👩‍🏫TIPS DARI NOVELIS TERKENAL

224 19 0
                                    

*┃┻┳┃/) /)⠀ ོ ˚ .  ·⠀ ོ ˚ . .  ·
*┃┳┻┃ ^‿^)
*┃┳┻┃ ⊂ノ SALAM MI CASA!
© MI CASA

Materi kali ini adalah tips-tips menulis dari Novelis terkenal

Mari belajar dari mereka. Simak tips-tips berikut agar kemampuan menulis kamu lebih bertingkat dan dapat menjadi seperti mereka!

Mari baca bersama, pahami, dan menerapkannya.

┊┳┻┇/)__/)
┊┻┳┇„• ᴗ •„)
┊┳┻┇ ⊂ノ
┊┳┻┇ ꦼ˚📒 𖥻William Shakespeare

Merupakan seorang sastrawan besar yang lahir pada 26 april 1564 dan meninggal 23 april 1616. Ia adalah salah satu sastrawan terbesar di Inggris.

Beliau menulis sekitar 38 sandiwara tragedi, komedi, sejarah, dan 154 sonata, 2 puisi naratif dan puisi lainnya.

Ia menulis antara tahun 1585-1613 dan karyanya telah diterjemahkan hampir semua bahasa di dunia.

Inilah tips menulis dari William
▭⎼▭⎼▭⎼▭⎼▭⎼▭⎼▭⎼▭⎼▭⎼▭⎼▭⎼▭⎼▭

📝 Menulis tentang kejadian dan karakter yang nyata, atau bahkan meminjam plot dari buku favorit kamu.

Jika kamu memilih menulis tentang kejadian nyata, jangan merasa perlu untuk diikat oleh fakta, dan buatlah tokoh unik untuk karakter utama kamu. Seperti yang dilakukan William Shakespeare.

📝Jadikan sedikit keajaiban, sihir, dalam cerita kamu.

📝 Bersenang-senanglah dengan bahasa. Ciptakan ungkapan dan kata-kata baru.

📝 Kebanyakan plot cerita relatif sederhana. Karakter diperkenalkan, adengan di atur, dan tujuan ditentukan. Ketegangan dan ketenangan sebuah cerita muncul saat hadir sebuah masalah.

Shakespeare memperkenalkan semua jenis masalah pada karakternya. Mulai dengan jatuh cinta dengan si kepala keledai, dan lainnya. Melalui banyak lika-liku, pada akhir permainannya sebuah resolusi tersebut tercapai, terkadang bahagia dan terkadang tragis.

📝 Tulis kisah cinta.

Seperti Shakespeare, kamu dapat memiliki tema cinta yang tak terbatas untuk dipilih. Cinta terlarang salah satunya adalah yang populer. Seperti yang di tulis Shakespeare adalah CINTA SEJATI TIDAK PERNAH BERJALAN MULUS, jadi kisah cintamu bisa memiliki banyak lika-liku yang kamu inginkan.

📝 Shakespeare terkenal dengan ungkapan terus terang. Seperti ini kata menghina Shakespeare yang bisa kamu mulai : kambing hitam, limpa, cacar, dll.

📝 Jangan takut membunuh satu atau dua karakter. Seperti yang terjadi pada Titus AndroAndronicus yang brutal. Kamu perlu mengatasi kematian karakter sekunder. Karakter utama kamu juga bisa mengakhiri hari mereka di akhir cerita kamu.

┊┳┻┇/)__/)
┊┻┳┇„• ᴗ •„)
┊┳┻┇ ⊂ノ
┊┳┻┇ ꦼ˚📒 𖥻Agatha Cristie

Penulis tersukses dalam sejarah. Ia sudah menjual miliaran buku khusunya novel tentang misteri pembunuhan.

Mengapa ia sukses menjadi penulis hebat? Bagaimana dia mengembangkan plot dan karakternya sehingga pembaca tidak mau melepaskan bukunya karena begitu penasaran dengan ending cerita?

Inilah cara Agatha menulis cerita dalam novelnya
▭⎼▭⎼▭⎼▭⎼▭⎼▭⎼▭⎼▭⎼▭⎼▭⎼▭⎼▭⎼▭

✏ Cara menciptakan karakter yang kuat

Saat menulis novel pertamanya, Agatha mencari ilham untuk karakternya.

Dia mulai menulis novel tentang pembunuhan temannya yang tinggal berdekatan dengan rumah Agatha.

Kumpulan Materi KepenulisanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang