👩‍🏫TANDA ELIPSIS & DASH

744 62 2
                                    

© M I C A S A

TANDA ELIPSIS

🛎 Tanda elipsis (bahasa Yunani: ἔλλειψις, élleipsis, "penghilangan") adalah tanda baca yang biasanya menandai penghilangan sengaja suatu kata atau frasa dari teks aslinya. Simbol untuk tanda elipsis adalah rangkaian tiga tanda titik (...) atau suatu glif yang berupa tiga bintik (...).

💡 FUNGSI TANDA ELIPSIS💡

1. Menandakan kalimat yang terputus-putus.

2. Menghilangkan sebuah kata dalam kalimat, memberikan jeda atau jarak dalam sebuah pembicaraan.

CATATAN

(1) Tanda elipsis (...) itu didahului dan diikuti dengan spasi.

Contoh A :

"Jadi, kesimpulannya ... oh, sudah waktunya istirahat."

"Aku minta maaf ... Ken."

_____

"Apa yang terjadi..... .... .... oh, rasanya aku ingin mati." ❌

"Apa yang terjadi ... oh, rasanya aku ingin mati"✔

_____

(2) Tanda elipsis (...) pada akhir kalimat diikuti oleh tanda titik (jumlah titik empat buah).

Contoh A :

"Maaf, tetapi aku ini gadis cacat, Gin ...."

"Lulu, kumohon ...."

NEXT, TANDA HUBUNG/PISAH.

🦔 Hypen(-) adalah salah satu dari tanda baca (dalam bahasa inggris disebut punctuation) yang biasa digunakan untuk menghubungkan kata.

Penggunaannya sendiri tidak perlu diapit dengan spasi, jadi langsung saja digabung untuk membuat satu kesatuan.

💡 Tanda hubung (hypen) digunakan untuk menyambung atau merangkai sembilan hal berikut ini. :💡

1. Suku-suku kata yang terpenggal oleh pergantian baris.

2. Unsur-unsur kata ulang, misalnya kupu-
kupu dan sayur-mayur.

3. Huruf kata yang dieja satu-satu, misalnya p-a-n-i-t-i-a.

4. Bagian-bagian tanggal, misalnya 7-5-2010.

5. Bentuk terikat se- dengan kata yang dimulai dengan huruf kapital, misalnya se-Indonesia.

6. Awalan ke- atau akhiran -an dengan angka, misalnya hadiah ke-2 dan tahun 50-an.

7. Singkatan berhuruf kapital dengan imbuhan atau kata, misalnya mem-PHK-kan dan hari-H.

8. Unsur bahasa Indonesia dengan bahasa asing, misalnya men-download.

9. Bagian-bagian kata atau ungkapan yang perlu diperjelas hubungannya, misalnya be-revolusi (agar tak rancu dengan ber-evolusi).

🦔 Dash (Tanda Pisah) adalah garis horizontal yang menunjukkan tanda jeda atau istirahat, atau digunakan untuk mewakili kata-kata atau huruf yang hilang.

Hypen dan Dash ditandai dengan lambang garis horizontal. Meskipun kedua tanda baca itu tampak mirip karena sama-sama berupa garis horizontal, Hypen (tanda hubung) dan Dash (tanda pisah) memiliki cara penulisan dan fungsi yang berbeda.

Dash (Tanda Pisah) terdiri atas dua jenis yaitu :

1. En Dash (Tanda pisah lebih pendek)

2. Em Dash (Tanda pisah lebih panjang).

Dalam format penulisannya en dash (-) lebih panjang dari pada hyphen (-) namun lebih pendek dari pada em dash (-).

Jadi, berdasarkan pedoman EYD tidak mengatur dengan spesifik jenis tanda pidah mana yang harus dipakai : En dash, atau em dash.

Namun, banyak orang yang menggunakan seperti ini :

○● En dash (-), untuk memberi makna "Sampai dengan/ke" ( Di antara bilangan, tanggal atau tempat.)

Contohnya seperti ini :

[ 1 ] Tanggal 5-10 April 1970

[ 2 ] Jakarta-Bandung

○● Em dash (-), untuk memisahkan keterangan. Namun juga bisa digunakan sebagai kalimat terputus, karena penutut tidak tahu atau sedang memikirkan lanjutan yang tepat untuk kalimatnya.

Contoh untuk memisahkan keterangan :

♡ Satria mengambil suatu benda di saku celananya-sebuah cincin berlian-dan memasangkannya di jemari manis milik Nara.

Sebuah cincin berlian adalah penjelasan khusus dari kalimat tersebut.

Jika dihilangkan, kalimatnya adalah :

♡Satria mengambil suatu benda di saku celananya, dan memasangkannya di jemari manis milik Nara.

Contoh untuk kalimat terputus :

♡"Kau menjadi kekasihku, atau-"

"Atau apa?" tukas Callie dengan cepat.

Contoh kalimat terputus, karena penutur tidak tahu atau sedang memikirkan lanjutan yang tepat :

♡"Tetapi-tidak, ini terlalu menyakitkan, Gin!"

♡ "Tetap saja ini aneh, Regal-tunggu, dimana rumahmu?"

🧞‍♂ CATATAN :🧞‍♂

Jangan berikan spasi atau sesudah kedua tanda tersebut.

Berikut bentuk dari ketiganya :

1. Hypen (-)

2. En dash, sepanjang huruf n (-)

3. Em dash, sepanjang huruf m (-)

Kumpulan Materi KepenulisanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang