👩‍🏫SISI GELAP WATTPAD!🌚

488 75 10
                                    

🌚 SISI GELAP WATTPAD

©MI CASA

Apa sisi gelap Wattpad?

Berikut adalah sisi gelap Wattpad:

😏Naskah cerita berantakan, tapi upvote dan viewers-nya banyak.

😏Pernah terjadi kasus trading vote. Para penulis yang saling memberikan vote dengan tujuan menaikkan popularitas cerita.

😏Banyak kasus plagiarisme dengan embel-embel terinspirasi.

😏Genre romansa dan teenlit sangat diminati (ini wajar sebenarnya) dan beberapa genre lain seperti klasik seperti tidak pernah terjamah.

😏Kalau mau menulis cerita, pakai bumbu erotis. Niscaya langsung ramai ceritamu meskipun alurnya enggak jelas.

😏Banyak cerita ditempatkan tidak sesuai genre. Cerita fanfiction diletakkan di bagian acak atau nonfiksi. Supaya apa? Biar dapat rank dan cerita populer!

😏Lupakan alur dan bikin cerita yang panjang supaya viewers-nya banyak.

😏Mengaku enggak suka sama sinetron, padahal ceritanya tidak jauh beda.

😏Anti-kritik. Penulis bakal jawab, "Kalau enggak suka, ya enggak usah baca!" Dan para penggemarnya menambahi, "Memangnya kamu bisa buat cerita, hah?"

Berikut adalah karakter dan alur yang sering muncul di genre teenlit atau romansa:

🤧Cerita tentang bad boy, most-wanted, kaya, pintar, tampan, orang tuanya pemilik sekolah/yayasan, punya geng paling heboh di SMA, merokok, bandel, ngelawan aturan, suka main basket, dan lucunya merangkap sebagai ketua OSIS. Satu sekolah udah gila kayaknya, milih ketua OSIS yang berandal.

🤧Cerita tentang cute girl, cewek paling imut, manis, putih, lugu, polos (nan tolol), disukai banyak cowok (tapi enggak sadar sangking tololnya), pintar. Saya enggak paham kok bisa karakter pintar dan polos digabung di satu karakter enggak masuk akal.

🤧Cerita tentang bad girl, suka merokok, kutekan, kalau duduk kaki diangkat di atas meja. Versi ceweknya bad boy.

🤧Teman satu geng cowok bad boy: ada yang suka bercanda garing, ada yang suka main gim; ada yang suka sama satu cewek yang sama disukai si bad boy ini (terus jadi masalah)

🤧Guru sekolah yang berkarakter konyol.

🤧CEO muda yang punya segalanya: ganteng, pintar, kaya, kadang bad boy (lagi), arogan atau suka flirting.

🤧Cewek biasa-biasa saja yang disukai bad boy nan most-wanted atau CEO.

🤧Nama ala-ala luar negeri dan latar belakang spektakuler, tapi penokohannya masih kurang baik.

🤧Pokoknya ada embel-embel, "Memiliki masa lalu yang kelam" diikuti frasa "Dia jadi orang yang berbeda"

🤧Masalah sama keluarganya, tidak mendapatkan kasih sayang orang tua.

Berikut adalah karakter yang sering muncul di genre fantasi:

🥱Karakter utama tiba-tiba punya kekuatan

🥱Karakter pertama lupa ingatan

🥱Pakai latar sekolah sihir atau akademi sihir

🥱Pasti berhubungan dengan elemen-elemen

🥱Satu geng yang dipenuhi cowok, pasti salah satunya ada cewek. Terus ada kisah asmara di antara itu.

Berikut nama judul yang aku yakin sudah bosan kamu dengar:

🐸Bad boy blablablabla;
🐸Bad girl blablablabla;
🐸Cute girl blablablabla;
🐸Cold/ice blablablabla;
🐸CEO blablablabla;
🐸Nerd blablablabla;
Blablablabla VS blablablabla;
🐸Dua nama jadi satu. Misalnya pemeran utama Burhan dan Sukinah, digabung jadi judul Busuk (Burhan-Sukinah).

Sabar, jangan di masukin hati. Guna aku jadiin ini materi adalah, untuk menambah wawasan kita. Agar kita mampu membuat cerita yang gak monoton dan mengeluarkan ide baru yang lebih bervariasi.

Note ;
Di atas adalah versi dari Kak Arie.

Kumpulan Materi KepenulisanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang