👩‍🏫BLURB

370 29 0
                                    

© M I C A S A

🐣Apa itu blurb?

Blurb adalah penjelasan singkat tentang isi buku yang biasanya diletakkan pada bagian belakang cover.

Banyak penulis yang menyamakan blurb dengan sinopsis, tapi nyatanya tidak.

Hanya saja, blurb itu sejenis sinopsis tapi tidak sama. Blurb dominan pada deskripsi singkat.

🐣Ciri-ciri blurb

Dominannya, blurb itu singkat, padat dan jelas. Tidak bertele-tele. Blurb biasanya tidak banyak menyertakan kata imbauan.

🐣Fungsi Blurb

Fungsi Blurb adalah bertujuan untuk memperkenalkan buku sekaligus sebagai alat daya tarik supaya calon pembaca mau membeli buku kita.

Blurb biasanya diletakkan di belakang cover belakang novel. Blurb juga bisa digunakan di deskripsi cerita wattpad.

🐣Blurb dipakai pas saat kapan?

Blurb itu biasanya di pakai untuk mendeskripsikan karya hampir sama kayak sinopsis tetapi masih ada perbedaan nya, kalo blurb itu terletak di balik cover buku, untuk menarik daya peminat, jadi kesimpulannya blurb itu merupakan deskripsi promosional suatu buku.

Kalau di wattpad itu kaya deskripsi cerita.

🐣Cara buat blurb yang menarik

Beberapa formula penulisan blurb yang menarik, yaitu :

🐻Kemungkinan Harapan

Sebaiknya, sampaikan kalimat yang dapat menggambarkan pemecahan konflik dalam cerita.

Contohnya : Akankah Hasan dapat meluluhkan hati seorang gadis cantik seperti Nara?

Dengan begitu, para reader seolah dikasih bayangan bagaimana akhir dari cerita tersebut.

🐻Kondisi / Situasi Cerita

Sebaiknya, berikan sedikit penjelasan tentang situasi yang ada dalam Cerita. Setidaknya, hal yang dapat menggerakkan cerita.

🐻Genre dan Nuansa Cerita

Jangan lupa untuk menyampaikan dua hal penting ini dalam blurb. Sampaikan genre jenis apa yang ada dalam cerita.

Bagaimana dengan Nuansa cerita? Nah, dalam blurb yang akan kamu buat, sangat penting untuk mengaitkannya dengan nuansa dalam ceritamu.

Contohnya, ceritamu memiliki nuansa puitis. Maka, alangkah lebih baik jika blurb yang kamu tulis juga bernuansa yang sama.

🐣CARA MEMBUAT BLURB

Perbanyaklah belajar dari orang lain.

Banyaklah membaca blurb dari cerita penulis lain. Dengan begitu, kamu akan mendapat gambaran bagaimana kamu akan menuliskan blurb ceritamu.

Tapi perlu diperhatikan, jangan melakukan PLAGIARISME.

Buatlah blurb ceritamu dalam beberapa kalimat yang MENARIK dan SINGKAT.

Penulis terbiasa membuat sebuah tulisan menjadi panjang. Ini adalah hal yang harus dihilangkan sebelum membuat blurb. Perlu diingat, blurb bukanlah sinopsis.

Gunakan kutipan yang paling WOW.

Dalam artian, kutipan yang memberikan kesan paling menggelitik. Nah, dalam memilih kutipan tersebut harus super selektif.

Jangan asal copot! Cari part yang paling srek, nyesek, sedih dan berpotensi jadi part yang paling banyak dimasalahkan banyak orang.

Jika bukunya nonfiksi, maka jabarkan saja keunggulan buku yang belum ada di buku lain. Apa saja, yang penting tidak terlalu panjang.

Isu / fenomena yang sedang trend sekarang atau aktual sepanjang masa.

Contohnya, jika kamu menulis novel. Kaitkan saja tema dari cerita dengan isu/ fenomena yang sedang in. Pastikan para reader berucap. "Nah! Gua banget ni!"

Contoh Blurb

Judulnya The Girl on the Train karya Paula Hawkins.

Rachel menaiki kereta komuter yang sama setiap pagi. Di pinggiran London, keretanya akan berhenti di sebuah sinyal perlintasan, tepat di depan rumah nomor lima belas. Tempat sepasang suami istri menjalani kehidupan yang tampak bahagia, bahkan nyaris sempurna. Pemandangan ini mengingatkan Rachel pada kehidupannya sendiri yang sebelumnya sempurna.

Pada suatu pagi, Rachel menyaksikan sesuatu yang mengejutkan. Hanya semenit sebelum kereta bergerak, tapi itu pun sudah cukup. Kini pandangannya terhadap pasangan itu pun berubah. Tak dapat menahan rasa penasaran, Rachel melapor ke polisi. Benarkah dia melihat sesuatu atau hanya sekadar khayalan seperti anggapan para polisi? Dalam sekejap, dia terjebak, tidak hanya dalam penyelidikan, tapi juga dalam kehidupan orang-orang yang terlibat. Bisakah dia menemukan kebenarannya?

Perbedaan Sinopsis, Blurb, dan Resensi mau tau?

Sinopsis adalah ringkasan cerita sebuah novel. Sinopsis itu menceritakan cerita secara lengkap. Awal cerita, konflik cerita, peyelesaian konflik. Sinopsis juga menjelaskan secara lengkap siapa tokohnya, karakter tokoh, setting.

Blurb adalah deskripsi promosional yang ada di sampul belakang buku.

kalau di wattpad itu deskripsi di depan lho. Isinya tentu saja potongan cerita isi buku, tanpa menceritakan ending cerita.

Resensi adalah tulisan jurnalistik yang tujuannya mendeskripsikan dan memberi pertimbangan pada pembaca mengenai buku yang baru saja dibaca.

Jadi, resensi ini sangat subjektif sekali.

Kumpulan Materi KepenulisanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang