👩‍🏫DESKRIPSI & DIKSI

519 30 1
                                    

╭───── © MI CASA
┳┻╽ /)__/)
╽┻┳╽„• ᴗ •„) ꒦ ͝ ꒷꒷ ͝͝͝ ꒦꒷ ͝͝͝ ꒦꒷ ͝͝͝ ꒦꒷ ͝͝͝ ꒦꒦ ͝ ꒷꒷ ͝͝͝ ꒦
╽┳┻╽ ⊂ / MI CASA
┗┻┻┻┅❀⃟▒⃟❀❀⃟▒⃟❀❀⃟▒⃟❀❀⃟▒⃟❀❀⃟▒⃟❀❀⃟▒⃟❀

D E S K R I P S I

Kalian tau kan deskripsi? Ringkasan cerita yang pertama kali dilihat saat membuka sebuah cerita di wattpad.

Deskripsi itu semacam cover dalam bentuk tulisan. Hukumnya sunah, tidak wajib. Namun jika deskripsi ada, pembaca akan lebih tertarik dengan cerita kamu.

Cara membuat deskripsi yang menarik ;

━♡ Pastikan bahasa yang digunakan dapat dipahami dengan mudah oleh pembaca.

━♡ Rangkumlah blurb, rangkumlah blur tersebut lalu masukkan ke deskripsi.
(Blurb itu tulisan yang ada dibelakang novel)

━♡ Pastikan deskripsi tersebut menggambarkan genre pokok dari cerita mu.

━♡ kalian boleh membuat pembaca penasaan lho.

Contoh deskripsi punya aku :

CYBERPUNK
@angelmaturity

Tepatnya pada saat Cyberpunk telah mengusai seluruh dunia tanpa batasan. Tahun 2222, menjadi tahun dimana tingkat kehancuran bumi kian melambung. Jung Callie harus terjebak pada semua takdir mengejutkan yang tertuju khusus untuknya. Permainan takdir yang kian rumit semakin menjadi saat Callie ikut mempermainkan takdirnya sendiri. Tertawa bersama, menikmati kesengsaraan takdir danㅡ dirinya.

▬▭▬▭▬▭▬▭▬▭▬▭▬
D I K S I
▬▭▬▭▬▭▬▭▬▭▬▭▬

Diksi bisa diartikan sebagai pilihan kata pengarang untuk menggambarkan sebuah cerita.

Diksi bukan hanya berarti pilih memilih kata melainkan digunakan untuk menyatakan gagasan atau menceritakan peristiwa tetapi juga meliputi persoalan gaya bahasa, ungkapan-ungkapan dan sebagainya.

Gaya bahasa sebagai bagian dari diksi yang bertalian dengan ungkapan-unkapan individu atau karakteristik, atau memiliki nilai artistik yang tinggi.

Diksi dalam arti aslinya dan pertama, merujuk pada pemilihan kata dan gaya ekspresi oleh penulis atau pembicara.

Arti kedua "diksi" yang lebih umum digambarkan dengan enunsiasi kata seni berbicara jelas sehingga setiap kata dapat didengar dan dipahami hingga kompleksitas dan ekstrimitas terjauhnya.

Arti kedua ini membicarakan pengucapan dan intonasi daripada pemilihan kata dan gaya. Bentuk kata yang sama mempunyai arti yang lain dalam konteks yang berbeda.

Contohnya seperti berikut ini ;

Amir membersihkan kaki tangannya yang kotor.

(Kata kaki tangan pada kalimat di atas berarti anggota tubuh yang dapat dipakai untuk berjalan dan untuk memegang sesuatu).

Kata kaki tangan pada kalimat berikut ini berbeda artinya ;

Kaki tangan gembong perampok itu juga sudah ditangkap.

(Kata kaki tangan pada kalimatini berarti 'pembantu' atau 'anak buah'.)

࿐ Secara umum, berikut ini adalah beberapa fungsi diksi :

⋆⃟⊱Membantu audiens/ pembaca mengerti apa yang disampaikan penulis atau pembicara.

⋆⃟⊱Menciptakan aktivitas komunikasi yang lebih efektif dan efisien.

⋆⃟⊱Menyampaikan gagasan atau ide dengan tepat.

⋆⃟⊱Menjadi lambang ekspresi yang ada pada suatu gagasan.

Tujuan pilihan kata, selain mempercermat pengungkapan gagasan, juga menjadikan bahasa yang digunakan lebih hidup, menarik, dan juga tidak membosankan, serta agar kalimat yang disusun dapat dicerna dan dipahami pembaca atau pendengarnya dengan baik.

Perhatikan kalimat berikut ;

Pembangunan pasar yang akan menelan biaya sekitar lima miliar rupiah itu mulai dibangun tahun depan.

Pada kalimat di atas terdapat kejanggalan. Kalau disederhanakan, kalimat itu menjadi:

Pembangunan pasar dibangun tahun depan.

Jadi kalimat di atas dapat diperbaiki menjadi seperti dua kalimat berikut ini ;

- Pembangunan pasar yang akan menelan biaya sekitar lima miliar rupiah itu mulai dilaksanakan tahun depan.

-Pembangunan pasar yang akan menelan biaya sekitar lima miliar rupiah itu dimulai tahun depan.

Satu contoh diksi dari aku :

Matahari diganti menjadi Sang surya

Kumpulan Materi KepenulisanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang