DIO's POV
Begitu masuk rumah, gue liat nyokap dan si vampire cupu di ruang tamu. Gue langsung tau kenapa nyokap nyuruh gue pulang buru – buru. Apalagi coba kalau bukan karena si vampire cupu ini?
Bagusnya, nyokap ada urusan di rumah sakit, jadi gue bisa kabur dari belajar sama nih vampire satu. Atau paling engga, gue tetep di rumah tapi gak belajar karena gue lagi males banget.
Begitu nyokap pergi, gue masuk kamar dan ngelakuin hal yang biasanya gue lakuin di kamar. denger lagu dan mantul – mantulin bola trus masukin ke ring kecil nan pendek yang ditempel di dinding kamar gue. Atau engga gue buka instagram yang isinya adkel – adkel gue yang super duper centil minta folback.
Demi Tuhan gue lupa kalau si vampire cupu nunggu dan gue gak bakal sadar, kalau adek gue Diandra gak ngebuka pintu kamar gue, dengan si vampire cupu berdiri tepat di belakangnya.
Belum sempet gue buka mulut, vampire cupu itu udah keburu lari pergi. Adek gue bahkan ikut – ikutan ngerjar dia. Ini perempuan pada kenapa sih? Baru juga nunggu bentar udah pake ngambek segala. Ribet bener dah.
Gue kembali meneruskan aktivitas gue sambil nge-youtube pertandingan basket tim favorit gue dua hari lalu yang gak sempet gue tonton. Gak nyampe 10 menit kemudian, adek gue masuk ke kamar gue. Emang dasar si Adek nih, masuk kamar ga ketuk pintu dulu. Kalo gue lagi nonton bokep kan bisa berabe.
"Kak Dio nih keterlaluan!"
"Apasih dek?"
"Kak Leanya ampe pergi berarti Kak Dio ngelakuin kesalahan."
"Baru juga nunggu bentar."
"Emang jam berapa kakak janjian belajar tadi?"
"Jam 7."
"Kakak gila ya?! Sekarang itu udah jam 9 lebih! Kak Lea udah nunggu 2 jam dan kakak bilang bentar?!"
Hah 2 jam? Sumpah? Gue bahkan gak tau kalo sekarang jam 9. Gue bener – bener gak sadar karena waktu gue lagi sibuk main hape atau ngelakuin sesuatu, gue gak bakal sadar waktu yang udah kelewat.
"Yaudah sih, kakak juga lupa."
"Kakak minta maaf gih sama kak Lea."
"Ngapain coba? Biar aja. Kok kamu bisa kenal sih?"
"Dia itu cewek cantik dan baik yang aku ketemu di gramed waktu itu.:"
"Cantik dari mananya? Lagian kapan juga kamu pernah bilang kayak gitu."
"Tau ah, pokoknya minta maaf, kalo engga Diandra laporin mama!"
"Diandra gak usah aneh – aneh deh. Gak perlu minta maaf nanti juga dimaafin kok. Please jangan bilangin mama ya. Kapan – kapan kakak beliin buku baru deh!"
Diandra, adek bawel satu itu bukannya dengerin gue ngomong, malah pergi.
Waktu gue mau tidur, nyokap ketuk pintu dan masuk ke kamar gue masih pake baju kerjanya. Gue kadang suka kasihan liat nyokap yang kerja sampe larut malem. Nyokap itu udah ibarat ayah sekaligus ibu bagi gue karena bokap kerjanya pindah – pindah dari kota ke kota buat ngurusin perusahan marketingnya.
"Mama baru pulang?"
"Iya, sayang. Gimana belajarnya tadi?"
Gak. Please. Jangan nanyain ini karena hari ini kacau banget. Gimana kalau besok vampire cupu gak mau balik ke rumah gue buat ngelesin dan ngebuat nyokap curiga tentang apa yang terjadi hari ini?
"Gitu deh mah. Dio emang gak suka belajar."
"Mama tau kok. Makanya mama pengen Athalea yang ngajarin kamu. Dia sabar orangnya. Yaudah, mama mau istirahat dulu. Malem, sayang."
Tapi tetep aja gue gak bisa tidur. Gue akhirnya memutuskan untuk telfon Sakti.
"Sak."
"Paan?"
"Idih ini anak ketus amat. Masih marah lo sama gue?"
"Gimana enggak, gue udah tinggal selangkah lagi sob jadi pacarnya Dea. Kalo lo buat dia marah sama gue karena kelakuan lo tadi, gue kesel aja gitu."
"Sori deh."
"Au ah, males gue. Napa lo telfon?"
