BAB DALAM CERITA
© MI CASA
█ ▀ ACAK
- Umumnya cerita dengan genre komedi, non fiksi, atau slince of life.
- Kalian hanya perlu membuat prolog yang mencakup tokoh utama.
- Pastikan ia memiliki karakter dan peran yang jelas.
- Umumnya memiliki konflik yang ringan.
- Susunannya boleh bolak-balik, karena tidak akan mengacak alur cerita.
- Contohnya, SpongeBob SquarePants.
█ ▀ URUT
- Banyak ditemui di media.
- Bab yang disusun tidak boleh di bolak-balik, karena akan mengganggu alur cerita.
-Susunan urutannya ; Prolog-perkenalan-konflik-klimaks-ending.
- Tokoh inti memiliki karakter yang kuat.
- Konflik yang ada didalamnya kompleks dan bercabang.
- Contoh, Radiative (Ciayo comic)
█ ▀ CAMPURAN
- Urutan bab cukup mencakup kedua urutan seperti bab diatas.
- Semua karya yang sudah diberi judul harus diberi subjudul.
- Tiap subjudul memiliki beberapa bab.
- Tokoh inti memiliki karakter cukup kuat.
- Konfliknya ringan.
- Contoh, Sarimin. (Line webtoon)
•─𖣘*ཻུ۪۪ ꦿꦶ
MATERI MI CASA
D E A D L I N EDeadline. Kalian pasti sering denger kan kata deadline? Ada yang sudah tau artinya 'kan?
Deadline, adalah target yang harus diselesaikan tepat pada waktu yang telah ditentukan.
Dengan deadline, kita diajarkan untuk menjadi konsisten, serta disiplin.
Karena itu, nyaris semua penulis profesional memiliki deadline untuk tiap proyek cerita atau apapun itu, yang sedang mereka kerjakan.᭡࿔᭡࿔᭡࿔᭡࿔᭡࿔᭡࿔
Jika deadline bisa dimanfaatkan, maka pembaca tidak akan kecewa. Namun jika update lebih dari batas deadline, pembaca pasti kecewa. Kecuali ada hambatan yang benar-benar tidak memungkinkan untuk mengejar deadline tersebut.
᭡࿔᭡࿔᭡࿔᭡࿔᭡࿔᭡࿔
-✧ Keuntungan menentukan deadline ;
────➢ Membuat pembaca mendapatkan kepastian yang jelas.
────➢ Penulis mendapatkan kepercayaan yang lebih dari pembaca.
────➢ Memudahkan untuk mendapatkan pembaca setia.
Adapun resiko dalam membuat deadline. Apa sajakah itu, perhatikan ;
➭ Penulis dituntut untuk tepat waktu.
➭ Jika melebihi batas deadline, pembaca akan mulai kecewa dan kehilangan kepercayaan mereka pada si penulis.
➭ Beberapa pembaca yang setia mungkin akan namun, namun tidak jarang diantara mereka tetap setia menanti kabar dan kelanjutan cerita dari penulis.
Solusi jika kamu tidak bisa update secara mendadak agar tidak mengecewakan pembaca setia ;
𖣘 Beritahu pembaca jika kamu menunda update dengan alasan yang jelas.
𖣘 Beritahu dengan jelas, kapan kamu akan update.
𖣘 Kalau perlu, buat bab spesial hiatus untuk pembaca. Didalamnya terdapat alasan yang jelas juga, agar pembaca tidak menghilang.
Saran agar kalian tidak mengecewakan pembaca dengan deadline yang telah kalian buat sendiri ;
❖ ) Ketahui ketepatan dan kecepatan kalian untuk update.
❖ ) Jujur
❖ ) Pastikan diri kalian konsisten dengan jadwal yang telah kalian buat sendiri.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kumpulan Materi Kepenulisan
RandomThis is a lesson from mi casa class. We learn and will never stop. We hope you enjoy this way of learning. Please read for your learning. Semua materi adalah milik si pemilik. Mi Casa hanya menggunakannya sebagai bahan pembelajaran.