*┃┻┳┃/) /)⠀ ོ ˚ . ·⠀ ོ ˚ . . ·
*┃┳┻┃ ^‿^)
*┃┳┻┃ ⊂ノ SALAM MI CASA!
©MI CASAMajas adalah gaya bahasa yang dipakai pada sebuah karya sastra yang bertujuan agar memberikan efek-efek khusus sehingga menjadikan karya sastra tersebut lebih hidup. Sifat majas secara umum adalah tidak ada makna sebenarnya, atau kiasan, atau bersifat konotasi.
Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) pengertian majas adalah cara melukiskan sesuatu dengan jalan menyamakannya dengan sesuatu yang lain; atau dalam bentuk kiasan.
Pemakaian majas memiliki tujuan untuk menyampaikan sebuah pesan dengan imajinatif atau mempunyai makna kiasan.
Seme, antara itu, fungsi majas ialah untuk menjadikan sebuah karya sastra lebih indah dalam segi diksinya.
Kesimpulan
Pengertian Majas adalah bahasa berkias yang dapat menghidupkan atau meningkatkan efek dan menimbulkan konotasi tertentu. (Aina Prihantini, S.Hum.)
Secara garis besar, majas dapat dibagi menjadi empat jenis, yaitu: majas perbandingan, pertentangan, sindiran dan penegasan.
Kita bahas satu persatu, simak dan baca.
🐰MAJAS PERBANDINGAN🐰
Gaya bahasa yang dipakai untuk majas perbandingan bertujuan untuk membandingkan atau menyandingkan sebuah objek dengan objek lain melalui proses menyamakan, melebihkan, atau pun mengganti.
Yang termasuk dalam majas perbandingan adalah sebagai berikut :
A. MAJAS PERSONIFIKASI
Majas personifikasi adalah majas yang menggambarkan benda tak bernyawa seolah-olah hidup dan mempunyai sifat-sifat seperti manusia.
Contoh :
Di malam yang indah ini, bulan tersenyum padaku, seolah ikut merasakan kebahagiaan yang membuncah di dada.
Kasur dan bantal melambai-lambai menyambut kedatanganku.
Keterangan:
- Bulan adalah benda mati yang sudah pasti tidak dapat tersenyum, tapi digambarkan seolah-olah tersenyum layaknya manusia.
- Kasur dan bantal adalah benda mati yang digambarkan seolah-olah menyapa seperti manusia.B. MAJAS METAFORA
Majas metafora adalah majas yang meletakkan objek bersifat sama dengan pesan yang ingin disampaikan dalam bentuk ungkapan.
Gaya bahasa yang digunakan sebagai kiasan secara eksplisit mewakili suatu maksud lain berdasarkan persamaan atau perbandingan.
Contoh :
Lita merupakan tangan kanan manajer keuangan. Posisinya itu membuat pegawai lain iri kepadanya. Hilman baru bangun saat raja siang berada di tengah-tengah langit.
Keterangan:
- Tangan kanan yang dimaksud sama artinya dengan orang kepercayaan.
- Keterangan: Raja siang yang dimaksud adalah matahari.C. MAJAS SIMILE
Majas simile adalah majas yang memperbandingkan 2 hal berbeda menjadi sesuatu yang dianggap sama.
Penggunaannya biasanya menggunakan konjungsi seperti; bagai, laksana, seperti dan sebagainya.
Contoh :
🦯 Wajah Asna dan Riska bagai pinang dibelah dua (mirip atau kembar).
🦯 Keadaan ekonomi keluarga kami seperti langit dan bumi. Aku orang miskin, sedangkan calon istriku sangat kaya raya.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kumpulan Materi Kepenulisan
RandomThis is a lesson from mi casa class. We learn and will never stop. We hope you enjoy this way of learning. Please read for your learning. Semua materi adalah milik si pemilik. Mi Casa hanya menggunakannya sebagai bahan pembelajaran.