"Mau tanya."
"Apaan?"
"Emang.. cewek itu ribet ya?"
"Lo lagi suka sama cewe?"
"Kaga. Gue benci banget malah."
"Lea?"
Dor! Kenapa sih Sakti musti langsung bisa nebak pikiran gue?
"Kok jadi dia sih?!"
"Siapa coba yang lo benci sekarang ini selain dia?"
"Buruan jawab pertanyaan gue, kunyuk." Gue pindah posisi dari tidur jadi duduk sambil nyenderin punggung.
"Gak ribet sih sob, cuma emang sedikit munafik aja. Bilang 'iya' tapi nyatanya enggak. Bilang 'enggak' tapi dalam hati ngeiyain. Jadi pinter – pinternya lo aja ngartiin maksud dia."
Gue ngangguk – angguk doang.
"Trus kalo lo buat salah tapi gak mau minta maaf gimana?"
"Lo nya yang bangsat. Kalo punya salah, minta maaf. Jangan justru nyalahin dia karena gak maafin lo langsung tanpa lo minta maaf."
Sak. Otak lo tercipta dari apasih? Kenapa setiap yang gue pikirin atau masalah yang lagi gue hadepin langsung bisa lo tebak di kalimat pertama?
"Yaudah gue tidur dulu ah, ngantuk! Besok ada Arta."
. . . .
Paginya, gue berangkat agak pagian karena gue pengen ngomong sesuatu ke vampire cupu. Tapi percuma aja, karena dia gak lewat jalan di mana gue nunggu. Sebenernya dia kemana sih? Bukannya biasanya anak – anak berangkat lewat lobby ya?
Waktu gue mau jalan ke rooftop buat ngerokok (karena setelah tahu sticky notes yang ngelarang gue ngerokok itu si vampire cupu, gue gak mau lagi nurutin nasehat dia buat berhenti ngerokok), gue lihat dia lagi duduk sama Bu Yatin, petugas kebersihan musholla.
"Enak bu?"
"Enak non."
"Saya gak sempet masak banyak, Bu. Jadinya cuma tahu bacem sama oseng aja."
"Saya gak enak jadi dibawain sarapan sama non Lea terus."
"Gak papa Bu. Ibu kan lagi sakit dan masih harus kerja."
"Makasih ya, non. Nanti gentian deh kalau saya sudah sehat, saya bawakan sarapan."
Gue sempet denger percakapan mereka. Ternyata Bu Yatin lagi sakit, makanya vampire cupu itu bawain dia sarapan tiap pagi selama Bu Yatin sakit. Pantesan dia dateng gak lewat lobby depan, tapi samping sekolah.
Selama pelajaran, gue jelas gak bisa ketemu dia karena kita beda kelas. Dan selama istirahat, gue gak bisa nemuin dia juga. Kenapa sih ni orang satu susah banget dicari?
Pulang sekolah jadi satu – satunya waktu yang bisa gue pake buat ngobrol sama dia. Gak mau kecolongan lagi, gue colut jam terakhir dan nungguin dia di depan ruang kelasnya. Satu persatu murid keluar waktu bel pulang berbunyi. Tapi gue sama sekali gak liat dia.
Sakti juga. Gue ngeliat dia lagi mohon – mohon gitu ke Dea yang jalan di depannya buat maafin dia. Sakti sempet nengok ke gue dan ngasih kode kalau gue baru bisa ngomong sama dia nanti. Padahal gue juga gak bertujuan buat ngomong sama dia.
Semua anak pulang dan gue bisa liat dia megang sapu di tangan kanannya. Dia gak menyadari kehadiran gue yang dari tadi berdiri di depan pintu apa ya? Buktinya dari tadi dia masih sibuk nyapu. Gila aja nih orang, masa piket cuma sendirian? Lagian mana ada sih orang yang mau ngejalanin rutinitas piket waktu dia SMA?
Gue ngeliat semuanya. Dari dia nyapu kolong meja, ngehapus papan tulis, ngelurusin meja, sampai ngebersihin loker meja satu – persatu pake kemoceng. Akhirnya vampire cupu itu ngecangklong tasnya di pundak dan berjalan ke luar, ke arah gue.
KAMU SEDANG MEMBACA
VIDE
Teen Fiction[ F I N I S H E D ] "Angkat kepala lo." Gue diem seperti biasa. "Liat gue." "Apa? gue ga percaya. dan ga akan percaya." "Gimana lo mau percaya kalo lo gapernah liat mata gue kalo ngomong? gue serius kali ini." "Lo pernah ngomong hal yang sama dulu."...