👩‍🏫PENULIS VS PEMBACA

437 45 0
                                    

© MI CASA

"Imajinasi dan kreativitas anak-anak harus terus distimulasi. Salah satunya dengan membacakan dan mendongeng cerita. Siapa tahu dari itu akan merangsang anak untuk mau belajar menulis ceritanya sendiri,"

- Brenton.

Kelebihan menjadi penulis ada 3 ;

ৡৢ͜͡જ་ Pertama, mampu berpikir tidak biasa.

Setiap penulis tentu dituntut untuk mengetahui hal yang lebih banyak dan lebih luas untuk ide cerita yang akan mereka tulis. Otomatis ia membutuhkan banyak ilmu lain dan juga bisa didapatkan dari pengalaman yang pernah terjadi pada dirinya.

ৡৢ͜͡જ་ Kedua, mampu berpikir logis dan sistematis.

Tulisan yang baik bukanlah tulisan yang bikin ribet. Tertapi tulisan yang terang, teratur dan logis.

ৡৢ͜͡જ་ Ketiga, mampu menciptakan interpretasi (penafsiran).

# Penulis dengan demikian bisa menjadi inspirator untuk pembacanya.

Dan ini adalah dedikasi ilmu yang sangat luar biasa.

Ada banyak manfaat yang bisa dipetik dari belajar menulis cerita atau belajar menjadi ilustrator cerita. Berikut beberapa manfaatnya ;

1. Merangsang imajinasi dan kreativitas

Ketika menulis cerita, imajinasi dan kreativitas anak akan dirangsang bagaimana menyajikan cerita atau gambar yang menarik.

2. Mendorong pengembangan pribadi siswa.

Ketika anak membuat cerita, anak akan belajar tentang tokoh yang baik atau tokoh jahat.

3. Mengasah kemampuan berpikir kreatif, independen, luas, dan kritis

4. Meningkatkan pengembangan bahasa dan komunikasi

5. Meningkatkan rasa percaya diri anak

Sangat penting membuat kegiatan seni, salah satunya seperti belajar menulis dan ilustrasi cerita.

WANNA BE A GOOD READERS?

'''Berikut caranya :'''

🐲1. BACALAH PERLAHAN (TAKE IT SLOW)

Pertama, bacalah perlahan. Kamu kalo baca cerita jangan buru-buru pengen langsung ke bab akhir aja. Coba baca perlahan dan cermati alur cerita itu dgn baik.

🐲2. MEMBACA DENGAN KERAS (READ ALOUD)

Kedua, membaca dengan keras. Biasanya ini untuk kalian readers yang gak suka baca dalem hati. Tapi ini jarang, sih. Kebanyakan mereka baca cerita atau novel itu dalem hati, biar dapet feel nya gitu.

🐲3. RASAKAN (FEEL IT)

Ketiga, rasakan. Jadi, kalian cobalah merasakan apa yang dirasakan oleh si pemeran dalam cerita. Dijamin kalian bakal ikut hanyut kedalam cerita itu.

🐲4. TULISKAN (WRITE)

Keempat, tuliskan. Buat kamu yang suka buat rangkuman dari suatu cerita. Cocok deh kamu nulis ringkasan dari cerita yang kamu baca. Tujuannya? Untuk menjadi bahas pembelajaran kamu, atau bisa aja jadi inspirasi kamu, siapa tau kamu mau bikin cerita juga 'kan?

🐲5. CERITAKAN KE TEMANMU (TELL YOUR FRIENDS)

Kelima, ceritakan ke temanmu. Biasanya sering nih, kamu dpt cerita bagus, kamu share ke teman kamu. Rekomendasi kalau cerita yang kamu baca ini layak untuk dibaca sama temanmu.

Kumpulan Materi KepenulisanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang