[ DIFTONG DAN KONSONAN]
⊰𖣘⊱┈──╌❊╌──┈⊰𖣘⊱
°HURUF DIFTONG°
⊰𖣘⊱┈──╌❊╌──┈⊰𖣘⊱
© MI CASA
Huruf diftong adalah sebuah huruf yang mempunyai suatu intonasi vokal khusus dan terbentuk atas penggabungan dari dua huruf vokal.
Huruf-huruf yang masuk ke dalam huruf diftong sendiri antara lai ai, au, ei, dan juga oi. Huruf-huruf ini bisa diletakkan di awal, tengah, ataupun akhir suatu kata.
Untuk lebih memahami penempatan huruf-huruf tersebut, berikut beberapa contoh kata berhuruf diftong serta penerapannya dalam suatu kalimat ;
❊ᬼ⌇༼ ཻུ۪۪ Andai aku tidak ke pesta itu, aku pasti tidak akan bertemu dengannya.
(kata berhuruf diftong: andai, huruf diftong: ai)
❊ᬼ⌇༼ ཻུ۪۪ Pihak warga telah memiliki eigendom tanah tersebut.
(kata berhuruf diftong: eigendom, huruf diftong: ei)
❊ᬼ⌇༼ ཻུ۪۪ Di kolam yang kotor itu, terdapat sebuah bunga teratai yang bunganya berwarna putih bersih.
(kata berhuruf diftong: teratai, huruf diftong: ai)
❊ᬼ⌇༼ ཻུ۪۪ Dia mempelajari seni desain grafis secara autodidak.
(kata berhuruf diftong: autodidak, huruf diftong: au)
❊ᬼ⌇༼ ཻུ۪۪ Tanggal 2 Mei merupakan tanggal yang lazim diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional.
(kata berhuruf diftong: Mei, huruf distong: ei)
❊ᬼ⌇༼ ཻུ۪۪ Kerusuhan antar suporter membuat pertandingan tersebut berjalan dengan kacau.
(kata berhuruf diftong: kacau, huruf diftong: au)
❊ᬼ⌇༼ ཻུ۪۪ Perusahaan iu tengah melakukan survei mengenai kepuasan pelanggan terhadap produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut.
(kata berhuruf diftong: survei, huruf diftong: ei)
❊ᬼ⌇༼ ཻུ۪۪ Para buruh tengah melakukan aksi boikot terhadap pabrik tempat mereka bekerja.
(kata berhuruf diftong: boikot, huruf diftong: oi)
❊ᬼ⌇༼ ཻུ۪۪ Amboi, indah sekali pemandangan laut ini!
(kata berhuruf diftong: amboi, huruf diftong: oi)
❊ᬼ⌇༼ ཻུ۪۪ Dalam penutup ceramahnya itu, pak ustad berharap agar kita semua senantiasa dalam taufik dan perlindungan Allah SWT.
(kata berhuruf diftong: taufik, huruf diftong: au)
⊰𖣘⊱┈──╌❊╌──┈⊰𖣘⊱
°GABUNGAN KONSONAN°
⊰𖣘⊱┈──╌❊╌──┈⊰𖣘⊱
Salah satu jenis-jenis huruf dalam kaidah bahasa Indonesia adalah gabungan huruf konsonan atau huruf konsonan rangkap. Sesuai dengan namanya, gabungan huruf konsonan atau huruf konsonan rangkap merupakan penggabungan dua huruf konsonan tertentu yang membentuk suatu huruf konsonan yang baru.
Adapun huruf-huruf yang termasuk ke dalam kategori huruf ini antara lain kh (gabungan huruf k dan h), ng (gabungan huruf n dan g), ny (gabungan huruf n dan juga y), serta sy (gabungan dari s dan juga y).
Beberapa contohnya sebagai berikut ;
1. Wahana bermain itu dibuat khusus untuk anak-anak balita.
- Gabungan huruf konsonan yang terdapat pada kalimat di atas: kh.
- Kata yang mengandung gabungan huruf konsonan tersebut: khusus.2. Tempat wisata itu hanya dibuka pada hari Sabtu dan Minggu saja.
- Gabungan huruf konsonan yang terdapat pada kalimat di atas: ny.
- Kata yang mengandung gabungan huruf konsonan tersebut: hanya.3. Nadya sudah mengidap asma sejak dia masih kecil.
-Gabungan huruf konsonan yang terdapat pada kalimat di atas: ng.
-Kata yang mengandung gabungan huruf konsonan tersebut: mengidap.4. Sejumlah persyaratan telah dipenuhi oleh para pelamar kerja tersebut.
- Gabungan huruf konsonan yang terdapat pada kalimat di atas: sy.
- Kata yang mengandung gabungan huruf konsonan tersebut: persyaratan.5. Ridwan resmi berkuliah di jurusan Manajemen Keuangan Syariah.
- Gabungan huruf konsonan yang terdapat pada kalimat di atas: sy.
- Kata yang mengandung gabungan huruf konsonan tersebut: syariah.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kumpulan Materi Kepenulisan
RandomThis is a lesson from mi casa class. We learn and will never stop. We hope you enjoy this way of learning. Please read for your learning. Semua materi adalah milik si pemilik. Mi Casa hanya menggunakannya sebagai bahan pembelajaran.