© M I C A S A
Sering denger dong apa itu PUISI?
Puisi adalah bentuk ekspresi diri yang menggambarkan keresahan, imajinasi, kritik, pemikiran, pengalaman, kesenangan ataupun nasehat sesorang.
Selain itu, Menurut Herman Waluyo, puisi adalah suatu karya sastra yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penyair secara imajinatif dan disusun dengan memokuskan semua kekuatan bahasa dalam sebuah struktur fisik dan struktur batinnya.
Ada puisi lama dan ada puisi baru.
🌚 Puisi lama adalah puisi yang terikat oleh aturan-aturan atau puisi yang dibatasi oleh aturan tertentu.
🌚 Puisi baru merupakan jenis puisi yang bebas, tidak terikat dengan aturan terkait jumlah suku kata, jumlah kata, jumlah baris, rima (sajak) ataupun jumlah bait dalam pembuatannya.
Ciri-Ciri Puisi lama :
🐔Nama pengarang puisi biasanya tidak diketahui.
🐔Terikat berbagai peraturan seperti rima, irama, baris dan bait.
🐔Disebut sastra lisan karena penyampaiannya dari mulut ke mulut.
🐔Berisi tentang kerajaan dan fantastis.
🐔Majas yang digunakan tetap dan klise.
Ciri-Ciri Puisi Baru :
🐔Nama pengarang puisi banyak diketahui.
🐔Tidak terikat peraturan seperti rima, irama, baris dan bait.
🐔Penyampaiannya melalui lisan serta tulisan.
🐔Berisi tentang kehidupan-kehidupan.
🐔Majas berubah-ubah atau dinamis.
🐔Berbentuk rapi dan simetris.
🐔Persajakan akhir biasanya teratur.
Jenis puisi lama dan baru :
Karya sastra yang berbentuk puisi lama memiliki berbagai jenis.
🍞Pantun
Merupakan puisi lama yang bersajak a-b-a-b. Dalam setiap baitnya terdiri dari 4 baris. Tiap barisnya terdiri dari 8-12 suku kata. Baris 1-2 berisi sampiran. Sedangkan baris 3-4 berisi isi.
🍞Syair
Merupakan karya sastra lama yang berasal dari arab. Tiap baitnya berisi 4 baris. Sajaknya adalah a-a-a-a. Syair biasanya berisi tentang nasihat / cerita.
Mantra. Mantra merupakan suatu ucapan-ucapan yang dinilai memiliki kekuatan gaib.🍞Talibun
Merupakan pantun genap yang disetiap baitnya terdiri dari 6,8 atau 10 baris.
🍞Seloka
Merupakan puisi Melayu klasik yang berisi perumpamaan ataupun pepatah yang mengandung sindiran, ejekan dan senda gurau. Biasanya seloka biasanya ditulis dalam 4 baris. Ada juga yang menulis lebih dari 4 baris.
🍞Gurindam
Adalah puisi lama yang tiap baitnya berisi 2 baris. Biasanya, bersajak a-a-a-a. Gurindam kebanyakan berisi tentang nasihat.
🍞Karmina
Merupakan puisi lama yang berbentuk pantun kilat karena isinya sangat pendek.
Puisi baru pun juga memiliki jenis-jenis puisinya.
Puisi baru ini memiliki dua macam :
A. Jenis Puisi Baru Berdasarkan Isinya
💎 Balada merupakan puisi baru yang berisi tentang kisah atau cerita. Terdiri dari 3 bait yang setiap bait berisi 8 baris dengan rima a-b-a-b-b-c-c-b.
💎Himne adalah puisi baru yang berisi tentang pemujaan terhadap Tuhan, tanah air dan pahlawan-pahlawan dan dianggap penting dan sakral.
💎 Romansa ialah puisi yang berisi luapan perasaan sang penyair tentang cinta kasih.
💎 Ode adalah puisi baru yang berisi tentang sanjungan untuk seseorang yang berjasa.
💎Epigram adalah puisi baru yang berisi tentang ajaran hidup dan tuntunan-tuntunan.
💎 Satire merupakan puisi baru yang berisi kritik dan sindiran-sindiran yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu.
💎 Alegi adalah puisi yang berisi kesedihan dan berupa tangisan ataupun ratapan.
B. Jenis Puisi Baru Berdasarkan Bentuknya
// Distikon merupakan puisi yang tiap baitnya terdiri dari dua baris.
(Dua seuntai)// Terzina adalah puisi yang tiap baitnya terdiri dari tiga baris.
(Tiga seuntai)// Kuatrain yaitu puisi yang tiap baitnya berisi dari empat baris.
(Empat seuntai)// Kuint adalah puisi baru yang tiap baitnya berisi dari lima baris.
(Lima seuntai)// Sektet merupakan puisi yang tiap baitnya terdiri dari enam baris.
(Enam seuntai)// Septime adalah puisi yang dari terdiri dari tujuh baris.
(Tujuh seuntai)// Oktaf yaitu puisi yang tiap baitnya terdiri dari delapan baris.
(Delapan seuntai)// Soneta merupakan puisi yang terdiri dari yang terdiri dari empat belas baris.
Unsur-Unsur Puisi
Dalam puisi terdapat unsur-unsur yang membentuknya. Unsur Puisi terdiri dari struktur batin dan struktur fisik.
1. Struktur Fisik Puisi
Struktur fisik puisi adalah unsur puisi yang bisa dilihat dan diamati secara langsung dengan mata.
🐋 Diksi
Adalah pemilihan kata oleh seorang penyair untuk mendapatkan efek yang sesuai dengan keinginannnya. Pemilihan diksi pada puisi sangat berpengaruh dengan makna yang ingin disampaikan penyair.
🐋 Tipografi
Adalah bentuk format suatu puisi, seperti pengaturan baris, batas tepi kertas kanan, kiri, atas, bawah, jenis huruf yang digunakan. Unsur ini berpengaruh pada pemaknaan dari isi puisi itu sendiri.
🐋 Majas
Adalah pemakaian bahasa dengan cara melukiskan sesuatu dengan konotasi khusus sehingga arti sebuah kata bisa mempunyai banyak makna.
🐋 Kata Konkret
Adalah susunan kata yang memungkinkan terjadinya imaji. Kata konkret seperti permata senja menggambarkan pantai, atau tempat yang sesuai dengan datangnya senja.
🐋 Imaji atau Citraan
Adalah pemberi gambaran kepada para pendengar/pembaca agar seolah-olah dapat melihat, mendengar, merasakan atau mengalami hal-hal yang terkandung dalam puisi. Citraan mempunyai 6 macam, diantaranya citraan penglihatan, pendengaran, penciuman, perasaan, perabaan dan pergerakan.
🐋 Rima atau Irama
Adalah persamaan bunyi dalam penyampaian puisi dari awal hingga akhir puisi.
2. Struktur Batin Puisi
Struktur batin puisi adalah unsur pembangunan puisi berupa makna yang tidak terlihat oleh mata.
🦦 Tema/ Makna
Adalah unsur ini berupa makna yang tersirat yang ingin disampikan penulis kepada pembaca/ pendengar.
🦦 Nada
Adalah sikap penyair terhadap audience-nya, yang berkaitan dengan makna dan rasa. Dari nada yang terdengar, audience dapat menyimpulkan sikap penulis sedang mendikte, menggurui, memandang rendah, atau sikap lainnya.
🦦 Amanat
Adalah pesan yang ingin disampaikan penulis pada para audience-nya.
🦦 Perasaan
Adalah sesuatu hal yang dilatari oleh latar belakang penyair, misalnya agama, pendidikan, kelas sosial, jenis kelamin, pengalaman sosial, dsb.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kumpulan Materi Kepenulisan
RandomThis is a lesson from mi casa class. We learn and will never stop. We hope you enjoy this way of learning. Please read for your learning. Semua materi adalah milik si pemilik. Mi Casa hanya menggunakannya sebagai bahan pembelajaran.