Bab Duapuluh Satu

479 34 6
                                    

Di sebuah sudut rumah sakit, Chris dan Samir duduk bersebelahan tepat di depan vending machine, masing-masing tangan mereka juga sudah memegangi gelas kertas berisi kopi seduhan—ada kepulan asap panas, pertanda belum saatnya bisa diseruput. Sekian menit berlalu, Samir membiarkan Chris bergelut dengan pikiran kalutnya untuk sejenak. Karena atmosfer terlalu hening, akhirnya mereka tidak betah untuk lama-lama menukar keterdiaman ini.

"Keyzan hebat banget, loh, Pak Chris. Saya, sebagai yang ngamatin dia dari lahir sampe udah SMA gini aja masih ngga nyangka, dia hebat banget bisa bertahan dan ngelaluin ini semua."

Entah mengapa, sederet pujian untuk Keyzan menjadi pilihan tepat bagi Samir untuk membuka obrolan.

Chris tersenyum tipis, tapi dia tidak membalas tolehan Samir padanya, "Iya, Mang. Udah lama banget Mang Samir ikut saya sekeluarga. Ngga kerasa udah tahunan. Udah banyak hal Mang Samir liat, dari jatuhnya kita sampe bangunnya kita lagi," Kini, ia perhatikan rambut memutih sekaligus gurat keriput wajah Samir, mendadak ada rasa mencelos menyergap hatinya, "Makasih banget, ya. Mang Samir sama Bi Zaima udah selalu ada buat keluarga saya, terutama buat dampingin anak-anak, apalagi Key."

"Sama-sama, Pak. Sebenernya, saya sama istri saya yang berterima kasih banget sama Bapak dan mendiang Ibu Violet, soalnya kalo ngga ikut keluarga Bapak, saya mungkin ngga sebahagia ini."

Lantas, Samir memberi tatapan penuh arti untuk sepasang netra lelah Chris. Dia seakan tahu beban seberat apa yang dipikul majikannya ini, dia seolah tahu kekacauan macam apa yang sedang dikhawatirkan pria yang menggajinya ini.

"Tapi, Mang Samir sama Bi Zaima udah tua, udah mau enampuluh tahun, kan?"

"Umur bukan masalah buat saya dan istri untuk kerja sama Bapak," balas Samir, dia sudah paham ke mana alur pembicaraan ini bermuara, "Kalo Bapak mau nyuruh kita rehat, maaf saya tolak, Pak. Orang kita di kampung juga ngga punya siapa-siapa, mending di sini bisa nemenin anak-anak, bisa ngurusin rumah juga. Coba kalo ngga ada kita, gimana?"

Chris reflek terkekeh, "Iya juga, sih, Mang. Emang ngga ada lagi yang bisa kita andelin selain Mamang sama Bi Zaima."

"Lagian, Pak. Cayden, Jounta, Brazka, sama Keyzan itu udah saya anggep kaya anak sendiri. Mereka udah nempel banget sama kita berdua, soalnya dari kecil dulu sampe segede sekarang kan kita serumah," jelas Samir, kembali menekankan seberapa tidak inginnya dia untuk pergi sekalipun diusir, "Kita siap hadepin apapun itu bareng-bareng sama Bapak."

"Hadepin apa, Mang? Emang mau ada badai? Emang mau ada tsunami?"

Kemudian, Chris menyesap kopi hitamnya sambil menikmati tawa Samir.

"Pak, pokoknya saya sama istri bakal pensiun kalo maut yang jemput, ya."

Chris lagi-lagi terkikik, "Iya, Mang. Semoga mautnya masih lama, deh. Biar Mang Samir sama Bi Zaima juga lama nemenin saya sama anak-anak."

"Pak, jangan ngeremehin. Maut saya sama istri ngga dalam waktu deket ini datengnya."

Kemudian, Chris beranjak dari kursi, ia sempatkan menepuk bahu Samir sekali sebelum berujar, "Ya udah, Mang Samir enakin ngopinya. Nanti pulang aja sama Bi Zaima. Tolong bawain makanan buat Cayden, Jounta, sama Brazka aja, ya. Kalo bisa sekalian sama baju mereka juga. Soalnya, kita pasti gantian jaga."

Samir mengangguk patuh, sehingga setelah itu Chris berlalu kembali menuju kamar Keyzan.

Begitu masuk, Chris mendapati Cayden dan Brazka sudah tertidur di sofa, sementara Zaima duduk di bangku samping ranjang Keyzan dengan menahan kantuk, terakhir ada Jounta yang tidak memindah posisi berdirinya di dekat jendela dengan tatapan nyalang menuju dada Keyzan.

This is Home! [✓]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang