👩‍🏫PUEBI & KBBI

446 26 0
                                    

© MI CASA

PUEBI adalah singkatan dari Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.

Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI)

Bahasa Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat sebagai dampak kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Penggunaannya pun semakin luas dalam beragam ranah pemakaian, baik secara lisan maupun tulis.

Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia secara langsung atau tidak langsung akan mempercepat proses tertib berbahasa Indonesia sehingga memantapkan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa negara.

Pedoman Umum EYD adalah ejaan dalam bahasa Indonesia yang sudah digunakan sejak tahun 1972. Namun, pada tahun 26 November 2015 yang lalu, EYD sudah diganti menjadi Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Meski sudah berlalu dua tahun, masih banyak juga lho, yang belum tahu.

Berlanjut ke >>

KBBI Daring

Adalah laman resmi pencarian kata dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Laman ini dikembangkan dan dikelola oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa untuk memberi akses informasi seluas-luasnya kepada masyarakat dan memfasilitasi partisipasi masyarakat dalam pengembangan kosakata bahasa Indonesia.

█ ঔৣ͡ஓீ͜➣ Edisi pertama (1988)

Sunting
Edisi pertama adalah hasil pengembangan dari Kamus Bahasa Indonesia yang terbit pada tahun 1983. Kamus ini baru memuat 62.100 lema.

█ ঔৣ͡ஓீ͜➣Edisi kedua (1991)

Sunting
Edisi kedua adalah revisi pertama KBBI dan memuat 72.000 lema.

█ ঔৣ͡ஓீ͜➣Edisi ketiga (2005)

Sunting
Edisi ketiga memuat 78.000 lema. Menurut Dr. Dendy Sugono, Kepala Pusat Bahasa, kamus ketiga ini masih terasa banyak sekali kosakata yang belum masuk.

█ ঔৣ͡ஓீ͜➣Edisi keempat (2008)

Sunting
Edisi keempat memuat lebih dari 90.000 lema. Pada edisi ini KBBI diperkaya kosakata yang berasal dari kamus istilah, pada edisi ini kamus disusun berdasarkan paradigma.

█ ঔৣ͡ஓீ͜➣Edisi kelima (2016)

Sunting
Edisi kelima resmi diluncurkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy pada 28 Oktober 2016 . Pada edisi ini, KBBI memuat lebih kurang 108.000 lema (110.538 per April 2019) yang versi cetaknya setebal 2.040 halaman, hampir dua kali lipat versi sebelumnya, 1.400-an halaman.

Contoh KBBI Makna ;

mak·na n 1 arti: ia memperhatikan -- setiap kata yang terdapat dalam tulisan kuno itu; 2 maksud pembicara atau penulis; pengertian yang diberikan kepada suatu bentuk kebahasaan;

ber·mak·na v berarti; mempunyai (mengandung) arti penting (dalam): kalimat itu - rangkap;- berbilang mempunyai (mengandung) beberapa arti;

mem·ber·mak·na·kan v menjadikan bermakna: terampilnya siswa berbahasa Indonesia berarti keberhasilan dalam - pengajaran bahasa Indonesia;

me·mak·na·kan v menerangkan arti (maksud) suatu kata dan sebagainya.

ৡৢ͜͡જ་Ditemukan kata antre di dalam KBBI, tetapi tidak ditemukan kata antri.

ৡৢ͜͡જ་Ditemukan kata azan di dalam KBBI, tetapi tidak ditemukan kata adzan.

ৡৢ͜͡જ་Ditemukan kata detail di dalam KBBI, tetapi tidak ditemukan kata detil.

ৡৢ͜͡જ་Ditemukan kata karena di dalam KBBI, tetapi tidak ditemukan kata karna.

ৡৢ͜͡જ་Ditemukan kata negeri di dalam KBBI, tetapi tidak ditemukan kata negri.

ৡৢ͜͡જ་Ditemukan kata ijazah di dalam KBBI, tetapi tidak ditemukan kata ijasah

ৡৢ͜͡જ་Ditemukan kata belum di dalam KBBI, tetapi tidak ditemukan kata belom.

ৡৢ͜͡જ་Ditemukan kata isap di dalam KBBI, tetapi tidak ditemukan kata hisap.

ৡৢ͜͡જ་Ditemukan kata embus di dalam KBBI, tetapi tidak ditemukan kata hembus.

ৡৢ͜͡જ་Ditemukan kata objek, obyek di dalam KBBI.

ৡৢ͜͡જ་Ditemukan kata atlet di dalam KBBI, tetapi tidak ditemukan kata atlit.

Contoh lain yang terdapat dalam KBBI ;

𖥨ํ∘̥⃟⸽⃟ ambigu/am·bi·gu/ a bermakna lebih dari satu (sehingga kadang-kadang menimbulkan keraguan, kekaburan, ketidakjelasan, dan sebagainya); bermakna ganda; taksa.

𖥨ํ∘̥⃟⸽⃟ anu ; yang tidak disebutkan namanya (orang, benda, dan sebagainya): si -- membeli -- di toko --; 2 (untuk menyebutkan) sesuatu yang namanya terlupa atau tidak diketahui: gedung -- yang baru selesai dibangun itu akan diresmikan pemakaiannya besok.

𖥨ํ∘̥⃟⸽⃟ Ditemukan kata elite di dalam KBBI, tetapi tidak ditemukan kata elit

Elite/eli·te/ /élité/ n 1 orang-orang terbaik atau pilihan dalam suatu kelompok; 2 kelompok kecil orang-orang terpandang atau berderajat tinggi (kaum bangsawan, cendekiawan, dan sebagainya);

mengelite/meng·e·lite/ v menjadi elite: organisasi kemasyarakatan itu kini cenderung ~ dan terpisah dari massa umat yang terbelakang, miskin, dan bodoh.

Kumpulan Materi KepenulisanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang