👩‍🏫PEDOMAN MENULIS DIALOG

202 13 0
                                    

©MI CASA

╔═════ ▓▓ ࿇ ▓▓ ═════╗

PEDOMAN MENULIS DIALOG

Oleh :: Nugibara Nugibara

Banyak dari kita yang masih bingung saat harus membuat dialog percakapan pada novel, cerpen atau karya tulis lainnya (aku pribadi masih sering salah) dan berikut adalah pedoman bagaimana seharusnya kita membuat dialog percakapan yang baik, dan benar.

Sama-sama belajar, ya.

❏ ❐ ❑ ❒ ❏ ❐ ❏ ❐ ❑ ❒ ❏ ❐

1. Contoh penulisan kalimat dialog yang benar :

(+) "Kita akan pergi sekarang." Aku dan Aster bergegas.

🤏🏻Keterangan:

Jika akhir kalimat dialog adalah titik, maka huruf awal kata setelah tanda kutip penutup (") harus huruf kapital.

▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃

(+) "Memangnya kamu mau ke mana?" tanya Odite padaku.

🤏🏻Keterangan:

Jika akhir kalimat dialog menggunakan tanda tanya (?), maka huruf awal kata berikutnya setelah tanda kutip penutup (") digunakan huruf kecil.

▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃

(+) "Semua akan baik-baik saja," kataku kepada Sona.

🤏🏻Keterangan:

Jika akhir kalimat dialog adalah koma (,) maka huruf awal kata berikutnya setelah tanda kutip penutup (") adalah huruf kecil.

▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃

(+) "Hei, tunggu!" teriak Tara sambil berlari ke arahku.

🤏🏻Keterangan:

Jika akhir kalimat dialog menggunakan tanda seru (!), maka huruf awal kata setelah tanda kutip penutup (") dimulai dengan huruf kecil.

▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃

(+) Setiap dialog baru, harus dibuat alinea/paragraph baru walau cuma satu kata/kalimat.

Contoh salah ❌

"Aku cemburu padanya!" seru Lita marah. "Ha? Cemburu pada siapa?" tanyaku penasaran.

🤏🏻Keterangan:

Dua dialog tersebut tidak dijadikan satu kesatuan, akan tetapi terpisah menjadi 2 baris kalimat.

Contoh benar ✅

"Aku cemburu padanya!" seru Lita marah.

"Ha? Cemburu pada siapa?" tanyaku penasaran.

▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃

(+) Tanda koma (,) dan titik (.) diletakkan sebelum tanda kutip penutup, bukan sesudahnya.

Contoh :

"Aku bingung harus bagaimana," kataku pada Venus, "Aku berhenti."

🤏🏻Keterangan:

Setelah tanda tanya (?) dan tanda seru (!) setelah ditutup dengan tanda kutip ("), tidak ada koma dan titik lagi.

▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃▃

(+) Setiap huruf awal kalimat dialog harus kapital/besar.

Contoh :

"Aku pulang," kataku kepada Claude yang masih mematung.

Kumpulan Materi KepenulisanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang