©MI CASA
°•°•°•°•°•°•°•°∞°•°•°•°•°•°•°•°°•°•°•°•°•°•°•°∞
*⛬ TIPS MANIS AGAR KONSISTEN MENULIS ⛬*
°•°•°•°•°•°•°•°∞°•°•°•°•°•°•°•°°•°•°•°•°•°•°•°∞
Menulis, menulis dan menulis. Bosan gak sih dengernya?
Menulis menjadi wadah penyaluran perasaan yang sulit diungkapkan lewat kata-kata.
Nah, soal menulis. Bisa dilakukan terus menerus atau tidak sih. Karena yang namanya manusia pasti ada bosannya. Atau berhenti total karena sesuatu hal. Makanya dibutuhkan konsistensi dalam menulis. Agar tulisan kita tetap memiliki pembaca. Bahkan tidak menutup kemungkinan, tulisan kita mengalami perkembangan.
Perkembangan bagaimana yang dimaksud? Semakin maju atau mundur?
TIPS MANIS AGAR KONSISTEN MENULIS
:: Sumber Kak Wahyu Indah
Untuk tetap konsisten dalam menulis, kita memang membutuhkan beberapa hal sebagai pemicunya. Karena konsisten itu berawal dari komitmen awal dalam menulis. Beberapa hal di bawah ini mungkin bisa dijadikan referensi untuk terus belajar menulis.
🙆🏻♀️ MENDISIPLINKAN DIRI
Disiplin itu penting, untuk melatih kita menjadi lebih baik. Jangan kalah sama moody yang membuat kita malas-malasan. Tapi bukan berarti harus kejam pada diri sendiri. Atur management waktu untuk menulis. Misal, jam sekian sampai sekian waktunya mengurus keluarga. Jam sekian sampai jam sekian untuk menulis dan seterusnya.
Disiplin membuat kita semakin tertata. Karena kita akan terbiasa untuk focus. Sehingga tulisan yang kita hasilkan bisa selalu mengalami peningkatan.
🙆🏻♀️TERUS BELAJAR LEWAT MEMBACA
Menulis tanpa membaca itu kosong. Alias bohong besar. Karena sumber pengetahuan itu adanya di bacaan. Tidak harus buku. Koran, majalah, bahkan berita di televisi juga bisa dijadikan sumber bacaan.
Pertajam memori otak kita dengan membaca lebih banyak, dan memahami lebih banyak. Percayalah, itu pengaruh pada hasil tulisan kita. Rasanya akan lebih berbobot karena kita memahami masalah. Sekaligus dapat memberikan konklusinya.
🙆🏻♀️ PERBANYAK REFERENSI
Referensi dapat memperkaya tulisan kita. Selain bacaan, kita juga bisa menemukan tempat baru. Penyegaran otak kalau bagi saya. Misal pergi ke tempat baru yang belum pernah dikunjungi, bertemu dengan teman, berkenalan dengan orang baru, mendengarkan musik, pergi ke bioskop, dll.
Hal-hal tersebut bisa memperdalam karakter cerita loh. Ini penting untuk membuat cerita menjadi lebih hidup.
Misal kita membuat tokoh A seorang anak jalanan. Kita bisa menggambarkannya dengan lebih riil, jika kita datang langsung ke jalanan. Mengamati jalanan, mengalami anak anak jalanan. Berinteraksi dengan mereka. Pembaca akan merasa ikut dalam petulangan kita nantinya. Karena kita menyajikan cerita sesuai keadaan yang sesungguhnya di lapangan.
🙆🏻♀️LATIHAN DAN LATIHAN
Waktunya latihan menulis. Jangan berhenti ketika bosan, apalagi ketika mengalami kebuntuan. Segera alihkan perhatian dan kembali menulis. Buat kesalahan dan perbaiki. Lakukan terus menerus untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.
Menulis itu ending. Bukan awal. Karena sebelum kita menulis, kita membutuhkan banyak hal untuk memperkaya tulisan kita.
Teruslah berlatih dan konsisten dalam menulis. Jangan lupa untuk focus pada satu tema. Sehingga tulisan kita bisa lebih dalam dan berkarakter.
🙆🏻♀️ MENGINGAT KEMBALI ARTI MENULIS BAGI KITA
Saya sempat bertanya pada diri sendiri, mengenai motivasi saya untuk menulis. Apa sebenarnya yang saya inginkan dari menulis. Apa artinya menulis bagi saya? Mungkin teman-teman juga ada yang punya pertanyaan serupa seperti saya. Tos dulu, karena kita akan membahasnya di sini.
Arti menulis bagi setiap orang itu berbeda. Motivasinya berbeda. Tujuannya pun berbeda.
Misal seorang penulis berita, akan termotivasi menulis karena tuntutan pekerjaan. Jadi wajib hukumnya menulis berita. Sementara penulis novel tidak merasa punya kewajiban, karena motivasi menulis dari diri sendiri.
Sifatnya pun lebih fleksibel. Penulis scenario membutuhkan banyak referensi untuk terus menulis. Bahkan diwajibkan untuk mencintai film. Karena kan yang ditulis berhubungan dengan film atau tayangan di tv.
Nah bagi kamu yang ingin konsisten menulis. Sudah benar belum tujuan awal menulisnya.
Ingat ya, terkenal itu bonus. Bukan tujuan awalnya. Begitu juga dengan uang. Percayalah, jika tulisan yang kita hasilkan bagus dan bermutu, uang akan mengikuti dengan sendirinya. Bahkan tidak sedikit yang berani membayar mahal penulis dengan kualitas tulisan yang bagus.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kumpulan Materi Kepenulisan
RandomThis is a lesson from mi casa class. We learn and will never stop. We hope you enjoy this way of learning. Please read for your learning. Semua materi adalah milik si pemilik. Mi Casa hanya menggunakannya sebagai bahan pembelajaran.