© MI CASA
Pasti klian para author gak asing kan sama si karakter ini?
Para readers pasti juga tau dong apa si karakter itu.
Karakter adalah hal utama yang diperlukan dalam membuat novel, kenapa?
Karena, karakter mampu menggerakkan cerita. Kalau kita punya karakter, pasti kita bakal bisa punya cerita.
次྅⃕ꦿ MACAM-MACAM KARAKTER ❀࿆⃧፝目
⏩ Flat
Karakter ini untuk tokoh-tokoh yang muncul secara singkat. Seperti karakter tambahan. Contohnya, pembantu, tukang ojek. Karakter ini mungkin berdialog dalam cerita , dideskripsikan fisiknya, namun tidak perlu secara rinci. Umunya karakter ini dianggap stereotip, sesuai anggapan umum saja.
⏩ Round
Karakter yang sepanjang cerita digambarkan utuh dalam tiga dimensi ; fisiologi, sosiologi, psikologi.
#Untuk karakter utama, buatlah dengan Round.
Apa si karakter Round itu sendiri?
Round disebut juga tiga dimensional.
Untuk menciptakan tokoh yang utuh, penulis perlu mengetahui 3 hal berikut ;
Fisiologi >> Bagaimana bentuk fisik karakter utama tersebut.
Sosiologi >> Bagaimana lingkaran pergaulan, lingkungan dari karakter itu.
Psikologi >> Bagaimana sifat si karakter.
BAGAIMANA SIH CARA MEMBUAT KARAKTER ITU SENDIRI?
➸ Buat biografinya mulai dari ia kecil hingga saat cerita berlangsung. Mulai dari ; tanggal lahir, tempat tinggal, nama orang tuanya siapa, hingga hal yang ia takuti, hal yang ia sukai dan lainnya.
➸ Lakukan wawancara imajiner antara penulis dan si karakter. Artinya kita harus berimajinasi seakan-akan karakter itu ada bersama kita, atau membayangkan jika karakter utama adalah diri kita sendiri juga boleh.
APA SAJA YANG HARUS DIMILIKI KARAKTER?
★ Karakter utama harus memiliki "ruling passion/burning passion." Seperti manusia nyata, mereka digerakkan dan dihidupkan dengan hasrat untuk bertahan hidup. Karakter utama harus memiliki keinginan, mimpi dan kebutuhan.
★ Pilih keinginan yang menantang untuk si karakterkarakter, agar tidak mudah untuk dicapai. Walau hanya cerita, kita harus membuat cerita seolah-olah nyata agar pembaca ikut hanyut dalam cerita.
★ Karakter harus bertindak dan berpikir dalam batas kapasitas kemampuannya dalam menghadapi sesuatu. Kapasitas harus masuk akal, dan sesuai dengan kriteria dirinya yang tiga dimensional.
★ Karakter harus berusaha mencapai mimpi serta keinginannya. Kalau karakter tidak bergerak demi mencapai keinginan, maka cerita akan membosankan.
Karakter tokoh yang kuat dan jelas akan sangat membantu pencapaian kesan dari tema cerita yang disodorkan oleh sineas.
Usahakan kalau karakter utama dengan dirimu sama jenis. Misal kamu cwek, jangan jadikan pemeran utamamu cowok. Tapi itu juga gak masalah sih, selagi kamu bisa menjiwai tokoh yang kamu buat itu, itu bagus.
────────────────────
HOW TO MAKE A KONFLIK?
────────────────────Setiap tokoh utama harus memiliki hasrat yang berkuasa dan hubungan penghalangnya. Itulah ramuan agar dapat terbentuk sebuah konflik.
Karakter utama + tujuannya + oposisi = Konflik
Hal yang harus diperdulikan saat membuat konflik adalah,
Ketahuilah genre ceritamu.
Contoh itu adalah genre remaja. Maka konfliknya tidak jauh dari asmara, putus cinta, sakit hati, ditinggal kekasih, selingkuh, dan banyak lagi.
❐ Antagonis / semangat sama-sama memiliki hasrat berkuasa (untuk ekslusif) dan sama-sama termotivasi.
❐ Konflik menjadi titik pertemuan protagonis dengan antagonis untuk meruntuhkan karakter mereka. Mereka harus saling bersaing dengan penuh gairah, mereka harus saling berhadapan.
Apa konflik harus eksternaleksternal? Bagaimana dengan konflik batin? Tidak juga, setiap cerita atau novel dapat memiliki konflik eksternal dan konflik batin.
Bagaimana cara menyajikan konflik?
ꫂ꧔ོ𖣴ֹֺ໋᳝ Bangun konflik sejak awal, tetapi perlahan secara bertahap.
ꫂ꧔ོ𖣴ֹֺ໋᳝ Setiap konflik yang diberikan kepada karakter harus mampu mengubah cara berpikir si karakter. (emosional)
ꫂ꧔ོ𖣴ֹֺ໋᳝ Jangan sampai dia langsung meledak. Karena konflik memiliki klimaks, itu adalah puncak konflik.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kumpulan Materi Kepenulisan
De TodoThis is a lesson from mi casa class. We learn and will never stop. We hope you enjoy this way of learning. Please read for your learning. Semua materi adalah milik si pemilik. Mi Casa hanya menggunakannya sebagai bahan pembelajaran.