⊰᯽⊱┈────╌❊╌────┈⊰᯽⊱
ALUR/PLOT
⊰᯽⊱┈────╌❊╌────┈⊰᯽⊱© MI CASA
Selama ini pengertian plot sering disalahpahami sebagai alur atau jalan cerita. Mungkin karena keduanya dibangun oleh unsur 'peristiwa'.
Penyamaan begitu saja antara plot dengan alur, apalagi mendifinisikan plot sebagai alur itu kuranglah tepat.
Di dalam sebuah alur belum tentu terdapat plot, sebaliknya sebuah plot sudah pasti akan membentuk alur.
🏷Alur adalah suatu rangkaian cerita sejak awal hingga akhir. Alur mengatur bagaimana suatu tindakan-tindakan yang terdapat dalam cerita harus berkaitan dengan satu sama lain.
🏷Dick Hartoko, (1948)
menyatakan bahwa plot sebagai alur cerita yang dibuat oleh pembaca yang berupa deretan peristiwa secara kronologis, saling berkaitan dan bersifat kausalitas sesuai dengan apa yang dialami pelaku cerita.Plot dan Alur, sama atau beda?
Banyak yang menganggap plot dan alur itu sama, tapi sebenarnya ada perbedaan kecil di antara mereka.
Perbedaan antara alur dan plot :
⭕Alur berisi kronologis cerita
⭕Alur bisa dijabarkan dengan gaya narasi, deskripsi, eksposisi dan narasi. Sedangkan plot sebagian besar dengan narasi dan dialog.
⭕Alur ada pada jenis tulisan lain seperti feature dan esai. Sedangkan plot khusus pada cerpen dan novel.
⭕Alur adalah badan cerita sedangkan plot adalah ruh yang menggerakkan cerita.Alur dibangun oleh narasi, deskripsi, dialog dan aksi daari tokoh-tokoh cerita.
Jika ingin diumpamakan, alur itu bagaikan mata air yang kemudian membentuk sungai kecil yang pada akhirnya membentuk sungai besar (plot). Tanpa adanya air dari sungai kecil ini, sungai besar akan kering dan mati.
Nantinya, alur akan membuat penulis bisa mengatur struktur plot dan konflik dalam cerita.
Jenis-jenis alur dapat dibedakan menjadi tiga yaitu :
× Progresif / Alur maju
Alur maju atau juga biasa disebut alur lurus. Alur ini mempunyai tahapan yang lurus mulai dari perkenalan, pembeberan mula, konflik, klimaks, antiklimaks dan penyelesaian.
Alur progresif bergerak runtut dari awal sampai akhir (A-B-C).
Contohnya :
Misalnya cerita itu awalnya menceritakan tentang seorang anak kecil dan berkembang hingga dia sudah remaja. Dipenuhi misalnya dgn kehidupan sekolah, pertemanan, percintaan.
× Regresi / Alur mundur
Alur mundur adalah alur yang memulai cerita dengan penyelesaian. Alur ini lebih sering kita temukan pada cerita-cerita yang bersetting di masa lampau. Penulis yang menggunakan alur ini harus pintar dalam menyusun cerita agar tidak membingungkan pembaca.
Alur kisah balik (flash back) bergerak dari akhir hingga awal cerita (C-B-A).
Contohnya :
Cerita tentang seorang mantan pemain sepak bola yang membayangkan kisah hidupnya atau menceritakan ke cucunya tentang kehidupan masa mudanya.
× Alur campuran / Maju-mundur
Alur ini diawali dengan klimaks, kemudian kembali ke masa lampau dan diakhiri dengan penyelesaian. Alur ini jarang sekali dipakai karena sulit dipahami. Tapi jika kita mempunyai trik tertentu dalam mengatur plot cerita, akan sangat mudah menerapkannya.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kumpulan Materi Kepenulisan
RandomThis is a lesson from mi casa class. We learn and will never stop. We hope you enjoy this way of learning. Please read for your learning. Semua materi adalah milik si pemilik. Mi Casa hanya menggunakannya sebagai bahan pembelajaran.