*┊ ┊ ∩𖤐˚∩*
** *𖤐(๑❛ᴗ❛๑)*
*╰─͙─͙─͙ ∪.∪─͙─͙─͙─͙─͙─͙᭝ꔛ⃟⿻ྀ⃕ꪆ*
Penulisan angka
©MI CASAA. Angka Arab atau angka Romawi lazim dipakai sebagai lambang bilangan atau nomor.
Angka Arab :
0,1,2,3,4,5,6,7,8,9Angka Romawi :
I, II, III, IV, V, VI, VII, VIII, IX, X, L(50), C(100), D(500), M(1000), V(5000), M(1.000.000)B. Bilangan dalam teks yang dapat dinyatakan dengan satu, atau dua kata ditulis dengan huruf, kecuali dipakai secara berurutan, seperti dalam perincian.
Misal:
Angel menonton drama itu sampai tiga kali.🏷Bilangan pada awal kalimat ditulis dengan huruf.
Contoh :
Lima puluh pacar Nara telah mengetahui sifat asli gadis itu.
Jangan ditulis seperti ini :
50 pacar Nara telah mengetahui sifat asli gadis itu.
🏷Apabila kalimat pada awal kalimat tidak dapat dinyatakan dengan satu atau dua huruf, ubah kalimatnya.
Jangan seperti ini :
150 anggota Mi Casa rata-rata jomblo dan single akut.
Yang benar adalah :
Dari 150 anggota Mi Casa, semua rata-rata jomblo dan single akut.
C. Angka yang menunjukkan bilangan besar dapat ditulis sebagian dengan huruf agar lebih mudah dibaca.
Misal :
Afinda mendapatkan bantuan 250 juta rupiah.D. Angka dipakai untuk menyatakan (a) ukuran, berat, luas, isi, waktu serta nilai uang.
Misal :
4 hektare
Rp. 1000,00iE. Angka dipakai untuk menomori alamat, seperti jalan.
Misal :
Jalan Tanah Empang No.69F. Angka dipakai untuk menomori bagian karangan atau ayat kitab suci
Misal :
Surat Yasin:9G. Penulisan bilangan dengan huruf dilakukan sebagai berikut.
•] Bilangan utuh
Dua belas (12)
•] Bilangan pecahan
Setengah/seperdua (1/2)
H. Penulisan bilangan tingkat dapat dilakukan dengan cara berikut ini
Misal :
Abad XX abad ke-20
Abad kedua puluhPerang Dunia ke-2
Perang Dunia III. Penulisan bilangan dengan angka dan huruf sekaligus dilakukan dalam peraturan perundang-undangan, akta, dan kuitansi.
Misal :
Telah diterima uang sebesar Rp25.000, 00 (Dua puluh lima ribu rupiah) untuk pembayaran satu unit kulkas.J. Bilangan yang digunakan sebagai unsur nama geografi ditulis dengan huruf.
Misal :
Tiga raksa
Kepaladua
Rajaampat
KAMU SEDANG MEMBACA
Kumpulan Materi Kepenulisan
RandomThis is a lesson from mi casa class. We learn and will never stop. We hope you enjoy this way of learning. Please read for your learning. Semua materi adalah milik si pemilik. Mi Casa hanya menggunakannya sebagai bahan pembelajaran.