©MI CASA
◈ ━━━━━━━━ ● ━━━━━━━━ ◈
Pengertian Fiksi
⚡Fiksi adalah suatu karya sastra. Adapun karya sastra terbagi menjadi 2 yakni karya sastra fiksi dan nonfiksi.Karya sastra fiksi yakni merupakan cerita khayalan atau cerita rekaan.
Hal ini menjadikan karya fiksi menajdi karya naratif yang berisikan bukanlah kebenaran sejarah atau cerita sebenarnya.
Sedangkan karya sastra nonfiksi yakni merupakan karya sastra yang dibuat dari hasil mengkaji keilmuan dan pengalaman.
Selain itu, fiksi diartikan sebagai cerita atau latar yang bersumber dari imajinasi atau hasil khayalan. Fiksi secara ketat memiliki dasar sejarah atau kenyataan. Fiksi dapat diapresiasikan dalam beragam format yakni meliputi tulisan, acara televisi, pertunjukan langsung, film, animasi, permainan video dan lainnya.
◈ ━━━━━━━ ◆ ━━━━━━━ ◈
Pengertian Fiksi Menurut Para Ahli
Untuk menambah pemahaman kita mengenai Pengertian fiksi ini maka simaklah definisi fiksi menurut para ahli berikut ini, diantaranya ;
👄Kamus Besar Bahasa Indonesia
Menurut KBBI, Fiksi yakni:
1) Cerita rekaan
2) Rekaan, khayalan, imajinasi dan tidak berdasarkan kenyataan
3) Pernyataan yang hanya yang muncul dari khayalan atau pikiran.👄Nurgiantoro (2010:2)
Fiksi merupakan prosa naratif yang mempunyai sifat imajinasi akan tetapi tetap rasional (masuk akal) dan mengandung kebenaran yang mendramatisasikan hubungan antar mahkluk hidup.
👄Semi (2008:76)
Fiksi merupakan jenis narasi literer dan berupa cerita rekaan dan juga khayalan.
👄Krismarsanti (2009:1)
Fiksi merupakan karangan yang berisi kisah atau cerita yang dibuat berdasarkan khayalan atau imajinasi daripengarang.
◈ ━━━━━━━ ◆ ━━━━━━━ ◈
Ciri-ciri dari fiksi, yakni sebagai berikut:
+) Terdapat bagian lakon
+) Terdapat kejadian yang dilakonkan
+) Bahasa tidak seragam
+) Kumpulan kejadian dirangkai secara berurutan◈ ━━━━━━━ ⸙ ━━━━━━━ ◈
Fiksi dibagi menjadi beberapa jenis, yakni:
🤡Cerita Pendek
Cerita pendek merupakan karya yang memiliki panjang minimal 2.0000 kata namun diatas 7,500. Batasan antara cerita pendek yang panjang dengan novella tidak begitu jelas.🤡Novella
Novella merupakan karya yang memiliki sekitar 17,500 kata tapi dibawah 50.000 kata.🤡Novel
Noverl merupakan karya dengan panjang kata nya 50.000 kata bahkan lebih dari itu.◈ ━━━━━━━ ⸙ ━━━━━━━ ◈
Contoh Cerita Fiksi
Berdasarkan ciri-ciri serta jenis fiksi yang dijelaskan di atas, berikut ini beberapa contoh cerita fiksi diantaranya ;1. Contoh Fiksi Roman
Contoh karya sastra berbentuk Roman, diantaranya ;Gadis Empat Zaman
Si Dul Anak Jakarta2. Contoh Fiksi Cerpen (Cerita Pendek)
Contoh cerita pendek sering kita jumpai di media cetak Indonesia, misalnya seperti koran dan majalah. Adapun judul cerpen tersebut diantaranya:Oh Mama Oh Papa
Cinta Tak Kunjung Tiba3. Contoh Fiksi Novel
Contoh karya sastra dalam bentuk Novel sudah banyak sekali saat ini dan mudah kita jumpai di toko buku. Adapun contoh novel diantaranya yaitu:Dilan 1990
Ketika Cinta Bertasbih◈ ━━━━━━━ ⸙ ━━━━━━━ ◈
Fungsi Fiksi
Muhardi & Hasanuddin (1992:12) mengemukakan bahwa fungsi fiksi yakni adalah:
🌙Memperbanyak atau mengembangkan nilai normatif dan juga nilai estetis serta mengembangkan nilai praktis. Nilai praktis diambil oleh fiksi berdasarkan permasalahan realitas objektif yang dijadikan titik tolak penceritaan. Nilai normatif dan estetis ada dalam fiksi berdasarkan hasil penalaran dan pengolahan intelektual dan visi dari pengarang.
🌙Sebagai media atau sarana untuk menularkan pikiran kreatif, kepekaan rasa, kemapanan visi, kebijakan serta kearifan sang pengarang.
🌙Adapun fiksi sebenarnya merangsang si pembaca untuk agar mengenali, menghayati, menganalisis dan merumuskan nilai-nilai kemanusiaan yang ada dalm cerita atau kisah dari fiksi tersebut.
◆━━━━━━◆❃◆━━━━━━◆
Non-fiksi adalah klasifikasi untuk setiap karya informatif (sering kali berupa cerita) yang pengarangnya dengan itikad baik bertanggung jawab atas kebenaran atau akurasi dari peristiwa, orang, dan/atau informasi yang disajikan.
Sebuah karya yang pengarangnya mengklaim tanggung jawab kebenaran namun tidak jujur maka adalah suatu penipuan sastra; suatu cerita yang pengarangnya tidak mengklaim tanggung jawab kebenaran maka diklasifikasikan sebagai fiksi.
Non-fiksi, yang dapat disajikan baik secara obyektif maupun subyektif, secara tradisional merupakan satu dari dua pembagian utama dari narasi (khususnya dalam penulisan prosa); pembagian tradisional lainnya adalah fiksi, yang berkontras dengan non-fiksi dalam hal penyampaian informasi, peristiwa, dan karakter yang sebagian kecil atau besar merupakan hasil imajinasi.
◆━━━━━━◆❃◆━━━━━━◆
Perbedaan
Batasan antara fiksi dan non-fiksi secara terus-menerus mengabur dan selalu diperdebatkan, khususnya dalam penulisan biografi; sebagaimana perkataan Virginia Woolf:
"Jika kita berpikir tentang kebenaran sebagai sesuatu yang soliditasnya seperti granit, dan tentang kepribadian sebagai sesuatu yang penggambarannya seperti pelangi, dan merenungkan bahwa tujuan dari biografi adalah untuk menyatukan keduanya menjadi suatu kesatuan yang mulus.
Kita akan mengakui bahwa masalah yang dihadapi adalah sulit dan bahwa kita tidak perlu heran jika para penulis biografi sebagian besar tidak dapat mengatasinya."
Semi-fiksi adalah fiksi yang menerapkan banyak informasi non-fiksi, misalnya penggambaran fiktif yang berdasarkan kisah nyata.
◆━━━━━━◆❃◆━━━━━━◆
Contoh karya sastra yang termasuk non-fiksi antara lain adalah jenis karangan eksposisi, argumentasi, fungsional, dan opini; esai mengenai seni atau sastra; biografi; memoar; jurnalisme; serta tulisan-tulisan sejarah, ilmiah, teknis (termasuk elektronika), atau ekonomi.
Penerbitan dan toko buku kadang-kadang menggunakan frase "sastra non-fiksi" untuk membedakan karya yang lebih banyak muatan kesusastraan atau intelektualnya, dengan koleksi karya non-fiksi umum lainnya yang jumlahnya lebih besar.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kumpulan Materi Kepenulisan
SonstigesThis is a lesson from mi casa class. We learn and will never stop. We hope you enjoy this way of learning. Please read for your learning. Semua materi adalah milik si pemilik. Mi Casa hanya menggunakannya sebagai bahan pembelajaran.