© MI CASA
━═━═━═━═━═━═━═━═━
🦄Sebelum Mulai Belajar Cara Menjadi Penulis
Tidak hanya pada saat menulis saja, agar kita bisa menjadi seorang penulis yang baik, kita harus memperhatikan apa saja kebiasaan dan keperluaan yang harus dilakukan.
Berikut ini beberapa cara awal menjadi penulis yang baik :
🦁 1. Rajinlah membaca karya penulis terkenal
Sudah menjadi tips khusus bagi siapapun kamu yang ingin menjadi penulis terkenal.
Sering-seringlah membaca tulisan hasil karya penulis terkenal favorit masing-masing pribadi. Dengan ini, maka kamu akan familiar dengan teknik penulisan yang baik yang bisa merebut hati pembaca.
Saat kamu membaca, secara tidak sadar kamu akan mendapatkan pelajaran:
- Alur penulisan
- Kalimat yang mampu mengubah emosi pembaca
- Menghindari typo saat menulisBeberapa penulis terkenal dari Indonesia maupun luar negeri yang bisa dijadikan sebagai referensi antara lain Habbiburahman El Shirazy, Asma Nadia, Andrea Hinata, C.S. Lewis, Nora Roberts, Jk. Rowling dan Stephen King.
Silahkan googling hasil karya best seller mereka dan mulailah untuk rajin membaca.
🦁2. Catat semua ide/topik yang kamu temukan dimanapun dan kapanpun
Inilah yang menjadi alasan utama kenapa setiap orang yang ingin menjadi penulis harus membawa buku catatan kecil setiap kali pergi kemanapun.
Karena, buku itulah yang akan menjadi tempat dimana setiap ide dan topik ditemukan, baik sedang ada di dalam perjalanan maupun berada di suatu tempat.
Cara menjadi penulis yang satu ini cukup efektif dilakukan.
Sebab kamu akan selalu teringat setiap detail cerita yang ingin ditulis tanpa takut ide tulisan tersebut hilang dari memori ingatan.
Atau! Karena sekarang era PONSEL. Catat saja di memo milik ponselmu!
🦁 3. Sesuaikan dengan target pembaca
Belajar menulis tidak hanya untuk menjadi penulis buku.
Kamu harus sesuaikan, teks yang kamu tulis tersebut ditujukan untuk pembaca dengan kategori seperti apa.
Jika tujuan kamu belajar adalah menulis untuk blog, dan content marketing tentu memiliki sedikit tips yang berbeda.
Meskipun berbeda, hal umum yang harus dilakukan tetap sama, yaitu menghindari error typing, mampu menggugah emosi pembaca, dan alur cerita yang jelas.
Mudah kok kalau kamu sudah sering baca-baca topik yang sesuai minat kamu.
🦁4. Perbanyak waktu untuk belajar menulis
Sesibuk apapun kamu, luangkanlah waktu sekitar 1 sampai 2 jam dalam satu hari untuk berlatih cara menjadi penulis profesional.
Learning by doing.
Lambat laun, apa yang menjadi kekurangan kamu saat menulis akan terlihat dan bisa dijadikan sebagai pengalaman yang seharusnya diperbaiki selanjutnya.
Seseorang saat baru belajar menulis masih banyak sekali kekurangannya, ada yang alurnya berantakan, error typing banyak sekali, pikiran buntu padahal naskah belum selesai, dan yang lainnya.
Semua ini dapat di hadapi dengan meluangkan waktu di sela-sela kesibukan dan waktu senggang untuk belajar menulis.
Tak heran kenapa setiap kali kita belajar hal apapun, kita dituntut untuk selalu pantang menyerah, selalu mencoba, dan mau mengambil resiko.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kumpulan Materi Kepenulisan
RandomThis is a lesson from mi casa class. We learn and will never stop. We hope you enjoy this way of learning. Please read for your learning. Semua materi adalah milik si pemilik. Mi Casa hanya menggunakannya sebagai bahan pembelajaran.