--- E N D U N G ---

13.8K 517 197
                                    

Halo semua !!!

DISCLAIMER : BAKALAN PANJANG JADI SKIP AJA, INI BUKAN LANJUTAN CERITA

Yay jadi kejutan yang dibilang kemaren adalah bahwa VIDE bakal kelar. Eh salah, udah kelar malahan di chapter 72. Gila panjang banget. Ga sadar bahkan kalo udah sepanjang itu. Anyways ada beberapa pertanyaan nih, yang semoga bisa dengan senang hati kalian jawab. Ini aga banyak (banyak banget kali gatau juga).

1. How was the ending?

2. Gimana tanggapan kalian tentang cerita VIDE secara keseluruhan? serah dah mau tokohnya, ngatain Dio, plotnya gimana, serah kalian.

3. apa yang bikin kalian suka dan ga suka dari VIDE?

4. Kritik dan saran?

5. Siapa yang mau VIDE berlanjut? Yang part 2 mungkin?

THANKS TO

Oiya, terima kasih buat kalian, para readers yang udah mau meluangkan waktu buat baca, buat ikut kesel, sedih, seneng, dan ngerasain semuanya campur aduk bareng tokoh - tokoh di cerita ini. Aku tau kalian pasti punya banyak hal yang harus dilakuin : sekolah, kuliah, kerja, keluarga, dan banyak lagi, tapi di tengah - tengah itu semua masi nyempetin baca. Bahkan pada vote dan comment dan nyemangatin dan ngenext dan gatau lagi EHEHHEH, thank you! 

Trus buat masa SMA real life yang gak ada romance nya sama sekali karena belajar mulu kerjaannya, cape ogut. Kenapa makasih? Karena gegara belajar mulu, wattpad dijadiin buat escape gitu lho (?) Ada Hanin dan Nida yang cerita banyak hal soal kehidupan mereka yang kalo dipikir - pikir wattpad juga ya kalian. Nida kaya love rosie banget sih parah. Rhea juga, gak nyangka ni bocah kedokteran UGM bisa ngalamin hal romance. Lani yang ngasi ide di tangga musholla sambil makan pecel, atau di mana aja kalo ditanyain 'Lan orang pacaran ngapain sih? Lea sama Dio udah sampe tahap pacaran, bikin bingung.' Amel dan Ananta yang suka bikin puisi, bikin minder kalo diksiku cetek, bikin termotivasi buat nulis lebih bagus, jiaaaaah. Dona yang bikin gak mual dengan dunia romance karena memberi selingan diskusi tentang dunia lain (?). Dara yang selalu denger teriakanku waktu dapet first readers, comment yang bikin semangat, readers dan voters naik, semoga telingamu baik - baik saja nak.

KENAPA SELESAI

Cerita ini diselesaikan dengan pikiran super cetek dan singkat. I insisted kalian buat liat post beberapa hari lalu dulu ya kalo belom. Di situ ada alasan utama buat ngakhirin VIDE. Tapi, sebenarnya, gimanapun juga, VIDE harus berakhir. Ini udah 72 chapters dan kayanya gak mungkin lebih panjang lagi. Ide cerita, ada. Tapi Dio dan Lea juga harus ngejalanin kehidupan mereka sendiri. Udah saatnya mereka jalan tanpa harus ada aku yang nulisin atau kalian yang mantau kehidupan mereka. Dengan sifat Lea yang super intovert, kita harus makasih ke dia karena udah mau berbagi dan jadiin semua ini pelajaran.

Mungkin ada di antara kalian yang mikir cerita ini terlalu gak mungkin (karena aku juga mikir gitu). Tapi kalo ngebuka mata lebih lebar lagi, banyak orang yang rela mertaruhin sesuatu yang besar demi hal sepele doang. Kalo kalian liat film, series, novel, atau wattpad lainnya dan berfikir bahwa sifat manusia yang sejelek itu cuma ada di dalam layar kaca atau buku, kalian berarti harus bersyukur. Tandanya, kalian terjauh dengan orang - orang buruk kaya gitu.

VIDE 2

Sejujurnya pernah ada planning buat gak nerusin VIDE. Karena entah kenapa kalo novel dibikin series itu jatohnya pasti yang pertama lebih bagus. Gadeng, kecuali Harry Potter sama Maze Runner haha. Tapi, trus terbersit buat ngelanjutin, karena sepertinya kalian demen banget sama Dio dan kecampur sama kesel pengen nabok sama sifatnya Dio. Kalo lanjut, kemungkinan mereka udah kuliah dannn VIDE 2 gabisa dalam waktu dekat karna aku harus ngalamin kuliah dulu biar ceritanya bisa real. Tapi berhubung ini ospek aja baru selesai, yasudah ya mau gimana. Lagian, pasti di sini bakal kaya masa SMA yang isinya belajar doang. Temen - temen sumber inspirasi yang tadi disebutin di atas juga belom menemukan cerita romance mereka karena semester awal yang menyulitkan. Jadi intinya, kalau dilanjut, kita harus sabar nunggu Lea dan Dio beberapa bulan ke depan.

TIED

Dan karena VIDE udah kelar, bisa promote cerita baru : TIED !!! Jadi sebelumnya, aku gak mau promote karena takut ganggu kalian baca VIDE. Trus TIED ini aku bikinnya ringan banget dan jujur lebih suka TIED karena 2 main castsnya lucu banget sikapnya. Trussss udah nemuin judul pengganti nih buat TIED. Soalnya TIED itu ga bermakna dan cuma kaya yang penting cepet bikin judul gitu lho. Covernya baru OTW juga.

VIDE

Dan yang terakhir adalah asal judul VIDE dibuat. Ini nih yang super duper banyak banget ditanyain. Vide itu artinya semacam look up! atau kaya lihatlah! Jadi kaya interjection gitu. Udah, seriusan sesimpel itu. Awalnya mau look up kan, tapi terlalu cringe-worthy dan cover yang dulu pernah dibikin tu bener - bener au dah. Vide itu aku denger dari film...

Kan lupa kan? Yah pokoknya ada suatu film gitu di percakapannya. Tapi kan itu vocab baru dan aku cuma sotoy, trus pas aku googling aga panik karena gak ada meaningnya. Trus mikir, duh jangan - jangan vide tu artinya bukan look up. Tapi setelah dicari - cari lagi ternyata ke-sotoy-an ini bener. Dan entah kenapa sekarang kalo digoogling udah bisa nemu VIDE artinya look up.

Ini semua gara - gara si Lea yang nunduk mulu, gak mau liat Dio pake matanya sendiri

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Ini semua gara - gara si Lea yang nunduk mulu, gak mau liat Dio pake matanya sendiri. Pernah denger ga si kalo mata tu sumber kebenaran yang bisa diliat langsung. You guys can define seseorang jujur atau engga dari matanya. Jadi sebenernya itu gak sepenuhnya salah Dio (duh ini pasti bakal diamuk bilang ginian). Karena di awal, Lea cuma percaya sama apa yang diomongin Dio doang dan perlakuan Dio ke Lea. Makanya waktu di akhir Lea gak percaya waktu si Dio nembak, Dio minta Lea buat buktiin omongannya langsung lewat natap matanya. 

Udah. Gitu ya. Gak bisa terus jelasin karena sumpah yang barusan cheesy banget, tapi yauda intinya gitu ya teman - teman. Maklum, saya clueless sekali kalo soal romance kaya gini. Bingung kan pasti, nulis cerita romance tapi ngaku clueless. Ayo ketemu dan kalian bakal bilang itu bener. Jadi waktu itu pernah ikut personality test dan katanya ke-clueless-an soal romance ini emang biasa buat INTJ. Yah ini ngapain sih malah ngelantur gini.

BYE.

VIDETempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang