukan apa pun.walau begitu, aku selesai menulis. menyusun lagi satu buku. setelah itu, aku mencengkram Robinson Crusoe di kepalaku. aku sedang berimajinasi. cukup menyenangkan. Daniel Defoe menulis dengan baik dan menyenangkan.
mungkin aku harus berhenti memikirkan masa depan. berjalan kembali tanpa apa-apa. dan berusaha sekuat tenaga untuk tidak bergantung pada belas kasihan. seandainya aku bisa menghindari manusia selama mungkin. manusia membuatku sakit.
suara-suara berisik hingga tengah malam. menjengkelkan. mungkin akan lebih baik jika orang-orang menyebalkan itu mati. ah, ya, akan sangat menyenangkan jika para keparat itu mati.