© M I C A S A
*◦ೋ•◦❥•◦ೋ◦*
Character Art
*◦ೋ•◦❥•◦ೋ◦*
Character art adalah transformasi atau perjalanan batin karakter selama perjalanan cerita.
Transformasi yang dimaksud adalah untuk membuat cerita mereka lebih menarik.
Jika sebuah cerita memiliki karakter arc, karakter dimulai sebagai satu jenis orang dan secara bertahap berubah menjadi jenis orang yang berbeda dalam menanggapi perubahan perkembangan dalam cerita.
Karena perubahan sering bersifat substantif dan mengarah dari satu sifat kepribadian ke sifat yang berlawanan secara diametris (misalnya, dari keserakahan menjadi kebajikan), busur istilah geometris sering digunakan untuk menggambarkan perubahan besar.
Dalam sebagian besar cerita, karakter utama dan protagonis adalah karakter yang paling mungkin mengalami busur karakter, meskipun karakter yang lebih kecil sering berubah juga.
Elemen penggerak dari banyak cerita adalah bahwa karakter utama pada awalnya tampaknya tidak dapat mengatasi kekuatan lawan, mungkin karena mereka tidak memiliki keterampilan atau pengetahuan atau sumber daya atau teman.
Untuk mengatasi hambatan seperti itu, karakter utama harus berubah, mungkin dengan mempelajari keterampilan baru, untuk sampai pada kesadaran atau kemampuan diri yang lebih tinggi.
Karakter utama dapat mencapai kesadaran diri seperti itu dengan berinteraksi dengan lingkungannya, dengan meminta bantuan mentor, dengan mengubah sudut pandang mereka, atau dengan beberapa metode lain.
Cara membuat character art adalah :
Ciptakan sebuah karakter di awal cerita, beri dia konflik atau masalah yang berasal dari apa yang ia paling percayai.
Lalu di akhir setelah mengetahui kebenarannya, si karakter itu berubah.
Di dalam cerita, tidak diwajibkan menggunakan karakter art ini. Karena karakter art terdiri dari beberapa jenis.
🐋Positive character art :
Ketika karakternya berubah menjadi lebih baik di akhir cerita.
🐋Negatif character art :
Ketika karakter berubah menjadi lebih buruk.
🐋Flat character art :
Ketika karakter itu tidak berubah sama sekali meskipun sudah mengetahui kebenarannya. Ia tidak berubah, malah dunia yang di sekelilingnya yang berubah.
Contoh dari film :
💡Dalam Tootsie , karakter Dustin Hoffman dimulai sebagai chauvinis yang misoginis tetapi ketika dia dipaksa untuk berperan sebagai wanita, dia juga mengalami perubahan dalam bagaimana dia memandang wanita dan menjadi karakter yang berbeda pada akhirnya.
💡Di Empire of the Sun , Jim mulai sebagai anak muda yang riang. Setelah Jepang mengambil alih Shanghai dan dia terpisah dari keluarganya, dia terpaksa menderita trauma karena perang.
◦ೋ•◦❥•◦ೋ◦
Filter words
◦ೋ•◦❥•◦ೋ◦
Kita pasti ingin pembaca terpikat kan sama cerita kita?
Kita pasti ingin pembaca dapat merasakan apa yang dirasakan oleh karakter utama, kan?
Namun, tujuan kita bisa terhalang dengan adanya FILTER WORDS
Filter words adalah kata-kata yang bisa menciptakan batas antara pembaca dengan karakter utama.
Beberapa contoh filter words adalah :
💀Melihat
💀Mendengar
💀Meraba
💀Mencium
💀MemperhatikanDll...
Menghapus filter words dari ceritamu harus hati-hati. Jangan asal hapus karena nanti malah cerita kamu gak nyambung alias acak-acakan.
Baca dulu kalimat keseluruhan, baru pikirkan kata mana aja yang harus di buang. Berlaku untuk semua pov.
Contoh :
Nara berjalan keruangan. Nara melihat bayi itu menangis.
Seharusnya :
Nara berjalan ke ruangan. Bayi itu menangis.
Contoh lagi :
Alika merasa kecewa, ia menangis dengan sangat pilu.
Seharusnya :
Alika kecewa, ia menangis dengan pilu.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kumpulan Materi Kepenulisan
RandomThis is a lesson from mi casa class. We learn and will never stop. We hope you enjoy this way of learning. Please read for your learning. Semua materi adalah milik si pemilik. Mi Casa hanya menggunakannya sebagai bahan pembelajaran.