👩‍🏫FIGHT SCENE

395 38 0
                                    

@ M I C A S A

‼‼‼‼‼‼‼‼‼‼‼‼

FIGHT SCENE

‼‼‼‼‼‼‼‼‼‼‼‼

Pasti langsung kepikiran, tendangan, darah, hantaman, dll...

Kan?

Ada beberapa cara membuat FIGHT SCENE menjadi intens jika kamu memerlukan ini untuk ceritamu.

RISET

Kamu mau nulis sesuatu tapi kamu belum tau apa itu. Kan gak lucu. Setidaknya kamu pernah merasakan, atau melihat aksi pertengkaran yang sebenarnya.

Gunanya? Untuk lebih mendalami tulisanmu agar lebih terkesan hidup.

Kalau dari film kita bisa lihat karakter berantem saling pukul, tapi kalau dalam cerita kita harus pandai memilah kata-kata yang pas untuk adengan itu.

Lakukan riset, cari tau teknik, stategi, efek pada korban dan lainnya.

JANGAN GUNAKAN SEMUA RISET

Meskipun riset penting, tapi jangan gunakan semua. Cukup yang penting saja untuk ceritamu. Jangan lupa benda-benda ikonic.

Misalnya : Angel menancapkan belati tepat pada perutnya.

GUNAKAN KATA KERJA YANG KUAT

Gunakan kata kerja yang mendukung jalannya ceritamu. Kuat, keras dan menyakitkan. Semakin kuat kata kerja yang digunakan, maka semakin sengit pertarungan itu terjadi.

Contoh : menghantam.

TIDAK PERLU DETAIL

Contoh : Dia menarik tangan pria itu dengan tangan kanannya, lelaki itu menepis nya dengan tangan kirinya dan dia menarik tangan kiri lelaki itu lalu...

Pusing!

JANGAN LUPA DESKRIPSIKAN EMOSI

Pembaca itu harus ikut merasakan emosi karakter utama. Ketika ia sedang takut, pembaca juga harus ikut takut.

Misal : Jantungnya berdegup kencang, keringat mulai bercucuran.

RASA SAKIT

Jangan lupa deskripsikan rasa sakit ketika karakter kesakitan, atau misal ketika karakter ditusuk, gunakan narasi yang mendukung untuk ikut membawa pembaca merasakan derita si karakter.

Contoh : Kakinya bergetar tidak dapat berdiri dengan sempurna.

APA TUJUAN DARI PERTARUNGAN?

Kamu jangan melupakan apa tujuan dari pertarungan ini terjadi. Melindungi diri? Keluarga? Atau apa? Tentukan tujuanmu untuk memotivasi pembaca.

MUSUH YANG SEBANDING

Harus sama-sama kuat atau lebih kuat. Buat seolah moment perkelahian itu membuat si karakter utama kalah seperti terluka, gunanya untuk memperkuat karakter utama agar bisa lebih berjuang bertarung untuk meraih kemenangan.

KUNCI dari menulis Fight Scene adalah membuat karakter utama menjadi mudah dilukai, tapi kemenangan tetap jadi miliknya.

Kumpulan Materi KepenulisanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang