👩‍🏫HOW & TIPS

424 56 0
                                    

. ┏━━┓ ┏━┓
┃ ┃ ┃ ┃
┏┛ ┗━┛ ┗┓
┃      ┃
┃ ● ┣━┫ ● ┃
┃  ┃ ┌┸──┸──┐
┗┓  ┗━| MI CASA│
  ┃  つ──┰O┘
  ┗┓┏━┓┏┛
   ┗┛ ┗┛

© MI CASA

────────────────────
Bagaimana cara meningkatkan
skill menulismu?
────────────────────

📌 Menulis ketika kamu ingin menulis.

Dengan membawa buku catatan kecil, agar jika ada ide muncul tiba-tiba, kamu tidak lupa.

📌 Menulis ketika kamu tidak ingin menulis.

Ketika badmood, menulis akan menjadi hal yang berat untuk dilakukan. Jangan buat ini menjadi hal yang menganggumu. Segera cari cara agar mood menulismu kembali.

📌 Menulis ketika kamu tidak tau harus menulis apa.

Tulis saja kegalauanmu, unek-unek mu. Tulis saja hal tidak jelas lain untuk memperbaiki otak kecilmu yang sedang tidak mood.

📌 Membaca ketika kamu merasa bosan dengan tulisanmu. (Writers block)

Membaca karya orang atau inspirasi kita adalah jalan terbaik.

📌 Buka sosial media, dan lihat curhatan teman-teman mu.

📌 Luangkan waktu untuk membaca setiap harinya.

📌 Baca apa saja setiap kamu memiliki waktu luang.

📌 Baca cerita! Penulis itu tidak boleh kudet.

📌 Buka pikiranmu.

📌 Jika memiliki waktu luang, gunakan untuk menonton film atau drama, atau sinetron di TV. Gunanya? Untuk menambah Imajinasimu.

📌 Kenali penulis hebat.

📌 Jangan berhenti disatu genre, cobalah genre lainnya.

📌 Belajar oleh rasa agar tulisanmu terlihat nyata (berjiwa).

📌 Gunakan otak kananmu.

📌 Buat outline untuk memudahkanmu dalam menulis cerita milikmu. Gunanya agar tidak tersesat.

Sering denger prolog?
Apa itu prolog?
Bagaimana cara membuat prolog
yang baik?

▖▖▖▖▖▖▖▖▖▖▖▖▖▖▖▖▖▖▖▖

How to make a good prolog?

Bagaimana cara membuat prolog
yang baik?

▖▖▖▖▖▖▖▖▖▖▖▖▖▖▖▖▖▖▖▖

Prolog merupakan suatu instrumen penting dalam suatu karya tulis. Karena ini menentukan apakah pembaca lanjut atau berhenti membaca tulisanmu.

Membangun alur cerita yang menarik

Plot suatu cerita dalam novel juga memiliki peran penting bagi ketertarikan seorang pembaca. Prolog yang sudah baik harus bisa dieksekusi dengan penulisan plot cerita yang baik juga.

Poin terpenting yang harus diperhatikan dalam membuat prolog antara lain :

࿐໋₊*. Gaya bahasa harus mengalir, agar pembaca ikut hanyut dalam suasana cerita.

࿐໋₊*. Terlalu banyak dialog dalam prolog cenderung membuat pembaca jenuh.

࿐໋₊*. Jika tokoh utama terdapat dalam prolog, jangan terlalu digambarkan secara penuh dalam prolog.

___

Bagaimana cara menulis novel
dengan baik dan benar?
___

Berikut ini adalah tahapan dan penjabarannya :

🔔SATU

Gaet pembaca pada paragraf pembuka dengan menyuguhkan konflik. Ini adalah cara membuat pembukaan cerita yang ampuh dan menarik.

🔔DUA

Kembangkan karakter tokoh ceritamu. Bantu pembaca untuk memvisualkan karakter dengan mendesripsikan penampilan, tingkah laku dan pemikiran tokoh-tokoh yang ada di dalam cerita. Ketika dia berbicara, ungkap karakternya.

🔔TIGA
Pilih sudut pandang penulisan cerita dalam novel mu. Kamu bisa berperan menjadi orang pertama (protagonis) dengan kata ganti aku, saya, kami, kita.
Atau anda pakai sudut pandang orang ketiga. Dalam hal ini anda menjadi pengamat seperti menonton film.

🔔EMPAT

Buat dialog yang penuh arti. Tulis dialog yang penting-penting saja, yang ada tujuannya, yang langsung pada masalah, yang langsung menjelaskan, jangan berputar-putar, jangan bertele-tela, jangan hambar.

🔔LIMA

Tetapkan setting cerita mu. Ia mencakup waktu dan tempat. Setting waktu terdiri dari hari, tanggal, siang, malam, minggu, bulan, pagi, sore, tahun, dekade dan lain-lain.

Setting tempat dapat berupa lokasi seperti kota atau desa; keadaan lingkungan seperti bersih, kotor; suasana seperti ramai, lengang; cuaca seperti panas, dingin, dan lain-lain.

Untuk mudah memahami setting cerita yang baik dan menarik.

🔔ENAM
Mengatur plot dalam ceritamu.

Plot adalah peristiwa yang berurutan yang disertai sebab akibatnya. Alur cerita yang memiliki sebab akibat atau alur yang berangkat dari satu atau beberapa sebab menuju satu atau beberapa akibat atau sebaliknya disebut plot.

Plot adalah inti cerita yang wajib diperhatikan. Plot adalah inti dari cara membuat cerita yang baik dan benar. Bila plotnya tertata baik dan logis, maka pembaca akan suka pada ceritamu.

🔔TUJUH

Mengarahkan klimaks pada cerita mu. Klimaks adalah puncak atau titik balik cerita. Klimaks, terjadi ketika protagonis memahami apa yang sebaiknya dilakukan atau menyadari tindakan terbaik apa yang seharusnya diambil.

🔔DELAPAN

Menulis ending ceritamu. Ending adalah penyelesaian atas masalah. Kamu bisa menulis ending yang terbuka atau ending yang tertutup. Ending tertutup adalah akhir cerita yang menunjuk pada penyelesaian masalah yang sudah tuntas.

Sedangkan ending terbuka adalah ending yang konfliknya belum sepenuhnya selesai dan membuka peluang untuk berbagai penafsiran dari pembaca.

🔔SEMBILAN

Terakhir adalah membuat Judul cerita yang menarik.

Bagaimana cara membuat judul cerita yang menarik?

Sebenarnya tidak ada standar baku dalam membuat judul cerita. Intinya adalah tidak panjang. Pendek dua atau tiga kata. Dan harus keliatan CANTIK, MENARIK, MENYENTUH atau MENGGUGAH.

#Jangan lupa bekali dirimu dengan macam-macam majas untuk disisipkan pada tulisan/cerita yang kamu buat, agar lebih menarik dan bagus lagi.

___

Berikut 10 tips membangun
semangat menulis:
___

1. Tahu Tujuan

2. Jadwalkan Secara Rutin

3. Menjaga Mood

4. Berada di lingkungan Penulis

5. Membaca Karya Orang Lain

6. Membaca Biografi Penulis Sukses

7. Refreshing

8. Berolahraga

9. Mendengarkan Musik

10. Mendekatkan Diri Kepada Tuhan

Kumpulan Materi KepenulisanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang