👩‍🏫MENENTUKAN JUDUL

363 20 0
                                    

〓 ⃢⃢⃢ 〓 ⃢⃢⃢ 〓 ⃢⃢⃢ 〓 ⃢⃢⃢ 〓 ⃢⃢⃢ 〓 ⃢⃢⃢ 〓 ⃢⃢⃢ 〓 ⃢⃢⃢ 〓 ⃢⃢⃢ 〓 ⃢⃢⃢ 〓

  MI CASA WATTPAD TIPS/SARAN

〓 ⃢⃢⃢ 〓 ⃢⃢⃢ 〓 ⃢⃢⃢ 〓 ⃢⃢⃢ 〓 ⃢⃢⃢ 〓 ⃢⃢⃢ 〓 ⃢⃢⃢ 〓 ⃢⃢⃢ 〓 ⃢⃢⃢ 〓 ⃢⃢⃢ 〓

CARA MEMBUAT JUDUL

© MI CASA

Ada banyak sekali keahlian penulis terkenal dalam menentukan judul tulisannya.

Mulai dari judul yang sengaja dibuat melenceng dari tema cerita hingga penggunaan kata-kata yang tidak biasa.

Semua kesengajaan itu dibuat semata dengan tujuan agar tulisan yang dihasilkan menarik minat pembaca.

Pada umumnya seseorang memilih bacaannya melalui judul. Ketika membaca judul yang menarik, pembaca akan berfikir bahwa isinya juga menarik.

Nah, kesimpulannya penting bagi seorang penulis untuk menentukan judul novel/cerita hingga menarik minat pembaca.

🔥Cara Menentukan Judul Novel/Cerita Wattpad🔥

[1] Pelajari Pengalaman Pribadi

Langkah yang pertama kamu bisa belajar dari pengalaman pribadi. Sebagai seorang penulis, sudah pasti kamu juga sering membaca, kan?

Kamu bisa mengelompokkan tulisan yang sudah kamu baca dalam beberapa novel yang bergenre sama dengan cerita yang kamu tulis.

-Perhatikan judulnya yang menurutmu menarik.
-Salinlah beberapa judul yang terpilih.
-Kamu bisa merasakan judul mana yang sesuai dengan genre tulisan.
-Kamu juga dapat mengetahui “rasa” dari judul itu, yang disukai dan yang tidak disukai.
-Lalu, biarkan dulu hal tersebut.

[2] Merumuskan

Pada langkah yang satu ini kamu perlu menyiapkan sebatang pena dan selembar kertas. Lalu lakukan:

-) Carilah kata-kata yang berhubungan dengan karangan mu. Kata apapun itu.

-) Bedakan kata-kata tersebut ke dalam beberapa kolom sesuai dengan jenis katanya. Misal, kata sifat, kata kerja, kata benda.

-) Tulis beberapa kata yang dapat menggambarkan settingnya.

-) Tulislah beberapa kata yang dapat menggambarkan tokoh utama.

-) Tulis beberapa kata kerja yang terdapat pada tulisan mu. Berupa aksi yang paling menonjol, atau alur cerita yang paling menarik dari tulisan.

Karena sekarang zaman ponsel. Pake memo aja, atau buat work baru di wattpad, khusus untuk catatan outline kamu.

Baik itu judul2 bagus, nama karakter, atau apapun.

[3] Penggunaan Kata

Temukan kata sebanyak mungkin yang berhubungan dengan tulisan mu. Kamu dapat menggunakan kata pembangkit emosi, kata visual, ataupun kata pembangkit sensasi.

[4] Mulai Bereksperimen

Mulailah melakukan percobaan terhadap beberapa kata yang sudah kamu pilih.

Kata-kata tersebut mulai dirangkai sedemikian rupa hingga mencapai kesesuaian untuk sebuah judul cerita. Baik itu berupa kata sifat, kata benda, ataupun kata kerja.

Tulis sebanyak-banyaknya kombinasi kata-kata yang menurut mu menarik tanpa mengesampingkan salah satunya.

[5] Berpikirlah

+) Dari sekian banyak daftar kombinasi kata yang sudah kamu buat, pilih yang paling disukai.

+) Lalu biarkan selama satu hingga dua hari.

+) Selama itu kamu bisa mempertimbangkannya sampai memperoleh hasil perspektif.

[6] Menyeleksi

Mulailah meneliti judul tersebut setelah beberapa waktu. Bisa saja muncul ide yang baru.

Pilihlah judul yang menurut mu paling baik, bisa sebanyak 3 hingga 5 judul. Kamu dapat mencari bantuan orang lain untuk memilih satu saja judul terbaik untuk novel.

[7] Perbandingan

Setelah selesai memilih satu dari sekian banyak judul untuk ceritamu, bandingkanlah lagi satu judul tersebut dengan deretan judul-judul lainnya.

Pertimbangkan apakah sudah menjadi yang terbaik dan sesuai.

Satu judul tersebut haruslah yang paling menonjol dibandingkan dengan judul-judul lainnya.

Itulah 7 cara menentukan judul novel. Ingat, menentukan judul cerita sangatlah penting karena akan mempengaruhi pembaca agar bisa menyukai ceritamu.

Kalau untuk judul cerita di wattpad. Angel saranin, pakai nama yang jarang di pakai, gunanya? Agar cerita kamu dapat berada di atas saat penelusuran.

Namun terkadang, wattpad suka eror. Kita cari kata cinta, nanti keluar kata lain sebagai judul.

Kadang itu juga menyebalkan.

Kumpulan Materi KepenulisanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang