👩‍🏫DIALOG TAG

9.7K 495 33
                                    

[ DIALOG TAG ]

© MI CASA

Dialog tag adalah frase atau keterangan dari pembicara, bukan dialognya.

Dialog tag biasanya ditandai dengan kata "ujar", "ucap", "kata", dsb.

Ini adalah macam dialog tag :

// Dialog Tag Di Awal

Jika dialog tag berada di awal, maka akhiri dialog tag dengan tanda baca koma dan akhiri dialog (percakapan) dengan tanda titik atau tanda tanya bila dialog tersebut berupa kalimat tanya. Dan awal dialog menggunakan huruf kapital.

➡ Mega berujar, "Kamu jelek."

➡ Tuminah bertanya, "Apa dia di Bandung?"

➡ Jungkook tersenyum sambil berkata, "Tenang saja, aku yang akan menemani Jiminie Hyeong."

➡ Jimin bertanya, "Apa kau yakin, Jungkookie?"

Apa pun frase-nya selalu memakai koma, kecuali jika bukan dialog tag seperti contoh dibawah ini :

• "Yak, pabbo! Apa yang kau lakukan di kamarku?" Teriakan Jimin memenuhi ruangan bernuansa biru tosca.

(Bukan dialog tag, karena kata teriakan)

Contoh lainnya :

Angel berkata, "Aku lelah."
Angel berkata ,"Aku lelah."
Angel berkata, "Aku lelah".

Mana yang benar, mana yang salah?

Angel berkata, "Aku lelah." ✅
Angel berkata ,"Aku lelah."
Angel berkata, "Aku lelah". ❌

Catatan :
Angel berkata ,"Aku lelah."
Tanda koma, tidak berada di posisi seperti itu.
Angel berkata, "Aku lelah".
Tanda titik (.) tidak ada di luar dialog.

// Dialog tag di antara dua dialog

Apabila dua dialog masih dalam satu kalimat atau dengan kata lain dialognya masih dalam keadaan tersambung, hanya terpisah dengan dialog tag, maka dialog pertama diakhiri dengan tanda koma begitu pula dengan dialog tag-nya, dan awali dialog kedua dengan huruf kecil, kecuali kalimat dialog pertama diakhiri tanda titik.

"Kau!" geram Nila, "kenapa tidak kau pergi saja daripada diam terus, hah?!"

(Karena koma, artinya harus huruf kecil untuk dialog selanjutnya)

➡ "Tentu saja kamu benar." Ia Sedikit mengibaskan tangan. "Kamu selalu benar, bukan?"

(karena menggunakan titik, maka harus huruf besar pada dialog selanjutnya)

// Dialog Tag Di Akhir

Jika dialog tag berada di akhir, maka akhiri dialog dengan tanda baca koma atau tanda tanya bila berupa kalimat tanya.

➡ "Kamu jelek," ujar Mega.

➡ "Joko mana?" tanya Mujiat.

➡ "Apa kabarmu, Jimin?" tanya Taemin.

➡ "Aku baik-baik saja, Hyeong," jawab Jimin.

➡ "Lama tidak bertemu, ya. Ini untukmu!" kata Taemin, meyodorkan paper bag.

Apa pun tanda bacanya, frase dialog tag selalu ditulis dengan huruf kecil.

Simpel aja. Rumus = Koma, dan huruf kecil.

Kumpulan Materi KepenulisanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang