© MI CASA
﹀﹀﹀﹀﹀﹀﹀﹀﹀﹀﹀﹀﹀﹀
Orang yang tidak memiliki imajinasi, kata Paul Fenimmore adalah ibarat orang hidup, tetapi hanya separu hidup, orang hidup membutuhkan visi, dan imajinasi akan memberikan visi yang diperlukan.
﹀﹀﹀﹀﹀﹀﹀﹀﹀﹀﹀﹀﹀﹀Untuk kamu yang menulis cerita dengan genre fantasi. Kalian cocok menggunakan bioma.
Apa itu bioma?
(Berbeda ya dengan bioma untuk pelajaran IPA)
Bioma adalah latar dari dunia/kota yang akan kau ciptakan.
Apakah bioma yang digunakan adalah Bioma Tundra, dimana karaktermu kesulitan mendapat sayur mayur atau gurun yang kesulitan mencari air? Hutan Hujan Tropis yang lembab dan menyenangkan atau Insidious Forest yang cerah dan banyak musim?
Cerita fantasi merupakan sebuah karya tulis yang dibangun menggunakan alur cerita yang normal, namun memiliki sifat imajinatif dan khayalan semata.
Pada cerita fantasi, hal yang bersifat tidak mungkin merupakan hal yang biasa dan bukan hal yang aneh, bahkan sengaja dilebih-lebihkan, jika dilogikakan, tidak akan pernah terjadi di dunia nyata.
Fiksi bergenre fantasi merupakan dunia khayal yang tidak mungkin dijadikan biasa.
Jenis-jenis cerita fantasi terbagi menjadi 2 bagian :
Cerita Fantasi Total dan Irisan
📌Cerita Fantasi Total
Pada kategori ini semua yang terdapat pada cerita tidak semua terjadi dalam dunia nyata.
📌Cerita Fantasi Irisan
Kategori ini berisi cerita fantasi yang mengungkapkan fantasi tetapi masih menggunakan nama-nama dalam kehidupan nyata, menggunakan nama tempat yang sama pada dunia nyata, atau peristiwa yang pernah terjadi pada dunia nyata.
Cerita Fantasi Sezaman dan Lintas Waktu
📌Latar Fantasi Sezaman
Maksudnya latar yang digunakan satu masa (fantasi masa kini, masa lampau, atau masa yang akan datang/futuristik).
📌Latar Fantasi Lintas Waktu
Maksudnya berarti cerita fantasi yang menggunakan 2 latar waktu yang berbeda.Misalnya: masa sekarang dengan masa pada zaman prasejarah, masa sekarang dan masa 50 tahun mendatang/futuristik.
Jenis-Jenis Bioma :
1. Bioma Tundra.
Bayangkan tempat berbatu yang ditumbuhi lumut, alga, dan sedikit rumput. Itulah tundra. Tundra, dalam dunia nyata, terdapat di Greenland dan kutub.
2. Bioma Gurun
Tidak ada yang asing soal bioma gurun. Bayangkan gurun gobi.
3. Deciduous Forest a.k.a Hutan Hujan Gugur Deciduous.
Hutan hujan gugur memiliki imej yang paling mendekati saat kata 'hutan' terdengar. Aku tidak menemukan cara hidup disini, tapi kalian bisa perkirakan sendiri.
Itu dia beberapa saran untuk hutan, gurun di cerita kamu.
Cara mencari tempat penggambaran latar cerita dengan memihat foto latar yang mirip sebagai inspirasi.
• Jika kamu sulit membayangkan latar?Carilah gambar lokasi yang kurang lebih sama di internet.
Cari detail-detail kecil yang dapat kamu masukkan dalam cerita. Simpan gambar tersebut dan tuliskan detailnya supaya tidak lupa.
• Jika kamu menggunakan lokasi nyata, gunakan Google Street View untuk melihat area tersebut demi mendapatkan detail yang lebih spesifik.
Buka situs seperti Artstation dan Pinterest untuk mendapatkan inspirasi visual
• Jika kamu menulis tentang dunia rekaan. Gabungkan detail nyata dengan imajinasi untuk membuat latar spesial.
Kamu kesulitan dalam penggambaran latar tempat untuk ceritamu? Terutama untuk kamu yang membuat cerita fantasi.
Aku punya beberapa saran untuk kamu :
⚜1. Nonton film yang sama dengan genre ceritamu.
Gunanya? Untuk membuat imajinasi kamu lebih luas dan liar.
Contoh untuk cerita fantasi, ( karena aku juga punya cerita fantasi Sci-fi ) kamu harus sering menonton film fantasi yang berkaitan dengan genre cerita yang sedang kamu buat.
Itu sangat penting, karena dengan menonton, imajinasi kamu akan semakin liar dan kamu dapat mengembangkannya dengan mudah. Jika sudah memiliki ide, ingat untuk menulisnya di outline agar tidak hilang.
Untuk kamu dengan genre romance, pasti banyak dong film romance, dan drama Korea yang dapat menambah ide ceritamu.
#Ingat, kita boleh meniru, tapi jangan menjiplak.
Menonton itu gunanya untuk menambahkan sedikit bumbu dalam membuat dunia baru dalam cerita kita.
Bukan untuk menyontek, namun untuk inspirasi.
⚜2. Baca banyak artikel dan informasi.
Menulis itu tidak lepas dari membaca. Jika kita ingin menulis, kita harus membaca banyak hal untuk menambah wawasan kita agar cerita yang kita buat mampu menjadi sempurna.
Bagi kamu yang memakai genre fantasi. Membaca banyak artikel yang berkaitan dengan cerita kamu adalah salah satu faktor yang paling penting, agar kamu dapat menciptakan latar yang keren dan terperinci.
Misal kaya aku, cerita fantasi tentang robot, aku sering nyari artikel dan informasi seputar dunia robot itu. Dan alhasil, sedikit demi sedikit aku mampu meresapi semua itu dan menuangnya dalam sebuah cerita.
⚜3. Melihat gambar yang berkaitan dengan genremu.
Bagi kamu yang membuat cerita dengan genre romance. Pasti gak jauh dari sekolah, rumah, dan lingkungan sekitar yang tentunya ada dan dirasakan didunia nyata kan?
Namun, untuk kamu yang membuat cerita fantasi, pasti kamu kesulitan membayangkan bagaimana latar cerita kamu dalam bentuk gambar.
Luangkan waktu untuk melihat-lihat tempat-tempat yang sekiranya memiliki kesamaan dalam cerita kamu.
Misalnya tentang kerajaan, kamu jangan lupa cari gambar/foto yang berkaitan dengan Kerajaan. (Di google banyak contoh)
Setelah melihat gambar itu, kamu tinggal menambahkan sedikit bumbu untuk memperinci latar itu dalam cerita mu.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kumpulan Materi Kepenulisan
AléatoireThis is a lesson from mi casa class. We learn and will never stop. We hope you enjoy this way of learning. Please read for your learning. Semua materi adalah milik si pemilik. Mi Casa hanya menggunakannya sebagai bahan pembelajaran.