👩‍🏫CARA BIKIN NARASI

451 28 0
                                    

©MI CASA

Banyak yang bingung cara bikin narasi, kan?

Nih angel kasih tau caranya

Narasi dan Deskripsi oleh Prisca Primasari

Sedikit tentang Prisca Primasari. Gadis yang lahir di Surabaya, 22 Februari. Bangga karena mempunyai zodiak yang sama dengan Renoir dan Kurt Cobain. Tidak bisa melupakan Kramer vs Kramer dan Sleepless in Seattle.

Pada waktu luang, senang mendengar Rachmaninoff, mengulang-ulang Edward Scissorhands dan Morning Glory, memelototi Saint Seiya dan Hotaru no Hikari, membaca Black Butler, window shopping, kemudian tidur.

Novel-novelnya yang sudah terbit, a.l : Eclair, Kastil Es dan Air Mancur yang Berdansa, Paris, Evergreen dan Priceless Moment.

~

Narasi di dalam fiksi merupakan salah satu cara untuk menyampaikan isi cerita kepada pembaca, selain dialog dan aksi.

Lewat narasi, kita bisa mengetahui lebih banyak tentang tokoh-tokoh dalam cerita, kemana cerita itu akan mengarah, dan latar cerita tersebut berlangsung.

Apa saja yang biasa disampaikan dalam narasi?

🔥Penggambaran tokoh

Mari kita lihat satu contoh dari novel The Gift karya Cecelia Ahern.

Lou Suffern always had two places to be at one time. When asleep, he dreamed. In between dreams, he ran through the events of that day while making plans for the next, so that when he was awakened by his alarms at six a. m. every morning, he found himself to be very poorly rested. When in the shower, he rehearsed presentations and, on occasion, with one hand outside the shower curtain he responded to emails on his Blackberry.

Dari sini, kita mengetahui bahwa Lou Suffern adalah pria yang sangat sibuk, sering melakukan dua hal pada waktu bersamaan. Bahkan ketika tidur pun dia masih memikirkan rencana-rencana pekerjaanuntuk keesokan harinya.

Untuk yang gak tau arti tulisan di atas, ini angel baik untuk kamu :

Lou Suffern selalu memiliki dua tempat sekaligus. Saat tidur, dia bermimpi. Di sela-sela mimpi, ia berlari melalui peristiwa hari itu sambil membuat rencana untuk yang berikutnya, sehingga ketika ia terbangun oleh alarm di enam a. m. setiap pagi, dia mendapati dirinya sangat kurang istirahat. Ketika di kamar mandi, dia berlatih presentasi dan, kadang-kadang, dengan satu tangan di luar tirai kamar mandi dia menanggapi email di Blackberry-nya.

🔥 Suasana dan latar tempat

Lorong menuju ke tempat pesta Nick siKepala-Nyaris-Putus juga sudahditerangi dengan deretan lilin, meskipun efeknya jauh dari cerah, karenalilinnya adalah lilin-lilin runcing hitam pekat, dengan nyala biru, menyiramkan cahaya suram kematian bahkan ke wajah-wajah mereka yang masih hidup. Semakin jauh mereka memasuki lorong, hawa semakindingin. Ketika Harry bergidik dan merapatkan jubahnya, didengarnyabunyi seperti seribu kuku menggaruk papan tulis besar.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa J.K. Rowling sangatlihai dalam menggambarkan suasana dan latar. Dari excerpt Harry Potter and the Chamber of Secrets di atas, kita bisa merasakan betapa mencekamnya pesta Nick yang akan dikunjungi Harry dan teman-temannya. Bukan hanya dari deskripsi visual, melainkan juga deskripsi suara-bunyi seperti seribu kuku menggaruk papan tulis besar.

🔥Kontemplasi

Menjelang akhir cerita, inilah yang dipikirkan Samantha dalam The Undomestic Goddess karya Sophie Kinsela.

Mungkin aku baru saja membuat kesalahan terbesar dalam hidupku. Sementara duduk di kereta ke Gloucestershire, aku minum segelasanggur untuk mengendurkan saraf-sarafku yang tegang. Kata-kata Guy terngiang-ngiang di telingaku. Dulu, berpikir seperti itu saja sudah membuatku panic dan belingsatan. Namun tidak lagi. Aku ingin tertawa. Guy sama sekali tidaktahu. Dari semua yang telah terjadi padaku, aku belajar satu hal, bahwa yang disebut kesalahan terbesar dalam hidup itu tidak ada.Tidak ada istilah menghancurkan hidupmu. Hidup ternyata begitu tahan banting, terlalu tangguh untuk dihancurkan.

Kumpulan Materi KepenulisanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang