👩‍🏫TANDA BACA

935 64 2
                                    

PEMAKAIAN TANDA BACA

© MI CASA

͜͡❁ཻུ۪۪⸙── Penggunaan tanda titik.

1. Tanda titik digunakan untuk akhir kalimat.

2. Tanda titik dipakai dibelakang angka atau huruf dalam suatu bagan, ikhtiar, atau daftar.

3. Tanda titik dipakai untuk memisahkan angka jam, menit, dan detik yang menunjukkan waktu.

4. Tanda titik dipakai dalam daftar pusaka, di antara nama penulis, judul tulisan yang tidak berakhir dengan tanda tanya atau tanda seru, dan tempat terbit.

5. Tanda titik dipakai untuk memisahkan ribuan atau kelipatan.

Cara Memberi Tanda Baca pada
Kalimat Dialog

Dialog adalah unsur yang penting di dalam sebuah naskah fiksi, karena ia memberikan petunjuk yang lebih jelas tentang tokoh-tokoh yang ada, tentang bagaimana mereka saling berinteraksi dan menciptakan dinamika yang lebih pada proses penceritaan kisah itu sendiri.

Tetapi, sebelum kamu menggunakan dialog dalam tulisan kamu sendiri, penting sekali agar kamu memahami bagaimana memberi tanda baca pada dialog itu.

Beberapa aturan dasar ini akan membuat tulisan kamu terlihat dan terdengar lebih bermakna serta lebih profesional.

💎Beri tanda baca pada kalimat yang berakhir dengan kata-kata dialog.

Saat menulis dialog, hal terpenting yang perlu kamu ingat adalah bahwa kamu harus meletakkan dialog itu di dalam kerangka tanda kutip dan menutupnya dengan sebuah tanda koma di dalam kutipan itu jika kamu akan menambahkan kata-kata tertentu yang menunjukkan pembicaranya.

Menggunakan tanda koma yang diikuti dengan tanda kutip penutup, lalu dilanjutkan dengan sebuah kata kerja serta kata ganti atau nama orang yang berbicara (atau dengan urutan sebaliknya : nama atau kata ganti kemudian kata kerja), merupakan cara yang paling umum untuk memberi tanda baca pada sebuah dialog.

Contoh :

"Aku ingin membaca buku saja sambil berbaring di ranjang sepanjang hari," Angel berkata.

💎Beri tanda baca pada kalimat yang diawali dengan kata-kata dialog.

Saat kamu memulai sebuah kalimat dengan kata-kata yang menunjukkan dialog, aturan yang sama tetap berlaku. Perbedaannya hanyalah, kini kamu menggunakan kata kerja dan kata ganti atau nama pembicara di awal kalimat, kemudian diikuti dengan sebuah tanda koma, tanda kutip pembuka, isi dialog, tanda titik atau tanda baca penutup lainnya, lalu tanda kutip penutup.

Contohnya :

Angel berkata, "Kupikir aku akan makan cupcake saja untuk sarapan."

💎Beri tanda baca pada kalimat yang memiliki kata-kata dialog di tengah-tengahnya.

Cara lain untuk memberi tanda baca pada sebuah dialog adalah dengan menempatkan kata-kata yang menunjukkan adanya dialog itu di tengah-tengah kalimat. Ini akan menciptakan suatu jeda sementara kamu melanjutkan kalimat itu.

Kumpulan Materi KepenulisanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang