👩‍🏫HOOKING & HANGER

435 33 0
                                    

© MI CASA

Pernah denger apa itu Pembaca Hooking?

Apa itu Hook?

"Hook" hanyalah alat yang digunakan untuk meraih pembaca dan membuatnya ingin membaca.

Pembaca hooking

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "mengaitkan pembaca" sebelumnya dari kelas sastra Inggris atau ketika membaca tentang cara menulis online.

Namun, mengetahui apa arti istilah itu dan mengetahui bagaimana menambahkannya ke dalam tulisan kamu sendiri adalah dua hal yang sangat berbeda.

Kamu akan melihat ini digunakan dalam novel, cerita pendek, dan artikel dari semua jenis. Ini adalah kalimat pembuka menarik. Bisa tentang apa saja asalkan menarik, unik dan membuat pembaca sedikit penasaran.

Metode untuk Hooking

Ada banyak jenis kait yang berbeda, tetapi beberapa yang paling umum termasuk :

ᬉིུ╰ํ⃝̸〭∙۬·𖤃 Berbagi fakta yang sangat menarik.

ᬉིུ╰ํ⃝̸〭∙۬·𖤃 Menggunakan statistik atau informasi dari suatu sumber.

ᬉིུ╰ํ⃝̸〭∙۬·𖤃 Menggunakan kutipan yang menyatu dengan topikmu.

ᬉིུ╰ํ⃝̸〭∙۬·𖤃 Kamu dapat menggunakan kutipan dari orang terkenal atau kutipan yang kamu dapatkan dari sumber yang kamu wawancarai.

ᬉིུ╰ํ⃝̸〭∙۬·𖤃 Memberi gambar untuk pembaca.

ᬉིུ╰ํ⃝̸〭∙۬·𖤃 Menyampaikan pertanyaan kepada pembaca.

ᬉིུ╰ํ⃝̸〭∙۬·𖤃 Mengejutkan pembaca.

ᬉིུ╰ํ⃝̸〭∙۬·𖤃 Membuat pembaca tertawa.

Apa itu Hanger?

Penulis novel telah lama menggunakan gantungan baju di akhir bab untuk membuat pembaca tetap terlibat dan ingin tahu apa yang terjadi di bab selanjutnya.

Ini membuat buku atau cerita menjadi pembalik halaman. Pembaca kemudian akan memberi tahu teman-temannya.

Apa yang mungkin tidak dia sadari adalah bahwa pembaca menciptakan perasaan ini dalam dirinya dengan maksud dengan menggunakan gantungan baju.

Gantungan itu pada dasarnya adalah janji tentang apa yang akan terjadi selanjutnya. Ini sering menanam pertanyaan di benak pembaca.

Sebagai pembaca pasti kita kepo buat kelanjutan cerita itu, dan menagih agar cerita itu tamat, atau berakhir dengan full kan, ga digantung-gantung kaya doi.

Hayo, kalian pasti sering kan baca novel atau cerita yang akhirnya gantungin. Nyesek kan.

Singkat aja, sudah paham tentang hooking dan hanger 'kan?

Kumpulan Materi KepenulisanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang