👩‍🏫GOOD NARASI?

493 32 0
                                    

╭─────
┳┻╽ /)__/)
╽┻┳╽„• ᴗ •„) ꒦ ͝ ꒷꒷ ͝͝͝ ꒦꒷ ͝͝͝ ꒦꒷ ͝͝͝ ꒦꒷ ͝͝͝ ꒦꒦ ͝ ꒷꒷ ͝͝͝ ꒦
╽┳┻╽ ⊂ / © M I C A S A
┗┻┻┻┅❀⃟▒⃟❀❀⃟▒⃟❀❀⃟▒⃟❀❀⃟▒⃟❀❀⃟▒⃟❀❀⃟▒⃟❀

HOW TO MAKE A GOOD NARASI?

• Sebelum membuat narasi, kamu harus pahami dulu dasar teknik menulis yang baik.

━━★ Jangan terlalu banyak menggunakan kalimat pasif

Kalimat pasif itu singkatnya mengubah objek menjadi subjek.

Contoh :

Duku dimakan oleh Nara.

Kenapa hrus ditulis begitu kalau kita bisa mengubahnya menjadi lebih sederhana dengan kalimat :

Nara memakan duku.

Nah, itu lebih enak dibaca.

Sebenarnya dalam beberapa kondisi, menggunakan kalimat pasif itu boleh, tapi kalau berlebihan seperti kurang ekspensif dan agak monoton.

━━★ Penggunaan kata yang kuat dan efektif

Yang dimaksud adalah kata itu spesifik dan mudah diingat. Hindari pengulangan kata yang sama terus menerus.

Contoh :

"Aku tidak tahu kenapa Angel mencari masalah denganku," ucap Nara.

"Memang dia punya masalah apa denganmu?" tanya Taehyung.

"Tidak tahu, mungkin dia iri karena kita dekat," ucap Nara.

"Angel itu yang mana, sih?" tanya Taehyung.

"Yang berambut panjang itu, " ucap Nara.

Nah, kalau dilihat disini. Kata UCAP dan TANYA terlalu banyak bukan?

Jadi, agak terkesan membosankan.

Sebaiknya kata UCAP diganti dengan kata UJAR atau KATA.

Misal pada dialog kedua, kata ucap diganti dengan ujar. Jadi lebih variatif. Atau tambahkan kalimat yang mendukung sesuai dialog.

━━★ Biasakan langsung TO THE POINT

Dalam sebuah narasi, apabila penulisan kata kamu terbelit-belit, pasti gak enak dibaca. Kalau aku lebih baik berhenti baca dari pada pusing.

Silakan tulis kalimat yang kuat dan efektif. Pemilihan kata juga diperlukan untuk membuat narasi kamu menjadi kuat.

Contoh :

Angel mengambil baju di dalam lemari Nara, kemudian ia membawanya keluar dan melemparkan baju tadi ke dalam kamar Jungkook yang berada di depan kamarnya.

Dibandingkan :

Angel mengambil baju di lemari Nara, kemudian ia melempar baju itu ke dalam kamar Jungkook di depan kamarnya.

━━★ Jangan malas merevisi

Hayo ngaku siapa yg males revisi?

Aku jg males v:

Jadi, gaada karya yang sempurna. Tapi kita pasti mengusahakan karya kita sesempurna mungkin agar dipandang banyak orang.

Contoh sederhananya menghindari TYPO yang sering terjadi karena jempol kebesaran.

Gimana tau letaknya typo dan salah kata kalau kita gak merevisi karya kita lagi.

Jadi, revisi itu penting untuk memperbaiki karya kita menjadi lebih baik dan sempurna lagi.

Selain itu, kita harus menetapkan beberapa hal ini :

👉🏿 Bacalah banyak buku.

👉🏿 Nonton drama/film bisa menjadi sumber ide dan inspirasi buat kita.

👉🏿 Banyak cari tahu tentang kosakata yang kiranya masih asing, juga kiasan-kiasan.

👉🏿 Jangan terlalu terpengaruh sama tulisan dan ide milik orang lain.

👉🏿 Silakan tulis ide yang lewat di otak kalian, apapun itu tulis aja.

👉🏿 Banyak baca PUEBI,EYD, KBBI.

👉🏿 Gabung banyak gc kepenulisan agar kamu semakin pandai menulis.

Kumpulan Materi KepenulisanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang